Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Puding Lumut Gula Merah, Manis dan Kenyal

0 4.544

Penggemar puding boleh berbahagia karena ada banyak varian puding yang bisa disantap, salah satunya puding lumut gula merah ini. Ingin tahu bagaimana resep puding lumut gula merah ini diolah? Simak ulasan resepnya berikut.

Puding memang pas disantap saat udara panas, terlebih baru dikeluarkan dari lemari pendingin. Yummm,, nikmat rasanya. Bikin badan jadi adem. Banyak variasi rasa dan olahan puding, seperti puding susu keju, puding cokelat oreo, puding tiramisu yang bikin ngiler, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk melengkapi resep puding Anda, tak ada salahnya mencoba salah satu resep andalan lainnya, yaitu resep puding lumut gula merah ini. Dengan bahan-bahan yang ada di dapur dan proses pembuatan yang terbilang mudah, puding lumut gula merah bisa menjadi favorit di keluarga.

Anda ingin langsung mencoba membuatnya? Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan resepnya berikut ini.

Resep Puding Lumut Gula Merah

Bahan utama yang perlu dipersiapkan, diantaranya:

  • Agar-agar plain, 1 bungkus
  • Telur dikocok lepas, 2 butir
  • Gula merah, 180 gram
  • Santan kental, 200 ml
  • Air, 650 ml
  • Garam, secukupnya
  • Daun pandan disimpulkan, 2 lembar

Apabila semua bahan utama di atas sudah siap, kita langsung dapat mengolahnya. Berikut langkah-langkah membuat puding lumut gula merah yang kenyal dan manis.

Langkah pertama, masaklah gula merah bersama dengan air serta daun pandan hingga mendidih. Tunggu sampai gula larut dan kemudian saring. Sisihkan terlebih dahulu.

Menggunakan panci yang berbeda, campurkan bahan agar-agar, santan, garam, dan telur. Aduk merata semua bahan tersebut dan jangan sampai menggumpal.

Kemudian, masukkan air rebusan gula merah tadi yang sebelumnya sudah disaring, sambil dimasak dan aduk-aduk merata hingga mendidih. Biarkan mendidih sebentar supaya lumutnya terbentuk. Jika permukaan sudah terlihat bening, segera matikan api.

Tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air matang. Ini dilakukan agar puding dapat mudah dikeluarkan dari cetakan.

Uap panas adonan puding biarkan hilang terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Jika sudah tidak ada uap, silahkan masukkan lemari pendingin. Puding siap disantap dalam keadaan dingin. Benar-benar nikmat!

Referensi: pustakaresepmasakan

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.