Resep Kue Lapis Legit Kombinasi Bolu Gulung

0 355

Salah satu kue tradisional yang menjadi favorit bagi banyak orang, apalagi kalau bukan Lapis Legit. Bagaimana kue lapis legit dikombinasikan dengan Bolu Gulung? Pasti semakin nikmat deh. Berikut resep kue lapis legit kombinasi dengan bolu gulung.

Kue lapis legit yang dikombinasikan dengan kue bolu ini menjadi sajian istimewa. Kenikmatan dari kue lapis yang sangat legit ini akan terasa lebih mantap jika dikombinasikan dengan bolu gulung yang ada di tengahnya.

Sajian yang sangat pas untuk dinikmati saat sore hari bersama dengan keluarga. Sudah penasaran bagaimana cara membuat kue lapis legit kombinasi dengan bolu gulung?

Ikuti saja panduan resep kue lapis legit kombinasi bolu gulung berikut.

Bumbu / Bahan yang harus disiapkan yaitu:

Bahan untuk Lapis Legit:

  • Gula pasir, 125 gram
  • Kuning telur, 20 butir
  • Tepung terigu protein sedang, 40 gram
  • Margarin yang dikocok hingga putih plus ditambah 1 sdm susu kental manis, 300 gram

Selain itu, siapkan juga bahan untuk bolu gulung sebagai berikut:

  • Susu bubuk, 10 gram
  • Gula pasir, 100 gram
  • Tepung maizena, 15 gram
  • Telur, 5 butir
  • Moka pasta, ½ sendok teh
  • Tepung terigu protein sedang, 50 gram
  • Selai stroberi, 100 gram
  • Margarin dilelehkan, 100 gram

Sudah lengkap semua bahan di atas? Yuk mulai mengolah bahan-bahan tersebut. Berikut langkah cara membuat kue lapis legit kombinasi bolu gulung super nikmat.

Oven api dengan 180º Celcius dipanaskan.

Untuk bolu gulung, berikut cara mengolahnya:

Kocok terlebih dahulu gula pasir dan telur selama kurang lebih 20 menit sampai mengembang. Kemudian, tambah susu bubuk, tepung terigu, tepung maizena dengan diayak dan diaduk sampai merata.

Berikutnya, masukkan moka pasta dan margarin leleh. Terus aduk-aduk perlahan.

Kemudian, tuangkan adonan ke dalam loyang berukuran 30x40x1 cm yang sudah diolesi margarin dan beralaskan kertas roti. Masukkan dalam oven selama 15 menit dengan suhu 190º Celcius.

Setelah itu, kue dipotong menjadi dua bagian dengan ukuran 15×20 cm. Olesi setiap bagian kue dengan selai stroberi. Lalu gulung dan padatkan. Belah setiap bolu gulung tersebut menjadi 2 bagian horisontal. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita mengolah kue lapis legitnya. Berikut langkah-langkah mengolah kue lapis legit.

resep kue lapis legit bolu gulung enakKocok terlebih dahulu gula pasir dan telur hingga mengembang. Kemudian, masukkan tepung terigu dengan diayak dan aduk-aduk sampai merata. Adonan telur dituang sedikit demi sedikit ke dalam margarin. Terus kocok sambil diaduk secara perlahan.

Sepertiga bagian adonan diambil dan tambahkan cokelat pasta. Aduk kembali sampai merata.

Untuk lapisan pertama. Ambillah adonan putih 100 gram dan tuangkan ke loyang loaf berukuran 24x12x7cm yang sudah diolesi margarin dan beralaskan kertas roti. Masukkan ke oven api dengan menggunakan api atas (harap matikan api bawah).

Untuk lapisan kedua. Ambillah 75 gram adonan putih dan tuangkan ke atas lapisan pertama tadi. Kemudian, oven selama 5 menit dengan menggunakan api atas.

Untuk lapisan ketiga. Ambillah adonan cokelat 75 gram. Tuangkan ke atas lapisan kedua tadi. Lalu, letakkan ½ potong bolu gulung. Dan oven dengan api atas selama 5 menit.

Selanjutnya, tutup lagi selapis demi selapis seperti langkah di atas sampai adonan habis semuanya. Resep kue lapis legit kombinasi bolu gulung ini untuk 16 potong dan siap disajikan.

Itulah resep kue lapis legit dengan kombinasi bolu gulung dan cara membuatnya. Mungkin kelihatannya agak sulit ya. Dicoba saja perlahan, pasti bisa membuatnya. Selamat memasak!

Untuk resep kuliner Nusantara lainnya, cek saja disini.

Referensi resep: www.kueresep.com

Loading...