Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Lava Cake Kukus Cokelat. Meleleh Banget, Bun!

0 35

Yeeem.. Benar-benar bikin penasaran buat incip-incip lava cake yang satu ini. Lelehannya cokelatnya menggoda banget Bun! Mau tahu cara membuat lava cake kukus? Ikuti aja resep lava cake kukus cokelat ini.

Cake lembut, manis, dengan cokelat meleleh dari dalamnya, pasti membuat semua orang yang melihatnya pengen merasakan kelezatan lava cake cokelat itu. Cake ini bisa menjadi favorit bagi semua anggota keluarga di rumah. Anak-anak pasti bakal menyantap habis cake lava cokelat buatan Bunda.

Sebelumnya, kami sudah sajikan resep cokelat gunung merapi yang bikin ngiler. Kini saatnya mencoba kembali variasi lain dari cake cokelat yang membuat siapa pun yang melihatnya bakal pengen langsung mencicipinya.

Penasaran ingin membuatnya? Berikut panduan resep lava cake kukus cokelat yang meleleh banget.

Resep Lava Cake Kukus Cokelat

Siapkan dulu beberapa bahan utama (8 porsi) untuk membuat cake lava sesuai daftar berikut ini:

  • Telur ayam, 3 butir
  • Gula pasir, 100 gram
  • Tepung terigu, 150 gram
  • Emusifier (TBM / SP), ½ sendok makan
  • Margarin, 100 gram
  • Cokelat batangan yang dilelehkan, 100 gram
  • Baking powder, 1 sendok teh

Untuk bahan lava / lelehan cokelat:

  • Cokelat masak batangan dipotong dadu, 50 gram

Jika semua bahan utama membuat cake lava di atas sudah siap, berikut langkah-langkah cara membuat lava cake kukus yang super lezat.

Langkah awal adalah melelehkan cokelat batangan (100 gram) dengan cara di-tim. Jika sudah mulai meleleh, masukkan bahan margarin dan lelehkan bersama-sama. Lalu, dinginkan cokelat di dalam suhu ruangan.

Kemudian, campurkan bahan lainnya seperti gula, telur, emulsifier, dan juga baking powder. Campuran bahan-bahan ini di-mixer hingga mengembang dan berwarna putih.

Jika sudah, tuangkan tepung terigu, margarin dan cokelat yang sebelumnya sudah didinginkan. Aduk merata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Kalau di cake ada gumpalan tepung, gak bagus kan Bun!

Langkah berikutnya, tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan cupcake / muffin. Masukkan kurang lebih 1 sendok sayur adonan dan kukus adonan selama 15 menit.

Cek apakah cake tersebut sudah matang sampai ke dalamnya dengan cara menusukkan lidi di tengah adonan. Apabila tidak ada yang menempel berarti cake sudah siap untuk langkah berikutnya.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan dark chocolate yang sudah dipotong-potong dadu ke dalam cangkir. Lalu tutup dengan satu sendok sayur adonan yang tersisa.

Kemudian, adonan dikukus kembali selama ± 15 menit atau hingga matang. Sebaiknya berhati-hati agar tangan jangan sampai terkena panci kukusan yang panas.

Apabila sudah matang, lava cake sudah siap untuk dihidangkan dan hiaslah sesuai selera Bunda.

Itulah resep lava cake kukus cokelat yang super lezat, langsung saja praktekkan di rumah ya Bun!

Referensi: resephariini.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.
Komentar