Jatik.com
to Inspire. be Social.

7 Penyebab Stres yang Paling Utama, Inilah Bagian dari Hidup Kawan!

0 104

Menjalani kehidupan ini, memang tak seindah yang dibayangkan. Banyak saja liku-liku yang harus dilewati, dan terkadang keseriusan dalam menjalaninya, menjadi penyebab stres yang berkepanjangan.

Kawan..mungkin kita selalu menginginkan hidup bahagia, terhindar dari banyaknya kesulitan-kesulitan, dan berbagai kenyamanan lainnya. Itu mungkin saja terjadi, dan lebih banyak tidak selalu lurus seperti itu.

Justru, kita merasa seperti terus sedang diuji dan diuji, sehingga terperosok dalam kubangan berbagai cobaan hidup, penyebab stres itu sendiri.

Sangat menarik jika kita membicarakan penyebab stres lebih mendalam lagi..

Dengan memulainya dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua ilmuwan. Pada tahun 1967, Thomas H. Holmes dan Richard H. Rahe, dari Universitas Washington, melakukan sebuah studi tentang hubungan antara berbagai peristiwa dalam kehidupan yang signifikan dalam hubungannya dengan penyakit.

Sebagai bagian dari studi itu, mereka menyusun sebuah skala penyebab stres yang paling utama. Skala tersebut berisi 43 penyebab stres pada tahun 1967, telah diupdate ke 55 penyebab stres pada tahun 2006.

Berikut skala penyebab stres yang dimaksud:

Skala penyebab stres versi Thomas H. Holmes dan Richard H. Rahe
Skala penyebab stres versi Thomas H. Holmes dan Richard H. Rahe

Ternyata, dari skala tersebut dapat diartikan bahwa masyarakat lebih banyak alasan untuk merasakan stres yang berkelanjutan.

Yang pasti, setiap orang tentu memiliki penyebab stres yang berbeda dibandingkan orang lain. Jika Anda tahu penyebab stres yang utama dalam hidup, apakah Anda akan mengambil tindakan untuk mengatasinya?

Jika ditarik garis besarnya, maka ada 7 penyebab stres yang paling umum / utama, yang biasanya didasarkan pada pengalaman di masyarakat. Berikut daftarnya:

1. Masalah Keuangan

Sebagian besar penelitian setuju bahwa keuangan adalah penyebab stres yang paling utama. Dalam sebuah polling online yang dilakukan pada tahun 2005 oleh Lifecare, Inc., 23 persen responden menyebutkan keuangan sebagai penyebab stres dalam kehidupan mereka.

Stres dalam masalah keuangan telah menduduki daftar di banyak jajak pendapat modern.

Beberapa orang yang menyebutkan keuangan sebagai penyebab stres yang utama karena mereka harus membeli gaya hidup seperti rumah mewah atau mobil.

Lainnya menekankan pada hilangnya pendapatan, atau jebakan utang. Bagi beberapa orang, stres dalam hal keuangan terwujud dalam kebangkrutan.

Sementara, mahasiswa stres karena membayar biaya pendidikan, sedangkan orang tua menjadi stres karena pendapatan dari pensiun yang kurang.

2. Masalah Pekerjaan

Masih terkait dengan masalah keuangan sebagai penyebab stres adalah pekerjaan. Pekerjaan atau karir tampaknya menjadi penyebab stres yang konstan.

Dalam jajak pendapat yang sama dilakukan oleh Lifecare, 21 persen dari mereka memasukkan pekerjaan dalam daftar penyebab stres yang utama dalam hidup.

Bagaimana tempat kerja bisa menjadi penyebab stres?

Kebanyakan dari kita khawatir tentang mendapatkan dan menjaga kerja yang layak untuk kita. Kekhawatiran tentang kerja atau tanggung jawab baru.

7 penyebab stres yang utama

Stres karena perjuangan untuk menaiki tangga karir, kewalahan oleh tuntutan. Kondisi kerja yang selalu dinamis dan cepat berubah, atau kita mungkin memiliki kesulitan dengan rekan di tempat kerja.

Siswa, terutama remaja dan mahasiswa, menyebutkan bahwa pekerjaan sekolah / kuliah sebagai penyebab stres. Kadang-kadang, stres disebabkan oleh orang lain. Terkadang, oleh kita sendiri.

