Ingin Bayar Zakat Online? Ini 10 Website Lembaga yang Direkomendasikan

0 1.074

Sebagai seorang muslim / muslimah, membayar zakat adalah salah satu ibadah yang telah diatur dalam Islam. Dan karena kemajuan teknologi yang begitu pesat, kamu bisa bayar zakat online di beberapa lembaga amil zakat, infaq, dan shadaqah.

Pembayaran zakat memang bisa dilakukan secara langsung ke lembaga / masjid terdekat di rumah kamu. Tetapi, ada beberapa alasan mengharuskan kita bayar zakat online, seperti ketiadaan lembaga zakat terdekat, kemudahan dalam pembayaran, dan sebab lainnya.

Pastinya, kamu harus cermat memilih lembaga zakat yang memang amanah dalam menyalurkan dana kepada orang-orang yang memang tepat untuk menerima.

Tak hanya zakat, lembaga-lembaga ini juga menerima pembayaran lainnya, seperti infaq, sedekah, waqaf, donasi kemanusiaan, dan lain sebagainya.

Mana saja tempat / website yang direkomendasikan untuk bayar zakat online? Ini beberapa diantaranya:

1. Dompet Dhuafa Republika

Ini adalah salah satu lembaga nirlaba yang mengelola dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sadaqah, dan Wakaf) secara profesional.

Melalui lembaga ini, kamu bisa bayar zakat online langsung melalui websitenya di www.dompetdhuafa.org. Dengan pembayaran secara online, kamu bisa langsung mendaftarkan akun di website tersebut.

Fasilitas yang disediakan pun beragam seperti, konsultasi mengenai Zakat, Infaq, Sadaqah, dan Wakaf, kalkulator ZISWAF, layanan jemput zakat, kalkulator zakat, dan lain sebagainya.

Pengelolaan dana ZISWAF yang telah disetorkan kepada lembaga ini, pun dilakukan sesuai dengan tujuan dana tersebut. Dana-dana dikelola untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin, pembangunan desa, pendidikan untuk warga tidak mampu, fasilitas kesehatan gratis bagi warga tak mampu, dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung berkunjung ke website lembaga ini di www.dompetdhuafa.org.

2. Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Jika sebelumnya lembaga yang dikelola oleh swasta, maka Baznas ini adalah salah satu lembaga resmi pemerintah dalam mengelola dana zakat, infak, sedekah, wakaf, dan dana kemanusiaan lainnya.

Fasilitas yang disediakan lembaga Baznas secara online pun terbilang sangat lengkap, seperti bayar zakat online melalui online payment dan perbankan yang bekerjasama dengan Baznas, layanan jemput zakat, laporan pembayaran, dan banyak lagi fasilitas lainnya.

Baznas juga memiliki program-program kemanusiaan untuk pengelolaan dana infak, zakat, sedekah, wakaf, dan donasi kemanusiaan terhadap bencana.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu langsung aja menuju website Baznas di www.baznas.go.id.

3. Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU)

Lembaga sosial kemanusiaan ini, selama 16 tahun telah mengelola dana-dana kemanusiaan dengan berbagai tujuan dan program.

PKPU telah dipercaya oleh umat untuk mengelola dana zakat, infak, sedekah, secara profesional. Berdasarkan informasi terbaru, terkhusus untuk zakat, PKPU bekerjasama dengan yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), dalam pengelolaan zakat.

Bagi donatur yang terbiasa membayar zakat melalui PKPU secara online, kini bisa langsung dibayarkan kepada yayasan tersebut.

PKPU masih tetap menerima dana-dana kemanusiaan non-zakat untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya. Informasi lebih lengkap, sila menuju website www.pkpu.org.

4. Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)

Seperti telah disebutkan sebelumnya, yayasan ini berfokus untuk mengelola dana zakat selama bertahun-tahun. Fasilitas yang disediakan IZI pun terbilang cukup lengkap.

Beberapa diantaranya adalah bayar zakat online, kalkulator zakat, panduan zakat, dan berbagai program lainnya.

Informasi, pendaftaran, dan pembayaran zakat secara online, kamu bisa langsung menuju ke website IZI di www.izi.or.id.

5. Rumah Zakat Indonesia

Melalui website lembaga Rumah Zakat di www.rumahzakat.org, kamu bisa langsung menyalurkan dana zakat kamu secara online.

