Tips Kesehatan: Rendam Mentimun, Minum dan Rasakan Keajaibannya!

0 2.724

Banyak cara untuk menuju sehat, salah satunya dengan tips kesehatan berikut ini. Mengkonsumsi rendaman air mentimun.

Siapa yang tak kenal dengan mentimun, anak-anak sampai orang tua pun pasti sesekali pernah mengkonsumsinya. Mentimun banyak dikonsumsi sebagai lalapan saat makan atau camilan setelah makan. Banyak juga yang mengolah mentimun untuk berbagai keperluan kecantikan wanita, seperti masker wajah.

Kamu pun bisa menemukan mentimun di warung, pasar, toko tradisional dekat rumahmu. Selain banyak ditemukan, harga mentimun juga sangat terjangkau. Banyak orang tidak menyadari bahwa mentimun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berbagai penyakit ringan maupun berat dapat dicegah dengan mentimun. Tapi bagaimana cara memaksimalkan manfaat mentimun untuk kesehatan? Tips kesehatan berikut ini akan mengulas sisi lain dari mentimun yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Mentimun selain berperan menyegarkan tubuh, juga bisa melindungi dirimu dari kekurangan gizi dan berbagai macam penyakit. Bagaimana caranya? Dengan mengkonsumsi rendaman air mentimun. Simak tips kesehatan tentang langkah-langkah membuat rendaman air mentimun yang benar.

tips kesehatan
Rendaman air mentimun bermanfaat bagi kesehatan

Langkah-Langkah Membuat Rendaman Air Mentimun:

  1. Pilih mentimun yang segar secukupnya, jangan yang sudah layu
  2. Cuci bersih mentimun tersebut
  3. Iris mentimun dalam potongan-potongan agak besar
  4. Potongan mentimun yang sudah diiris tersebut kemudian dimasukkan ke dalam gelas air minum
  5. Isi gelas tersebut dengan air mineral hingga seluruh mentimun terendam
  6. Biarkan rendaman air mentimun tersebut, atau simpan di dalam kulkas selama 12 jam
  7. Setelah 12 jam, kemudian mulai minum rendaman air mentimun tersebut secara rutin tiap hari dan rasakan keajaiban yang terjadi dalam tubuh kamu

Rendaman air mentimun tersebut merupakan salah satu trend dalam tips kesehatan saat ini. Proses merendam buah dalam air minum disebut dengan infused water. Tidak hanya mentimun, buah seperti jeruk, apel, dll pun sangat bagus untuk kesehatan. Air mentimun selain berperan membuat tubuh menjadi lebih segar, juga menjaga tubuh tetap fit. Mentimun yang kaya akan vitamin K, C, B, kalium, antioksidan, tembaga, dan mangan akan membantu menjaga tubuh kamu. Apa saja manfaat air mentimun bagi tubuh kita?

#1 Air mentimun membantu memperkuat imunitas (sistem kekebalan tubuh)

Tips kesehatan pertama adalah manfaat air mentimun bagi imunitas. Vitamin yang banyak terkandung dalam air mentimun seperti vitamin B kompleks dan vitamin C sangat berperan penting dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Jika imunitas meningkat, maka kamu akan terlindungi dari serangan penyakit. Vitamin C dalam air mentimun juga membantu meningkatkan proses penyembuhan dan menjaga tubuh tetap bugar.

#2 Kolesterol Jahat? Pergi seketika dengan air mentimun

Manfaat selanjutnya air mentimu bagi kesehatan adalah membantu mengurangi kolesterol jahat yang ada di tubuh. Kandungan sterol yang ada dalam air mentimun sebagai tentara yang menghancurkan kolesterol jahat. Jika kolesterol jahat bisa dikurangi, maka kamu akan terhindar dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Selain itu, air mentimun juga membantu mengurangi pembuluh darah yang kaku sehingga aliran darah lebih lancar.

#3 Air mentimun sangat bagus untuk kesehatan tulang dan otot

Tips kesehatan selanjutnya adalah manfaat mentimun bagi tulang dan otot. Ternyata, mentimun berfungsi memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh kandungan silika dalam mentimun yang penting untuk pengembangan jaringan ikat sehingga tulang dan otot kamu tetap kuat.

#4 Tips kesehatan selanjutnya, efek detoksifikasi

Apa itu detoksifikasi? Yakni proses pembersihan racun-racun yang ada dalam tubuh kita. Nah, air mentimun ternyata juga mempunyai efek detoksifikasi dengan membersihkan semua racun-racun yang ada dalam tubuhmu. Ini juga termasuk membersihkan hati dan menghapus semua metabolit. Air mentimun benar-benar membantu organ-organ tubuh kamu untuk bekerja lebih efektif.

Segera coba tips kesehatan ini!
Segera coba tips kesehatan ini!

#5 Membantu Melawan Kanker

Tingginya kadar antioksidan seperti pinoresinol dan sebagainya hadir pada air mentimun untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghapus radikal bebas dari tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

#6 Membuat ginjal sehat

Mentimun mengurangi kadar asam urat dari tubuh Anda yang bertanggung jawab untuk menyebabkan asam urat. Selain itu, Air mentimun menghilangkan kreatinin, asam urat dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di ginjal.

#7 Menghilangkan bau mulut

Bau mulut disebabkan oleh bakteri hadir di mulut Anda. Mentimun mempunyai phytochemcials yang bisa membunuh bakteri di mulut Anda. Dengan demikian, mulut Anda akan tetap segar sepanjang hari.

#8 Melindungi Otak

Substansi anti-inflamasi, fisetin ada pada mentimun yang berperan meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan. Air mentimun juga dapat mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

#9 Baik Untuk Kulit dan Rambut

Antioksidan hadir dalam mentimun yang tercuci dalam air menjaga kulit kamu untuk tetap bersinar dan selalu segar. Silikon dan sulfur dalam mentimun juga dapat mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat.

Itu tips kesehatan tentang manfaat mengkonsumsi air mentimun. Jangan lupa untuk mencobanya ya. Minumlah air mentimun secara rutin setiap hari di pagi atau sore hari. Dan rasakan keajaiban, kesehatan tubuh kita akan semakin meningkat, tubuh menjadi lebih fresh, fit, dan terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Loading...