Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ingin Tahu Cara Jualan Online Hingga Sukses? Ikuti Tips ini

0 62

Punya semangat buat jualan online? Kenapa gak! Sudah banyak kisah sukses para pemilik online shop. Tetapi, gimana ya cara jualan online biar bisa sukses? Apa yang harus dilakukan?

Sama seperti membangun bisnis offline, mendirikan bisnis online pun butuh dedikasi tinggi agar bisa sukses. Dan tak hanya dedikasi, tetapi juga butuh strategi matang dalam menerapkan banyak hal dalam bisnis online tersebut.

Para pemilik bisnis online / toko online yang berhasil pun, butuh proses yang panjang dalam mencapai puncak sukses bisnisnya tersebut.

Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti jejak para pebisnis online, berikut langkah-langkah cara jualan online agar sukses.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat toko online yang menjadi salah satu senjata dalam cara jualan online agar sukses.

Di toko online yang kamu bangun, kamu harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini:

1. Penjual (seller) menunjukan barang jualannya ke netizen / calon pelanggan. Untuk menunjukkan produk jualan tersebut, penjual membuat katalog, berupa foto produk, kode, harga, dan ketentuan tentang produk yang dijualnya.

2. Setelah kamu memiliki produk untuk dijual dan ready untuk dipasarkan, cara jualan online selanjutnya adalah dengan membangun pondasi digital.

Apa yang diperlukan? Ini daftarnya!

  • Sebuah situs / website toko online
  • Akun Instagram untuk bisnis onlinemu
  • Halaman Facebook bisnis kamu
  • Marketplace untuk toko onlinemu
  • Email, nomer HP, Pin BBM, Whatsapp, dan Line
  • Rekening bank yang sudah ready untuk keperluan bisnismu, transfer online dan cek saldo online
  • Akun Youtube untuk toko / bisnis online kamu

Membangun website toko online sebaiknya direncanakan dengan matang. Apa yang harus direncanakan? Yaitu konten, artikel, halaman tentang kami, kontak, faq, flow proses ordernya, live chatnya, dan lain sebagainya.

Setelah urusan website toko online selesai, strategi / cara jualan online agar sukses selanjutnya adalah dengan menempatkan tautan (link) sosial media di web tersebut.

Tahapan lebih lanjut adalah dengan memperbarui (update) rutin, sebaiknya harian atau bisa mingguan, di akun Instagram yang telah dibuat.

Rajin dan kreatif dalam membuat hashtag, pintar dalam mencari real follower, bukan bot yang banyak ditawarkan.

Tips / cara jualan online hingga sukses
Tips / cara jualan online hingga sukses

Jika urusan tetek bengek Instagram telah tuntas, maka cara jualan online agar sukses selanjutnya adalah dengan membangun konten dan mengatur Halaman Facebook bisnis onlinemu.

Untuk halaman Facebook yang baru dibangun, juga butuh dedikasi penuh. Bangun konten secara rutin, diisi dengan konten yang menarik, agar mendapatkan likes dari calon pelanggan bisnis onlinemu.

Sebaiknya tidak juga menggunakan bot untuk mendapatkan likes secara cepat. Karena, bot biasanya bukan real human dan pasif akun.

Langkah selanjutnya, cara jualan online biar sukses adalah dengan membuat akun di beberapa marketplace yang telah tersedia secara gratis seperti Bukalapak, Tokopedia, Kaskus, OLX, Elevania, dan lain sebagainya.

Semua barang dagangan / produk milikmu harus juga diupload ke akun-akun marketplace tersebut.

3. Meng-handle para pelanggan

Jika langkah kedua sudah beres, kemungkinan besar pesanan / order akan mulai berdatangan. Bisa order melalui BBM, Line, WA, email.

Ataupun order di halaman Facebook, akun Instagram yang juga mendapatkan respon. Beberapa calon pelanggan pasti akan banyak bertanya tentang produk / barang yang kamu jual.

Jika di halaman FB, kamu tuliskan keterangan lengkap produkmu agar meminimalkan pertanyaan agar tidak terlalu banyak.

Calon pelanggan ini nantinya akan tersaring menjadi pelanggan yang membeli produk, atau sekedar ingin mencari info saja.

