Resep Cilok Goreng Crispy Kres…Kres…Kres

0 1.281

Emmm.. Nih cilok goreng (cireng) benaran enak banget deh. Super crispy. Mau tahu gimana caranya bikin cilok goreng crispy? Tenang aja, ada resep cilok goreng crispy disini.

Jajanan cilok emang gak ada matinya buat cemilan. Sebelumnya, sudah ada resep cilok bumbu kacang yang juga gak kalah enak.

Nah, sekarang kita mau buat variasi cilok yang juga bikin lidah bergoyang. Kamu bisa praktekkan langsung membuat cireng ini. Sudah penasaran?

Yuk simak bagaimana mengolah resep cilok goreng crispy berikut.

Pertama, tentu kamu harus siapkan bahan-bahannya dulu. Apa saja? Setidaknya ada beberapa bahan utama, daftarnya di bawah ini.
  • Bawang putih halus, 1 siung
  • Garam halus, 1 sendok teh
  • Tepung tapioka / kanji, 10 sendok makan
  • Tepung terigu, 15 sendok makan
  • Lada halus, ½ sendok teh
  • Daun bawang diiris tipis
  • Baking soda
  • Baking powder
  • Air mendidih, ½ gelas (bisa tambah rebon / ebi jika suka)
  • Telur puyuh yang direbus dan dikupas, sesuai selera
  • Kacang goreng, secukupnya
  • Kemiri, secukupnya
  • Gula merah sisir
  • Minyak goreng
  • Cabe merah besar
  • Air
Resep cilok goreng crispy
Resep cilok goreng crispy

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk pelengkap:

  1. Kecap manis
  2. Irisan bawang merah

Blender bahan-bahan berikut, cabe, kacang, kemiri, bawang putih, dan air. Lalu, tuangkan ke wajan yang sudah ada minyak goreng sedikit.

Tumislah bahan tadi dan masukkan garam serta gula merah. Masak sampai matang (meletup-letup). Lalu, matikan api.

Untuk cara membuat cilok goreng crispy itu sendiri, berikut langkah-langkahnya:

Pertama-tama, kamu campurkan bahan-bahan di atas. Lalu, masukkan air mendidih dan aduk-aduk cepat dengan menggunakan spatula. Untuk pemberian air, dikira-kira porsinya, jika kurang dapat ditambah lagi.

Setelah matang, bentuk adonan bulat kecil, lalu isikan dengan telur puyuh. Rebus air kembali dan masukkan adonan cilok yang berbentuk bulat ini. Rebus hingga matang kurang lebih 10-15 menit. Jika sudah selesai, angkat dan tiriskan.

Setelah diangkat dari rebusan, selagi panas gulingkan cilok ke tepung terigu yang sudah diberikan baking powder dan baking soda.

Gulingkan kembali ke tepung lalu goreng dengan minyak panas hingga berwarna kecokelatan.

Resep cilok goreng crispy kini sudah selesai dibuat dan siap untuk disajikan bersama dengan saus / kecap manis dan irisan bawang merah.

Mudah kan membuat cilok goreng crispy di atas? Masih terasa sulit untuk membuatnya? Ini ada video tutorial resep cilok goreng crispy oleh Sri Amanda Dewi yang bisa kamu tonton.

Resep cilok goreng crispy oleh Fibry Ika Famarandani

Loading...