Jatik.com
to Inspire. be Social.

Aduh,,Kok Aku Sekarang Sering Lelah, Letih, Lesu ya..

1 145

Kamu merasakan gejala 3L tadi, yakni lelah, letih, lesu (fatigue) yang sering muncul beberapa waktu terakhir? Jika ya, berarti kamu harus mulai menjaga kesehatanmu lho. Jangan dibiarkan begitu saja. Gejala lelah, letih, lesu bisa terjadi kepada siapapun, termasuk kita kawula muda. Aktivitas kita seperti tugas-tugas kuliah / sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, aktivitas kerja, aktivitas sosial, dan segudang aktivitas lainnya, dapat menyebabkan gejala 3L (lelah, letih, lesu) akan muncul. Jangan sepelekan lho. Jatik mau sedikit berbagi tips bagaimana mengatasi gejala 3L tersebut.

Ayo dong mulai lakukan olahraga biar tubuhmu fresh

olahraga_lari

Sumber Gambar: http://lighthouse-indonesia.com/tummy-talk-blog-d168-olahraga-bisa-bahayakan-tulang-penderita-obesitas-ini-faktanya

Olahraga bisa kamu lakukan secara rutin, minimal seminggu 2 kali. Beberapa penelitian medis membuktikan bahwa dengan berolahraga akan meningkatkan energi di dalam tubuh kamu. Olahraga membantu meningkatkan efisiensi kinerja otot, paru-paru, dan jantung. Olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan adalah berjalan kaki, dan lari-lari kecil minimal 15 menit saja sudah dapat meningkatkan energi di dalam tubuhmu.

Perbanyak minum air putih ya..

manfaat-minum-air-putih

Manfaat minum air putih dalam http://www.tutorialoka.com/herbal/2015/01/05/96/minum-air-putih-dapat-menurunkan-berat-badan/

Air putih banyak sekali mengandung manfaat, salah satunya meningkatkan energi tubuh. Minumlah air putih dalam jumlah lebih banyak, sehingga kamu tidak mengalami kekurangan cairan tubuh (dehidrasi). Air putih juga efektif untuk membuang toksin-toksin (racun) yang ada di dalam tubuhmu.

Ternyata senam yoga juga bisa membantu lho..

senam_yoga

Manfaat senam yoga dalam http://senamyoga.blogspot.com/

Jika di kampus / sekolah / rumah kamu ada yang membuka kelas yoga, tidak ada salahnya kamu mencobanya dengan bergabung dalam pelatihan senam yoga. Kamu juga bisa melakukan senam yoga ini secara otodidak dengan belajar dari video. Senam yoga selama 6 minggu ternyata mampu meningkatkan energi tubuh, fakta penelitian yang dilakukan di Inggris.

Jangan lupa tidur yang cukup ya..

tidur

Tidur yang cukup

Aktivitas kita sebagai anak muda yang energik memang seringkali mengabaikan hak tubuh kita untuk istirahat yang cukup. Kegiatan-kegiatan yang padat sering meminta tubuh untuk bekerja lebih ekstra dengan begadang. Segera ubah pola hidupmu. Berikan tubuhmu hak untuk istirahat. Salah satu rekomendasi penelitian medis dari The Royal College of Psychiatrist adalah pola tidur dan dan bangun yang sama setiap harinya, waktu tidur yang cukup, dan sebelum tidur sebaiknya mandi air hangat terlebih dahulu selama 20 menit.

Kamu perlu waspada, fatigue itu gejala awal dari berbagai penyakit

lelah_letih

Gejala awal penyakit dalam http://www.revasi.com/diary/eye-exercise-untuk-mengatasi-mata-lelah/

Ya. kamu jangan menyepelekan hal ini. Fatigue (lelah, letih, lesu) itu bisa jadi tanda-tanda awal dari penyakit lainnya, seperti anemia, diabetes, tiroid, dan sleep apnea. Segera datang ke dokter untuk konsultasi, jika 3L yang kamu rasakan itu muncul secara berlebihan. Oh ya, beberapa obat yang sering dikonsumsi bisa jadi menjadi penyebab fatigue, seperti obat yang mengandung antihipertensi, antihistamin, diuretik, dan lainnnya.

Jauhkan makanan yang mengandung lemak-lemak jahat

burger

Makanan berlemak jahat dalam http://artikelkeren27.blogspot.com/2013/12/burger-bakal-jadi-makanan-sehat.html

Makanan-makanan yang berlemak biasanya memang enak untuk dikonsumsi, tetapi mulai pertimbangkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, kalau perlu hindari makanan berlemak tersebut. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging yang cukup, susu, dll sehingga dapat meningkatkan aktivitas fisik kamu.

Konsumsi makanan yang mengandung Omega-3

omega-3

Omega-3 dalam http://tipsberbagaikesehatan.blogspot.com/2014/09/omega-3-asam-lemak-penting-untuk-segala.html

Ternyata, mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak ikan mampu mengurangi gejala lelah, letih, dan lesu. Minyak ikan banyak terkandung di dalam kacang2an dan biji2an, sayuran hijau, biji labu, oatmeal, cereal, dan minyak ikan cod, minyak nabati, dll.

Wah, ternyata lebih sering makan membantu lho

makan_sering

Makan dengan frekuensi sering dalam http://infonutrisi.com/category/nutrisi/makanan-minuman-sehat/

Kamu dianjurkan untuk lebih sering makan dengan jumlah sedikit, daripada jarang makan tetapi jumlahnya banyak. Pola seperti ini berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah, termasuk makanan selingan yang sehat.

Jauhkan dirimu dari stres

stress

Kurangi stres dalam http://www.berdikarinews.com/kesehatan/611-4-fakta-stres-yang-jarang-diketahui

Aktivitas yang padat jangan sampai membuatmu stres. Lakukan aktivitas penyeimbang seperti jalan-jalan, mendengarkan musik, memancing, membaca, atau aktivitas lainnya yang membantu mengurangi stres yang kamu alami.

Nah, itu beberapa tips untuk membantu kamu mengatasi gejala fatigue (lelah, letih, lesu). Kamu punya tips lainnya? Saling berbagi yuk disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.