Ada beberapa pelanggan yang perlu ditindaklanjuti (follow up) apakah jadi order atau tidak. Follow up ini berperan besar dalam mengkonversi menjadi penjualan.

Selain itu, ingat pula Whatsapp, BBM, SMS yang masuk, serta dari email juga. Setiap ada komunikasi yang masuk, itu merupakan peluang besar terjadinya penjualan.

Setiap tanya jawab, komunikasi, orderan, dengan calon pelanggan semua harus direspon dengan emosi yang positif, ramah, cepat dan tepat.

4. Lanjut ke Proses Order

Langkah lanjutan cara jualan online adalah mengelola proses order dengan baik. Proses order setelah transaksi terjadi, harus cepat dan tepat dan ada kesan yang baik dalam packing pengiriman.

Ini merupakan pertaruhan dari brand toko online milik kamu di setiap pengiriman ke pihak kurir. Pastikan agar bentuk paket tidak rusak, karena tergencet-gencet di ekspedisi.

Cek mutasi transfer, minta alamat, lalu approve order as paid. Ambil barangnya, sortir, lalu packing, dan tempel alamat yang sudah dicetak.

Cetak alamat pengiriman sebaiknya mencantumkan logo dan profil bisnis online milikmu.

5. Proses Pengiriman

Tunggu dengan sabar dan selalu berdoa, agar tidak terjadi sesuatu yang buruk seperti paket rusak, nyasar, terjadi delay pengiriman, pembeli tidak ada di tempat saat diantar kurir, dan lain sebagainya.

================================

Itu tadi beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai cara jualan online milikmu menjadi sukses.

Selain itu, ada beberapa poin yang juga WAJIB dipertimbangkan agar bisnis online menjadi lebih sukses.

1. Perlu beberapa sumber daya manusia yang mengerjakan beberapa jobdesk terlebih jika orderan sudah semakin banyak.

Mulai pekerjakan karyawan agar stress dan overload pekerjaan tidak terjadi. Kamu perlahan harus memiliki sistem kerja yang efisien dalam manajemen bisnis online.

2. Sebisa mungkin, lakukan otomatisasi dari setiap pekerjaan di bisnis online kamu. Ini agar pekerjaan bisa lebih cepat dan efisien.

3. Kesampingkan dan minimalkan BAPER dalam meng-handle pelanggan.

4. Diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam merespons netizen-netizen yang akan jadi calon pembeli kamu.

5. Jaga hubungan baik ke semua pelanggan dan suplier.

6. Cerdas dalam manajemen waktu dan buat sistem shift siang dan malam, karena seringkali transaksi terjadi di tengah malam.

7. Fokuskan 100% perhatian dan dedikasimu ke lapak sendiri. Jangan urusin lapak orang lain.

8. Terus update dengan berbagai hal terbaru, gaya marketing terbaru, dan terus perbaiki blindspot dari bisnis online kamu.

9. Jangan mudah terbawa arus / angin. Misalkan, sedang laris produk A, kamu jualan A, beda waktu jualan produk B, kamu jualan B, sementara produk A kamu tutup. Stay focus!

10. Usahakan memiliki backup koneksi internet. Ini untuk menghindari apabila koneksi internet utama mati, dan berpotensi mengecewakan pelanggan.

11. Tetap aktif dalam ber-sosmed.

12. Modal, jumlah pelanggan, jumlah barang, jumlah penjualan akan berkembang dengan sendirinya jika kamu fokus dalam menjalankan bisnis online milikmu, dan tak mudah terbawa arus.

13. Atur tingkat stress agar dapat terus perform lebih baik dan lebih baik lagi.

14. Miliki semangat yang positif agar bisa menular ke semua partner / SDM di sekitar kamu.

15. Kamu bisa berjualan produk apapun, snack / cemilan, makanan kering, fashion, olahraga, game, otomotif, toys, dan lain sebagainya.

Semua pebisnis online pada awalnya sepi dan suram. Tetapi, karena faktor di atas dijalani dengan baik dan akhirnya mereka cukup menguasai bidangnya. Itulah proses mencapai titik puncak kesuksesan bisnis online milikmu.

Strategi / cara jualan online seperti apa yang bisa kamu lakukan agar mencapai kesuksesan? Berbagai dengan yang lainnya yuk..!

Referensi Cara Jualan Online Agar Sukses:

www.webhostmu.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.