Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Mencegah Diabetes dengan 7 Langkah Mudah

0 102

Semua orang tentu tidak menginginkan dirinya terkena penyakit diabetes. Tetapi, bagi manusia modern, potensi terkena penyakit diabetes semakin tinggi. Banyak orang yang mencari cara mencegah diabetes datang pada dirinya.

Saat ini, penyakit diabetes lebih umum terkena kepada banyak orang daripada dekade sebelumnya. Dan hampir 80% lebih kasus penyakit diabates yang didiagnosa, umumnya adalah diabetes tipe 2.

Bisa jadi, dalam beberapa kasus penyakit diabetes tak bisa dihindari terkena pada seseorang, mungkin karena faktor keturunan dan lainnya. Tetapi, sebagian besar dapat dicegah dengan mengikuti beberapa langkah sederhana.

Bagaimana sebenarnya cara mencegah diabetes ini? Setidaknya, kita harus mengetahui lebih dahulu sebenarnya apa saja kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab munculnya diabetes.

Sebelum penyakit diabetes tipe 2 datang pada diri kita, ada tahap yang dikenal sebagai pra-diabetes. Ini adalah tahapan saat tubuh kita mulai menunjukkan beberapa gejala, yang jika diabaikan, dapat menyebabkan penyakit diabetes yang lebih kompleks.

Melakukan 7 langkah sederhana ini sebagai bagian dari rutinitas harian kita, sebagai cara mencegah diabetes terjadi pada diri kita.

1. Kelebihan berat badan, risiko terkena diabetes

Jika Anda merasa bahwa saat ini sudah mulai kelebihan berat badan, maka risiko terkena penyakit diabetes pun juga mulai tinggi. Mulailah untuk menyadari hal ini.

Kurangi sedikit demi sedikit porsi makan dan ganti asupan makanan dengan yang lebih bergizi. Mulai untuk menjalankan program penurunan berat badan.

Cara mencegah diabetes dengan mudah jika faktor berat badan sudah mulai muncul adalah dengan meminum segelas air putih atau minuman bebas gula sebelum makan. Ini akan mengurangi rasa lapar yang datang pada diri kita.

2. Kurangi asupan lemak yang kita konsumsi

Salah satu cara mencegah diabetes selanjutnya datang dari asupan makanan berupa lemak yang tatkala tanpa sadar kita konsumsi terlalu berlebihan.

Mulai kurangi jumlah lemak yang masuk dalam tubuh kita dengan mengurangi konsumsi makanan gorengan. Bisa juga dengan mengubah kebiasaan konsumsi makanan gorengan menjadi makanan panggang.

Yang pasti konsumsi makanan yang memang rendah lemak dan kalau bisa hindari makanan yang berlemak.

3. Cek Glycemic Index dari makanan yang dikonsumsi

Mengetahui Glycemic Index dari makanan yang kita konsumsi sangat berperan dalam cara mencegah diabetes pada tubuh kita. Mengetahui apa yang terkandung dalam makanan, akan sangat membantu menjaga gula darah Anda.

Ini tentu berperan mencegah timbulnya penyakit diabetes pada tubuh kita.

4. Minum air putih dengan rutin

Konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya akan sangat membantu diri kita tercegah dari penyakit diabetes. Mulailah membawa botol minuman berisi air putih kemanapun Anda pergi.

Hal ini akan sangat membantu untuk membiasakan diri kita untuk terus meminum air putih dimanapun dan kapanpun.

5. Jika lapar, carilah cemilan sehat

Nyemil memang salah satu cara untuk mengatasi perut yang lapar tiba-tiba. Tetapi, perlu diwaspadai. Kebiasaan ini juga pintu masuk bagi datangnya penyakit diabetes jika Anda mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat.

Ubah kebiasaan mengkonsumsi cemilan tidak sehat yang banyak mengandung lemak, kolesterol, dll dengan cemilan yang memang sehat, rendah gula, dan rendah lemak.

7 cara mencegah diabetes dengan mudah
7 cara mencegah diabetes dengan mudah

6. Pilih susu skim daripada susu berlemak

Cara mencegah diabetes lainnya adalah dengan mengkonsumi susu skim daripada susu dengan lemak tinggi. Terutama biasanya saat mengkonsumi minuman panas.

Susu rendah lemak ini akan membantu membuat tubuh lebih sehat, tetapi tanpa khawatir terkena diabetes.

7. Latihan olahraga secara teratur

Melakukan latihan secara teratur selain memang baik untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh, juga cara mencegah diabetes yang cukup sederhana.

Lakukan latihan sederhana setiap hari seperti jalan kaki, jogging santai, bersepeda, minimal 15 menit sampai setengah jam setiap hari.

Dengan melakukan jalan kaki setiap 15 menit setiap hari, ini membantu untuk melakukan pola olahraga yang lebih teratur.

Ketujuh poin cara mencegah diabetes di atas, dapat mulai Anda lakukan dari sekarang. Mungkin, Anda memang belum terkena penyakit diabetes saat ini. Tetapi, akan jauh lebih baik dan mudah untuk mencegah daripada mengobati.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.