Resep Kue Putu Bambu, Jajanan Maknyus di Musim Hujan

1 391

Kalau dingin-dingin saat hujan turun, enaknya minum dan makan yang anget-anget ya..

Hmmm..Cemilan apa yang enak dimakan saat hujan? Ada yang punya ide?

Nah, mungkin kamu bisa memilih jajanan tradisional khas Indonesia, yang sudah sangat populer sejak dahulu, yaitu Kue Putu Bambu!

…Hmmm, emang sih, kue ini biasanya dijual abang-abang tiap malam,,,tetapi gak selalu datang lewat di depan rumah kita..Gimana dong caranya?

Mendingan buat sendiri aja deh…Tapi, susah gak yaa??

Tenang aja, gak susah kok. Kalau resep kue putu ayu sudah ada yang cobain belum? Kalau belum, nih resepnya untuk kue putu ayu. Ya, gak jauh beda kok dengan resep itu.

Memang pas banget deh cemilan ini disantap saat lagi panas-panasnya…Bikin suasana saat hujan turun, jadi lebih mantap dan nikmat euy..

Simak resep dan cara pembuatannya berikut ini.

Resep Kue Putu Bambu

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:

  • Parutan kelapa (150 gram)
  • Tepung beras kering (400 gram)
  • Gula merah (125 gram), diiris tipis
  • Air (300 ml)
  • Garam (1 sendok teh)
  • Daun pandan (2 lembar)
  • Cetakan bambu dengan diameter 3-5 cm
  • Daun pisang secukupnya yang digunakan untuk alas

Bahan-bahan sudah disiapkan semuanya, kini saatnya kamu mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

Langkah-langkah Membuat Kue Putu Bambu:

  1. Pertama-tama kamu siapkan sebuah panci. Lalu, masak air hingga mendidih di panci tersebut. Masukkan bahan-bahan garam, daun pandan, dan aduk-aduk sebentar. Kemudian panci diangkat dari kompor dan diamkan hingga air hangat.
  2. Siapkan wadah lainnya, dan masukkan tepung beras ke dalamnya. Lalu, tuang air pandan hangat tadi dengan cara tuangkan sedikit demi sedikit. Sambil dituang, tepung diaduk terus dengan tangan sampai adonan tercampur dan berbentuk butiran halus. Lakukan hal ini sampai air pandan hangat habis.
  3. Kemudian, siapkan saringan (disarankan yang kasar). Adonan tepung yang sudah berbentuk butiran tadi disaring, dan terus digosok-gosok sampai berbentuk butiran yang lebih halus.
  4. Lalu, ambil cetakan bambu yang sudah disiapkan. Masukkan setengah adonan tepung yang sudah halus. Buat lubang di bagian tengah dan masukkan irisan gula merah. Setelah irisan gula merah terisi di tengah adonan, jangan lupa untuk menutup kembali dengan adonan tepung di bagian atas hingga penuh. Lalu ratakan adonan dalam cetakan tersebut.
  5. Cetakan yang berisi adonan tadi dibalik, dan disimpan diatas loyang yang sudah dialasi dengan daun pisang.
  6. Letakkan semua cetakan hingga loyang terisi penuh
  7. Setelah itu, kukus adonan tersebut selama ± 10 menit, dengan api besar. Setelah dirasa cukup matang, diangkat, dan keluarkan kue putu dari cetakan bambu. Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis.
  8. Kue putu bambu siap disajikan dengan bertabur kelapa parut.

Gimana guys?? Mudah gak cara membuat resep kue putu bambu di atas? Coba aja di rumah ya..Sekarang, saat musim hujan kamu gak perlu lagi kedinginan karena cemilan kue putu bambu sudah siap untuk disajikan dan disantap oleh seluruh anggota keluarga. Selamat memasak!!!

Referensi: Cookpad.com

Loading...