10 Cara Menjadi Orang Sukses dalam Islam. Jika Diamalkan, Kamu akan Meraih Kesuksesan Sejati!

1 861

Ada 10 cara menjadi orang sukses yang diajarkan dalam Islam. Sekiranya, kita tinggal mau mengamalkannya atau tidak.

Dan, kesuksesan yang diraih pun, Insya Allah, tidak hanya sebatas dunia saja, tetapi juga akhirat, selama ikhlas menjalaninya.

Kunci dari cara menjadi orang sukses yang diajarkan dalam Islam adalah jangan pernah mengharapkan balasan atau berharap sesuatu kepada selain Allah SWT.

Selalu niatkan yang paling utama karena Allah, dan ibadah kepada-Nya. Tidak hanya untuk mencari kesuksesan harta atau duniawi semata. So, jika mengharapkan akhiratnya, Insya Allah sukses di dunia akan mengikuti.

Apa saja 10 poin penting yang perlu diamalkan sebagai cara menjadi orang sukses? Mari kita bahas satu persatu.

1. Kesungguhan dalam Niat

Jangan pernah sepelekan sedikitpun akan kekuatan niat. Keberhasilan diawali bagaimana kesungguhan niat yang dilakukan kali pertama.

Pastinya, bagaimana kita akan memperoleh sesuatu keberhasilan atau kesuksesan jika sama sekali tidak ada niatan untuk mendapatkan hal tersebut.

Sebagaimana Rasulullah SAW menyabdakan dalam sebuah Hadits Shohih:

“Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR. Bukhari Muslim)

Ya. Rasulullah, sang suri tauladan manusia yang telah berhasil meraih kesuksesan dunia akhirat, menyebutkan bahwa niat adalah hal terpenting pertama sebelum segala amal lain dilakukan.

Bahkan, apa yang kita peroleh nantinya, sangat bergantung pada niat yang kita tekadkan di awal. Maka, segera perbarui niat kita dalam mencari kesuksesan, sudah benar atau belum.

2. Membekali Diri dengan Ilmu

Niat sudah diperbarui, langkah selanjutnya sebagai cara menjadi orang sukses adalah dengan membekali diri kita dengan ilmu.

Logikanya sangat sederhana. Jika ingin jadi dokter, kita harus tahu ilmu-ilmu tentang kedokteran. Jika ingin jadi direktur, kita harus belajar banyak hal bagaimana menjadi seorang direktur yang sukses.

Demikian juga dengan kesuksesan lainnya. Sukses seperti apa yang kamu inginkan? Bekali terlebih dahulu dengan cara meraihnya.

Banyak orang belum berhasil atau gagal, karena terburu-buru ingin menjadi kaya atau sukses, tetapi ilmu tidak memiliki ilmu yang cukup dalam meraihnya.

Atau hanya bisa bermimpi menjadi orang sukses, tanpa tahu ilmunya.

Imam Syafi’i pernah mengatakan hal berikut ini:

“Jika ingin sukses di dunia, hendaklah meraihnya dengan ilmu dan jika ingin sukses di akhirat pun, hendaklah meraihnya dengan ilmu. Jika ingin sukses kedua-duanya (dunia akhirat), raihlah dengan ilmu.”

Sudahkah diri kita dibekali ilmu yang cukup dalam meraih sukses?

3. Mengubah Pola Pikir

Ubah pola pikir, salah satu cara menjadi orang sukses
Ubah pola pikir, salah satu cara menjadi orang sukses

Jika kita sudah membekali diri dengan ilmu, maka cara menjadi orang sukses selanjutnya adalah tergantung dari pola pikir yang kita miliki.

Logika sederhananya seperti ini. Jika kita ingin meraih sukses di level tertinggi A, tetapi pola pikir kita hanya berada di level D atau E, apakah kita hanya pasrah? Tentu tidak bukan. Kita harus mau mengubahnya.

Memang, segala sesuatu akhirnya Allah juga yang menentukan. Tetapi, jangan lupakan bahwa Allah juga memberikan perintah agar kita juga berusaha mengubah apa yang ada dalam diri kita.

“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya” (Ar Ra’d:11)

Jika ingin mendapatkan apa yang kamu inginkan, maka ubahlah kondisi kamu terlebih dahulu. Bisa dimulai dengan mengubah pola pikir kita.

