Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Tumis Cumi Asin Cabe Ijo. Gurih, Pedas, Mantap Dah!

0 105

Buat kamu yang suka dengan kuliner seafood, khususnya cumi, maka masakan yang satu ini bisa bikin ngiler lho. Mau coba bikin sendiri masakan berbahan cumi? Ini resep tumis cumi asin cabe ijo.

Ada banyak aneka masakan berbahan cumi yang bisa dicoba, salah satunya kuliner satu ini. Rasa cumi asin yang gurih dengan bumbu cabe hijau yang bikin lidah gak berhenti mengunyah.

Tertarik untuk mempraktekkan sendiri masakan tumis cumi asin ini? Berikut bahan dan bumbu yang perlu disiapkan.

  • Cabai hijau besar diiris serong, 4 buah
  • Cumi asin, 1½ ons
  • Tomat hijau dipotong menjadi 8 bagian, 4 buah
  • Garam, secukupnya
  • Bawang merah diiris tipis, 7 siung
  • Saus tiram, 1 sendok makan
  • Bawang putih diiris tipis, 3 siung
  • Kecap manis, 1 sendok teh

Sudah siap dengan semua bahan bumbu di atas? Maka, kita siap untuk mengolah resep tumis cumi asin cabe ijo ini. Berikut langkah-langkah membuatnya:

Langkah pertama, kamu cuci hingga bersih terlebih dahulu cumi asinnya. Lalu, rebus cumi tersebut selama 5-10 menit. Angkat, dan buang air rebusan cumi.

Gantilah air rebusan dengan air yang baru. Kemudian, rebus kembali selama 5 menit atau daging cumi asin tersebut menjadi lunak. Angkat cumi dan tiriskan. Potong bulat-bulat cumi dan sisihkan terlebih dahulu.

Langkah berikutnya, tumislah bawang putih dan bawang merah sampai mengeluarkan aroma wangi. Kamu masukkan tomat hijau dan cabai hijau ke dalam tumisan tersebut. Tumislah hingga menjadi layu. Tambahkan garam secukupnya. Aduk-aduk sampai merata.

Selanjutnya, cumi yang sudah terpotong-potong tadi dimasukkan ke dalam tumisan. Aduk-aduk kembali sampai merata. Tambahkan saus tiram dan kecap manis. Tumisan diaduk kembali sampai semua bumbu merata ke masakan dan matang.

Cicipilah masakan tersebut, jika ada rasa yang masih kurang pas, tambahkan bumbu penyedap. Jika sudah pas, angkat.

Resep tumis cumi asin cabe ijo yang gurih, pedas, dan nikmat sudah siap untuk dihidangkan. Sangat cocok jika disajikan bersama dengan nasi hangat.

Gak terlalu sulit kan resep tumis cumi asin cabe ijo di atas? Kamu bisa membuatnya langsung di dapur rumahmu. Selamat memasak!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.