Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ini Alasan Mengapa Oli Pada Sepeda Motor Harus Diganti Secara Teratur

0 645

Sepeda motor tak bisa dipungkiri menjadi salah satu moda transportasi yang diandalkan setiap harinya. Pemakaian yang setiap hari tersebut, terkadang membuat kita lupa untuk merawatnya, termasuk mengganti oli. Mengapa oli pada sepeda motor harus diganti secara teratur? Ini alasan pentingnya!

Sebagai moda transportasi favorit bagi banyak kalangan, terutama di daerah perkotaan yang padat dan sibuk, sepeda motor dapat diandalkan karena jarak tempuh dan waktu bisa dipangkas lebih banyak daripada menggunakan mobil.

Jika kamu salah satu pengendara sepeda motor harian, tentu ingin performa sepeda motormu tersebut tetap baik, bukan? Tetapi, terkadang keinginan tersebut hanya angan-angan karena kita sering terlupa untuk memperhatikan aspek perawatannya.

Bahkan, ada banyak pengendara yang beranalogi bahwa “jika belum sakit, ya gak perlu diobati”. Atau, jika belum dirasakan tidak enak, ya gak perlu dirawat lah. Ini sebenarnya analogi yang kurang tepat.

Sama seperti manusia, kendaraan bermotor juga membutuhkan perawatan. Perawatan paling sederhana yang bisa dilakukan sebenarnya mengganti oli motor tersebut secara rutin. Inilah salah satu alasan penting mengapa oli pada sepeda motor harus diganti secara teratur.

Kita tidak harus menunggu adanya tanda-tanda motor kita rusak bukan? Penggantian oli dapat dilakukan setiap 2 ribu kilometer atau setiap 2-3 bulan sekali. Yang jelas, penggantian oli ini tidak sama untuk setiap pengendara motor.

Hal ini sangat bergantung pada berapa jarak yang ditempuh. Semakin jauh jaraknya, maka penggantian perlu dilakukan lebih singkat. Setiap tipe sepeda motor juga memiliki standar yang berbeda kapan harus diganti. Biasanya, sudah tercantum dalam buku panduan pengguna.

Apakah kita bisa mengecek volume oli pada mesin motor sendiri?

Bisa kok. Mudah saja. Tinggal menggunakan deepstick yang merupakan penutup oli pada mesin motor itu sendiri. Jika dicek oli kurang dari batas normal, maka sebaiknya dilakukan penggantian oli.

Jika kamu baru mengganti oli mesin tetapi volumenya sudah berkurang, maka ini perlu dicek lebih mendalam. Bisa jadi, oli mesin sepeda motormu bocor.

mengapa oli pada sepeda motor harus diganti secara teratur
Deepstick untuk mengecek volume oli motor. Gambar: www.otomatifnet.com

Selain menggunakan deepstick, kamu juga bisa menggunakan perasaanmu tentang kapan oli mesin harus diganti. Maksudnya, jika kamu sudah merasakan tidak nyaman saat mengendarai motor, seperti suara mesin kasar / berisik, oper gigi keras, tarikan tidak bertenaga, atau mesin cepat panas. Itu tanda-tanda oli motormu harus diganti.

Apa alasan lainnya mengapa oli pada sepeda motor harus diganti secara teratur?

Oli itu merupakan peluman yang memiliki fungsi untuk melindungi komponen dalam mesin agar tidak cepat aus di saat bergesekan. Selain itu, oli mesin juga berfungsi untuk mendinginkan mesin dan mengoptimalkan kinerja mesin sepeda motor.

Beberapa fungsi lain dari oli sepeda motor, seperti:

  • Untuk meredam suara bising dan getaran karena benturan antara batang piston, poros engkol, dan piston
  • Untuk merapatkan celah antara silinder dengan piston
  • Bermanfaat untuk membersihkan kotoran karena gesekan antar komponen mesin motor
  • Dan, sebagai pelapis anti karat untuk logam agar terhindar dari kontak langsung dengan air atau udara

Nah, sekarang kamu jadi tahu bukan mengapa oli pada sepeda motor harus diganti secara teratur? Karena begitu penting untuk menjaga performa mesin sepeda motormu agar tetap terjaga.

Oh ya, disarankan juga untuk tidak terlalu sering mengganti jenis / merek / tipe oli mesin sepeda motor. Karena setiap tipe oli memiliki kriteria dan karakter yang berbeda-beda. Sebaiknya, menggunakan oli yang sudah menjadi standar dari motormu.

Kamu bisa menanyakan langsung tentang hal ini kepada mekanik saat ada di bengkel mengenail oli apa yang cocok untuk motormu. Yang pasti, jangan pernah menggunakan oli abal-abal (palsu), meskipun harganya jauh lebih murah. Bisa jadi itu adalah oli bekas yang didaur ulang. Selamat merawat sepeda motormu!

Referensi: www.ridergalau.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.