Kenapa pola pikir yang harus diubah? Sebagian besar entrepreneur sukses mengatakan bahwa cikal bakal kesuksesan itu sebenarnya ada di pola pikir kita sendiri. Mau gak kita untuk sukses.

Pola pikir yang kurang tepat, akan justru menghalangi jalan sukses kita. Contohnya, kita ingin menjadi seorang pilot, tetapi pola pikir kita baru sebatas menjadi supir kendaraan. Impian yang kamu harapkan, tentu hanya akan sebatas impian.

Dengan mengubah pola pikir kita tentang sukses, maka akan muncul rasa percaya diri yang cukup penting bagi proses meraih kesuksesan itu sendiri.

Dan pastinya, kita jangan pernah sekali-kali hanya berharap menunggu bantuan orang lain untuk mendukung kesuksesan diri kita. Jalan sukses bisa dibangun oleh diri kita sendiri, dan tentu saja dengan ridho Allah SWT.

4. Kuatkan Mental Pantang Menyerah

Cara menjadi orang sukses selanjutnya adalah dengan menguatkan mental pantang menyerah yang ada di dalam diri kita.

Meraih kesuksesan itu pasti dipenuhi dengan jurang terjal berliku-liku. Seperti kita hendak naik gunung, pasti tidak mudah mencapai puncak tertinggi. Harus ada usaha ekstra keras dalam mencapainya.

Seseorang dengan mental kerupuk, akan mudah goyah jika menghadapi cobaan. Terlebih bagi muslim yang beriman, sungguh tak layak bagi mukmin yang memiliki sikap mudah menyerah di dalam dirinya. Sesulit apapun jalan menuju sukses yang ingin diraih, miliki sikap pantang berputus asa.

“Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama sama mereka sejumlah besar dari pengikutnya yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak pula menyerah kepada musuh. Allah menyukai orang orang yang sabar”(QS. Ali Imran: 146)

Sudahkah kita bermental baja ataukah masih bermental kerupuk?

5. Menjauhi Sifat Malas

“Wahai kamu, bersungguh-sungguhlah, jangan pernah bermalas-malasan atau lalai, karena penyesalan itu adalah akibat dari orang-orang yang malas.” -Mahfudzot (Kumpulan kata-kata mutiara)

Cara menjadi orang sukses kelima adalah dengan menghindari sikap pemalas ini. Sebenarnya, ada 3 hal yang menjadi penyebab kemalasan seseorang, yaitu:

  • Menginginkan hasil yang cepat dan instan
  • Suka menunda-nunda
  • Dan, salah dalam mengatur prioritas

Orang-orang yang terancam gagal dan selalu gagal, adalah master di bidang ilmu menunda. Orang-orang seperti ini memiliki jargon, “menunggu waktu yang tepat”. Dan, waktu yang tepat tersebut jarang menghampiri mereka. Karena apa?

Ketika kesempatan itu datang, mereka tidak akan pernah siap.

So, ingat-ingatlah. Jangan pernah menjadi master dalam sikap malas dan menunda. Karena segala sesuatu akan tepat datang dan indah kita rasakan, karena kamu telah menyiapkannya dengan baik.

6. Selalu Bersyukur atas Segala Nikmat Allah

Muslim yang selalu bersyukur dengan segala nikmat Allah SWT, maka tidak akan pernah merasa kekurangan. Karena Allah SWT telah berfirman sebagai berikut.

“Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (Ibrahim: 7)

Sangat jelas sekali janji Allah SWT tersebut. Jika kita selalu bersyukur dengan nikmat-Nya, maka niscaya akan banyak kenikmatan-kenikmatan lainnya yang hadir pada kita.

Ada kalanya, setiap proses yang dijalani dalam meraih puncak kesuksesan kita, selalu disyukuri tiap langkahnya. Karena, Allah akan memudahkan dan menambahkan kenikmatan di langkah-langkah berikutnya.

Itulah cara menjadi orang sukses yang harus kita lakukan sebagai seorang muslim.

7. Selalu Menjaga dan Mempertahankan Tali Silaturahmi

Ini adalah cara menjadi orang sukses yang berikutnya. Ya. Silaturahmi. Seringkali, di dunia serba modern dan digital ini, kita merasa sudah terkoneksi dengan media sosial seperti Facebook, Path, Instagram, dan lain sebagainya, kita enggan untuk meluangkan waktu bersilaturahmi langsung.

