Jenis Jerawat Apa yang Nempel di Wajah Kamu?

0 310

Masalah jerawat memang salah satu masalah yang sedikit menjengkelkan bagi sebagian besar cewek. Jerawat sebenarnya adalah masalah kulit yang terbilang normal, tetapi ya gitu, cukup mengganggu. Apakah kamu salah satu yang memiliki masalah kulit ini? Tahu gak sih jenis jerawat apa yang “nempel” di muka kamu?

Mengapa kita perlu mengetahui jenis jerawat apa yang biasanya dimiliki atau nempel di muka kita? Dengan mengetahui jenis-jenisnya, kita akan mudah mencari cara mengatasi jerawat yang membandel. Karena tidak semua tipe jerawat diatasi dengan cara yang sama.

Berikut ini beberapa jenis jerawat yang umumnya terjadi pada setiap orang. Simak yuk!

  • Whitehead (Komedo Tertutup)

Ini salah satu jenis jerawat yang biasanya muncul di wajah kita. Whitehead yang memiliki mata putih itu merupakan komedo yang tertutup. Muncul di bawah permukaan kulit saat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, kotoran atau lemak.

Bentuk jerawat ini kecil, bulat, serta berwarna putih karena whitehead (komedo tertutup) masih dilapisi oleh kulit.

  • Blackhead (Komedo Terbuka)

Masih sejenis dengan yang sebelumnya, tetapi yang membedakan adalah kondisinya terbuka. Blackheads merupakan komedo yang ada karena penyumbatan pori-pori.

jenis jerawat dan cara mengatasinya
Jenis-jenis jerawat yang biasanya ada di wajah.

Yang membedakan dengan whitehead, jenis komedo ini terbuka dan terekspos udara dengan bebas. Karena terbuka tersebut, menjadi penyebab oksidasi minyak dan warna komedo berubah menjadi hitam.

  • Papule (Jerawat Papula)

Jerawat jenis ini merupakan dampak lebih jauh dari kedua jenis jerawat sebelumnya. Saat blackhead atau whitehead mengalami iritasi, ini akan menyebabkan pembengkakan dan jerawat memerah sehingga menjadi papula / papule.

Jerawat papule yang membengkak akan terasa nyeri jika tersentuh walaupun di dalamnya tidak berisikan nanah.

  • Pustule (Jerawat Pustula)

Jerawat tipe ini tidak jauh berbeda dengan jerawat papula. Sedikit yang membedakan adalah dalamnya berisikan nanah. Ukuran jerawat pustule / pustula umumnya lebih besar dan terasa perih.

Sebaiknya, jerawat pustula tidak disentuh hingga whitehead muncul.

  • Nodule (Jerawat Kista atau Nodul)

Untuk kamu yang di wajahnya dipenuhi jerawat keras dan ukurannya lumayan besar, memiliki warna merah dan susah untuk hilang, maka kondisi kulit wajahmu berada di kondisi yang cukup parah.

Kondisi ini disebut sebagai jerawat bintil / batu. Tipe jerawat kering yang sebenarnya kondisi kerusakannya sudah lumayan parah karena merambat jauh ke dalam lapisan kulit. Sedangkan untuk jerawat kista, yang membedakan adalah di dalamnya berisi nanah.

Itulah beberapa tipe / jenis jerawat yang biasanya muncul di permukaan wajah kita. Termasuk mana jerawat yang kamu miliki?

Referensi Tambahan: www.wajahjerawat.com

Loading...