Ini 9 Alasan Kamu Sulit Cari Teman di Lingkungan Baru

0 1.561

Cari teman di lingkungan baru, mungkin tidak mudah bagi sebagian orang.

Pernahkah kamu mengalami ketika berada di lingkungan yang benar-benar baru, kamu kesulitan cari teman yang juga baru? Semua serba baru bagimu, tempat, pergaulan, cerita, kondisi lingkungan, suasana, dll. Terkadang, bagi orang yang susah untuk beradaptasi, lingkungan baru ini bagai mimpi buruk yang datang. Rasanya ingin kembali ke lingkungan lama yang sudah akrab dengan kita.

Memang, menghadapi lingkungan yang baru, ada beberapa tipe orang. Ada yang termasuk mudah bergaul dan cari teman baru, tetapi butuh proses dan gak instan. Ada tipe orang yang mudah cari teman baru dan gak butuh proses (1 hari udah punya banyak teman). Ada juga yang sangat lama cari teman baru dan gak mudah bergaul, nih biasanya tipe orang yang penyendiri.

Kalau kamu sendiri tipe yang mana? Kalau kamu tipe 1 dan 2, kamu gak menghadapi masalah yang berarti ketika harus berpindah-pindah tempat di lingkungkan baru. Tetapi kalau kamu tipe orang yang ketiga, gak mudah bergaul dan susah cari teman baru, sebaiknya kamu mulai melihat kembali dirimu sendiri. Kenapa kamu susah bergaul dengan lingkungan yang baru. Mungkin saja, 9 alasan berikut ini yang membuatmu menjadi orang yang susah bergaul di lingkungan yang baru. Apa saja?

#9 Kamu tuh tipe Introvert

Sumber Gambar: youthministry360.com
Sumber Gambar: youthministry360.com

Apaan tuh introvert? Ada yang tahu? Introvert itu sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Kamu tuh lebih senang hidup sendiri di tengah kebisingan pergaulan. Nah, kalo kamu punya karakter kayak gini, memang susah cari teman baru. Jangankan di lingkungan baru, di lingkungan lama pun kamu agak susah punya teman. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memahami tipe orang seperti ini. Perlu pendekatan sosial yang sedikit berbeda ketika menghadapi tipe introvert.

#8 Bisa jadi kamu pemalu

Sumber Gambar: www.kawankumagz.com
Sumber Gambar: www.kawankumagz.com

Berbeda dengan introvert, kalau tipe pemalu, bisa jadi kamu orangnya tuh terbuka (extrovert), senang berteman, cuma ketika harus menghadapi lingkungan baru, kamu agak kesulitan bersosialisasi, karena kamu malu. Malu untuk memulai pembicaraan, malu untuk berkenalan, malu untuk bercerita tentang dirimu.

#7 Tipe gak bisa basa basi

Sumber Gambar: www.provoke-online.com
Sumber Gambar: www.provoke-online.com

Di lingkungan sosial kita, budaya basa basi itu memang seringkali digunakan. Ngobrolin sesuatu yang sebenarnya gak penting-penting amat, itu bisa jadi awal seseorang diterima di lingkungan atau komunitas baru. Kalau kamu tipe orang yang gak bisa basa basi, bisa jadi kamu susah mendapatkan teman baru. Terkecuali, orang-orang di lingkungan kamu itu punya tipe yang sama dengan dirimu, gak bisa basa basi. Kloplah itu.

#6 Bukan tipe yang bisa bercanda

Sumber Gambar: adamauliaaziz.wordpress.com
Sumber Gambar: adamauliaaziz.wordpress.com

Percaya gak percaya, orang yang suka humor, suka bikin becandaan yang gak garing, biasanya dengan mudah diterima di lingkungan baru. Kalau kamu bukan tipe yang suka bercanda, serius terus, orang lain akan kesulitan untuk mengakrabkan denganmu. Bisa jadi, mereka pun akan ketakutan karena mukamu serius terus. Cari teman baru itu butuh suasana yang santai, akrab, penuh senyum, so, sedikit tersenyum dan bercanda lah.

#5 Punya kebiasaan / sifat yang berbeda

Sumber Gambar: www.benuailmu.com
Sumber Gambar: www.benuailmu.com

Nah, kalo yang satu ini lebih ke arah kesamaan sifat / karakter yang kamu miliki dengan teman di lingkungan baru. Kalau kamu tuh punya kebiasaan nyemil, biasanya cepet akrab dengan orang suka nyemil juga. Suka ngupil, biasanya deket ma orang yang terbiasa jorok juga hehe. Tapi, kalau berbeda kebiasaan, susah nyambung tuh.

#4 Kamu punya perbedaan hobi

Sumber Gambar: angelin20.wordpress.com
Sumber Gambar: angelin20.wordpress.com

Hampir mirip dengan sebelumnya, cuma kalau yang satu ini lebih ke arah hobi. Kalau kamu suka shopping, biasanya gampang bergaul dengan orang yang suka belanja juga. Kamu suka jalan-jalan, pasti langsung klop dengan orang yang hobi travelling. Beda hobi, mungkin menjadi penghalangmu untuk bisa cari teman di lingkungan baru.

#3 Tipe emosi tingkat tinggi

Sumber Gambar: www.pendidikankarakter.com
Sumber Gambar: www.pendidikankarakter.com

Nah, kalau yang satu ini, biasanya memang banyak orang yang males untuk ngedeketin. Gimana mau deket, kalau dikit-dikit esmosi, dikit-dikit dibawa marah. Bukannya ngajak kenalan, malah mau ngajak berantem. Pokoknya, tipe orang yang emosinya gak terkontrol, pasti susah dapat teman baru.

#2 Tampang culun / freak

Sumber Gambar: doeryikhwan.wordpress.com
Sumber Gambar: doeryikhwan.wordpress.com

Kalau yang satu ini lebih ke arah penampilan sih.. Penampilan yang culun ternyata memiliki pengaruh terhadap penerimaan seseorang di lingkungan baru. Penampilan culun bisa jadi gak keren atau terlihat sangat pintar sekali atau sebaliknya bodoh. Biasanya, lingkungan sosial agak menghindari juga orang-orang yang punya tingkah laku yang freak (aneh / di luar kebiasaan).

#1 Kamu tuh Maho atau Bencong

Sumber Gambar: kxmadagascar.blogspot.com
Sumber Gambar: kxmadagascar.blogspot.com

Lah,,kalau yang satu ini biasanya banyak orang yang pasti menghindar ketika lingkungan sosialmu tahu jika kamu hombreng / maho / bencong. Lingkungan sosial mungkin agak kurang bisa menerima kalau kamu tuh seorang yang homo, apalagi di awal-awal sosialisasi. Tetapi, ada beberapa komunitas sosial yang bisa menerima keadaanmu.

Loading...