Lembaga NGO kemanusiaan ini telah sejak lama mengelola dana zakat dan dana lainnya seperti infak, sedekah, wakaf, donasi bencana, serta beberapa dana lainnya.

Rumah Zakat pun telah bekerjasama dengan beberapa e-commerce seperti Tokopedia, untuk menampung penyaluran zakat.

Dengan melakukan pembayaran zakat secara online melalui Rumah Zakat, kamu akan mendapatkan fasilitas akun donatur yang berisi beragam informasi produk, program, histori transaksi, dan lain sebagainya.

Untuk urusan zakat online, kamu bisa mempercayakan salah satunya melalui Rumah Zakat ini.

6. LAZIS Nahdlatul Ulama (LazizNU)

Lembaga profesional dalam pengelolaan zakat selanjutnya adalah LazisNu. Lembaga yang dikelola oleh organisasi Nahdlatul Ulama ini, telah dipercaya oleh umat dalam mengelola zakat secara online.

Melalui website mereka di www.lazisnu.or.id, kamu bisa langsung mentransfer dan membayarkan dana zakatmu.

LazisNU memiliki berbagai program pengelolaan dana zakat dan dana donasi lainnya, seperti penyaluran untuk kesehatan, bantuan kepada yatim piatu, dan kegiatan sosial lainnya.

10 tempat bayar zakat online yang direkomendasikan.
10 tempat bayar zakat online yang direkomendasikan.

7. Lazis Muhammadiyah (LazisMu)

Jika NU memiliki LazisNU, tak ketinggalan pula organisasi Muhammadiyah. Dengan website di www.lazismu.org, kamu bisa mulai membayarkan zakat secara online.

Di LazisMu, pembayaran sudah terbagi-bagi secara baik dalam beberapa kategori paket, yaitu zakat Maal, Zakat Fitrah, Fidyah, Infaq dan Sedekah, Kado Ramadhan, Busana Muslim untuk Yatim, Perlengkapan Ibadah untuk Dhuafa, Parcel Sembako, dan masih banyak lainnya.

Kamu tinggal memilih mana kategori paket yang sesuai dengan kebutuhanmu dalam menjalankan ibadah dan berdonasi sosial.

8. Lembaga Zakat Al Azhar

Lembaga zakat yang dikelola oleh pihak NGO lainnya adalah lembaga amil zakat nasional, Al Azhar.

Melalui websitenya di www.alazharpeduli.com, kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi donatur bayar zakat online. Lembaga zakat ini pun mengelola zakat dan berbagai donasi lainnya dengan profesional dan terpercaya.

9. Baitul Maal Hidayatullah (BMH)

Lembaga amil zakat yang juga menerima bayar zakat online adalah Baitul Maal Hidayatullah. Melalui website BMH di www.bmh.or.id, kamu bisa menunaikan zakat secara online.

Di website tersebut juga sudah tersedia beberapa paket donasi yang bisa langsung dipilih seperti zakat, sedekah, wakaf tunai, infak, senyum anak Indonesia, Da’i tangguh, siaga bencana nusantara, dan lain sebagainya.

Kamu juga akan mendapatkan laporan hasil donasi melalui emailmu.

10. Rumah Amal Salman ITB

Lembaga amil zakat yang berlokasi di Bandung ini, juga bisa menjadi alternatif pilihan dalam menyalurkan dana zakatmu. Melalui website, www.rumahamal.org, kamu bisa melakukan pembayaran zakat langsung secara online.

Dana-dana zakat ini pun langsung disalurkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dananya.

Itulah kesepeluh lembaga amil zakat yang direkomendasikan untuk menerima pembayaran zakatmu secara online. Masih banyak lembaga-lembaga terpercaya lainnya yang menerima pembayaran zakat, sedekah, infak, wakaf tunai, dan beberapa program donasi kemanusiaan lainnya.

UPDATE:

11. ZakatPedia

Ini salah satu media pembayaran zakat secara online yang juga direkomendasikan. Mudah karena akan dibantu perhitungan zakat yang harus dikeluarkan. Selain itu, ada fasilitas jemput zakat juga.

Kamu bisa membayar beragam zakat berdasarkan kategorinya, seperti Zakat Emas, Zakat Fitrah, Zakat Perniagaan, Zakat Profesi, Zakat Sewa Aset, Zakat Tabungan, dan masih banyak lagi lainnya.

ZakatPedia dipelopori oleh lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Kamu bisa membayar zakat via website zakatpedia.com atau juga aplikasi ZakatPedia di Android.

Loading...