3. Masalah Keluarga

Keluarga, bisa jadi, juga merupakan penyebab stres yang paling utama dalam hidup. Seringnya pertengkaran dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya.

Orang tua bercerai. Anak menikah. Pasang surut dan arus kehidupan keluarga penuh dengan stres.

Kesehatan keluarga juga merupakan penyebab stres yang utama. Seorang anggota keluarga yang sakit, cedera serius, kehamilan, keguguran, atau aborsi semua menyebabkan stres.

Perubahan dalam anggota keluarga juga menyebabkan stres. Adopsi, relokasi, dan perubahan pekerjaan untuk hanya satu anggota keluarga dapat menyebabkan stres bagi semua.

4. Kekhawatiran Pribadi

Kekhawatiran pribadi yang secara tidak langsung dibuat oleh orang lain adalah penyebab stres yang utama lainnya. Kurangnya kontrol merupakan penyebab dari kekhawatiran pribadi tersebut.

Setiap manusia memiliki keinginan mendalam untuk kontrol atas hidupnya sendiri. Ketika kontrol lemah atau hilang di daerah tertentu, kita mengalami stres.

Untuk banyak orang, kurangnya kontrol atas waktu mereka sendiri adalah penyebab stres yang utama.

Kita ingin menentukan kapan kita melakukan tugas-tugas di sekitar rumah, atau di tempat kerja. Memegang pekerjaan, berpartisipasi dalam kegiatan anak-anak ke sekolah, menjalankan rumah tangga, dan lainnya menyebabkan stres.

Anda ingin mengontrol waktu, daripada orang lain yang mengendalikannya, tetapi itu tidak mungkin selalu terjadi.

Kita mungkin terlibat dalam proses hukum yang menyebabkan stres. Kita selalu bergulat dengan kebiasaan buruk. Kita akan melalui perubahan. Perubahan pribadi apapun dapat menjadi penyebab stres.

5. Kesehatan dan Keselamatan

Sebagian orang juga menyebutkan bahwa kesehatan pribadi adalah penyebab stres utama. Bagi beberapa orang, stres yang terkait dengan obesitas, dan keinginan untuk menurunkan berat badan.

Bagi yang lain, stres adalah kebiasaan pribadi yang mempengaruhi kesehatan dan harus diubah. Misalnya, merokok, penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan terlarang.

Sakit atau cedera, bisa menjadi penyebab utama stres bagi banyak orang.

Keselamatan pribadi juga merupakan penyebab utama stres. Wanita lebih stres dibandingkan pria, memiliki kecenderungan untuk menekankan keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.

Orang dewasa lebih cenderung stres daripada remaja, yang mungkin bertindak tanpa berpikir panjang, misalnya melakukan kejahatan.

6. Hubungan Pribadi

Apakah itu hubungan persahabatan, kencan, perpisahan, perkawinan, perceraian, atau perkawinan ulang. Hubungan dapat menjadi penyebab utama stres bagi banyak orang.

Kita semua ingin mencintai, dan bisa didapatkan dalam sebuah hubungan, tapi mendapatkan pasangan bisa menjadi sangat stres.

Tuntutan pada waktu, keuangan, dan emosi dapat menyebabkan stres yang berkelanjutan.

7. Kematian

Mungkin penyebab utama stres yang paling memilukan adalah kematian orang yang dicintai atau teman dekat. Bahkan kematian hewan peliharaan bisa menyebabkan stres.

Anak-anak selalu menjadi sumber stres bagi orang tua, tetapi ketika seorang anak meninggal, stresnya berkali-kali lipat. Hal yang sama berlaku ketika pasangan seumur hidup telah meninggal.

Jadi…

Perubahan penyebab utama stres karena usia kita. Akan selalu hadir di setiap tingkatan usia. Carilah penyebab utama dari stres Anda!

Mendapatkan pengetahuan tentang penyebab utama stres itu penting. Menggunakan pengetahuan itu mengatasi stres yang tidak sehat sangatlah penting.

Salah satu tips berguna untuk mengatasi stres, bisa dibaca disini.

Referensi:

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.