Doyan Semangka? Ini 5 Tips Memilih Semangka Terbaik

0 201

Siapa yang gak doyan buah semangka… Buah segar, manis, cocok untuk jus ataupun dibuat salad. Tapi… Sebelum beli buah semangka, kenali dulu tips memilih semangka terbaik agar kesegarannya lebih terasa.

Di pasaran, banyak beredar buah-buahan, termasuk semangka, yang terkadang memiliki kualitas yang kurang baik. Bisa jadi, buah semangka yang kita akan beli di dalamnya busuk, rasanya yang kurang enak, ataupun masih mentah.

Daripada nyesel sudah beli semangka, tapi gak sesuai harapan kita, lebih baik baca terlebih dahulu tips memilih semangka berikut ini.

Tips #1:

Dalam memilih semangka, harap perhatikan dengan spot kuning yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di bawah ini.

Spot kuning, adalah tempat di mana semangka menempel di tanah. Semangka matang memiliki spot kuning krem atau bahkan oranye-kuning krem, bukan putih.

Jadi, harap perhatikan dengan baik spot kuning ini, jika ingin mendapatkan semangka dengan kualitas yang terbaik.

Tips memilih semangka terbaik, biar gak nyesel!
Tips memilih semangka terbaik, biar gak nyesel!

Tips #2:

Dari sekian banyak buah semangka yang beredar di pasaran untuk dijual, ada beberapa semangka yang memiliki ciri-ciri berikut di kulitnya.

Carilah tanda bekas coklat menyerupai jaring. Tanda ini terjadi karena lebah berkali-kali menyentuh bagian penyerbukan bunga pada saat pembuahan.

Semakin banyak penyerbukan, buah akan semakin manis.

tips memilih semangka terbaik 2Tips #3:

Eh, ternyata semangka ada jenis kelaminnya lho, ada yang laki-laki, ada yang perempuan. Siapa yang membedakan jenis kelamin tersebut?

Ternyata petani yang membedakan semangka berdasarkan gender. Misalnya, semangka laki-laki lebih besar, memiliki bentuk memanjang dan rasa berair.

Sedangkan semangka perempuan memiliki bentuk bulat dan sangat manis.

tips memilih semangka terbaik 3Tips #4:

Hampir sebagian besar dari kita, jika ada buah semangka dengan ukuran besar, kita akan lebih memilihnya daripada yang kecil.

Nah, sebaiknya tidak pilih semangka berdasarkan ukuran terbesar atau terkecil. Lebih disarankan memilih yang berukuran rata-rata.

Yang perlu diperhatikan, baik besar atau kecil, semangka seharusnya memiliki berat sesuai ukurannya. Misalnya jika besar, tentu harus lebih berat.

tips memilih semangka terbaik 4Tips #5:

Tips terakhir dalam memilih buah yang satu ini adalah dengan memeriksa tangkai/ekornya. Tangkai yang kering menunjukkan bahwa semangka sudah matang.

Jika tangkai berwarna hijau, kemungkinan semangka dipanen terlalu cepat dan tidak akan matang.

tips memilih semangka terbaik 5

Punya tips memilih semangka terbaik lainnya? Mari berbagi disini…

Sumber:

www.brightside.me

Loading...