Akan jauh lebih baik, jika sesempit apapun waktu kita, untuk meluangkan waktu bertemu orang, baik yang sudah dikenal dengan baik, atau orang baru.

Sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)

Kenapa harus silaturahmi? Dengan cara ini, banyak pintu rezeki yang akan semakin terbuka. Silaturahmi memiliki andil penting dalam membuka jalan sukses kita.

Misalkan, kita ingin mendapatkan beasiswa ke Eropa untuk studi. Bukan tidak mungkin, jalan yang membuka sukses kita kuliah di luar negeri adalah dengan mengunjungi orang-orang yang sudah kita kenal, seperti dosen, atau orang yang baru kita kenal, memiliki informasi tentang beasiswa studi ke luar negeri tersebut.

Yang perlu diingat bahwa silaturahmi yang kita jalankan didasarkan pada niat tulus ikhlas, bukan sekedar mengharapkan keuntungan materi. Jika hanya mengharapkan keuntungan materi, rezeki kita tidak akan semakin terbuka, justru akan menyempit.

8. Selalu Perbanyak Doa

Doa adalah senjata terbaik sebagai cara menjadi orang sukses selanjutnya. Jika ikhtiar / usaha sudah dilakukan dengan maksimal, maka lengkapi dengan doa. Jangan pernah tinggalkan ibadah sholat wajib, dan perbanyak ibadah sholat sunnah seperti Tahajud, Dhuha, dan sholat Hajat.

Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepada-Ku. Maka bermohonlah kepada-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Q.S Al-Baqarah :186).

Allah akan semakin dekat dengan kita, saat kita mendekatkan diri pada-Nya. Kalau kita sudah dekat dengan Allah, apa sih yang Allah gak berikan pada kita? Seluruh dunia dan isinya jika Allah sudah berkehendak, pasti akan terjadi.

9. Selalu Tetap Berusaha dan Bertawakal

Berusaha keras dan bertawakal, adalah seperti dua sisi mata uang, tak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Cara menjadi orang sukses yang kesembilan ini, tak bisa disepelekan. Banyak orang yang memisahkannya.

Kerja keras memang penting dan harus, tetapi serahkan hasil akhirnya hanya pada Allah SWT, dengan bertawakal padanya. Apapun yang Allah kehendaki, itu yang terbaik bagi kita.

Memiliki sikap tawakal amatlah penting, tetapi tidak mau berusaha, sama aja bohong. Ini sudah paket lengkap, gak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Berkatalah dua orang di antara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah telah memberi nikmat atas keduanya:”Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar benar orang yang beriman.(QS.Al-Maidah:23)

Segala impian, kemauan, selalu ada jalan suksesnya. Dan, tentu kesuksesan itu bukan tanpa usaha. Setiap usaha yang dilakukan, sangat jarang sekali langsung sukses, bahkan mungkin tidak ada. Pasti ada proses yang menyertainya. Sandarkan setiap proses tersebut hanya di jalan Allah SWT, kamu akan meraih kemenangan yang sebenar-benarnya.

10. Lengkapi dengan Sikap Istiqomah

Penutup cara menjadi orang sukses yang terakhir adalah dengan sikap istiqomah. Kegagalan seseorang seringkali terjadi karena ketiadaan sikap istiqomah ini.

Dengan bekal iman, keyakinan, dan ilmu pengetahuan, maka sikap istiqomah akan mudah sekali terbentuk. Orang-orang yang selalu istiqomah, tak akan pernah khawatir dengan berbagai cobaan hidup yang menghadangnya.

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:”Tuhan kami ialah Allah”,kemudian mereka tetap istiqamah. Maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada pula berduka cita.(QS.Al Ahqaaf:13)

Itulah kesepuluh cara menjadi orang sukses yang diajarkan oleh Allah SWT melalui Al Quran dan Sunnah-nya. Setiap poin tersebut, kita wujudkan / terapkan langsung dalam langkah-langkah kita. Insya Allah, kesuksesan yang didambakan akan segera menghampiri kita.

Mari berbagi, dan sebarkan jika ini bermanfaat untuk orang lain…

Referensi: BusinessHijrah.com

Loading...