Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ingin TV Awet? Ikuti 6 Tips Merawat Televisi ini

0 211

Pasti Anda tidak ingin televisi yang menjadi teman hiburan di rumah, mudah rusak bukan? Ternyata, kebiasaan kita sehari-hari dapat membantu memperpanjang usia televisi atau bahkan sebaliknya. Agar awet simak beberapa tips merawat televisi berikut ini.

Penggunaan televisi sehari-hari sudah menjadi gaya hidup setiap orang. Televisi sebagai media termurah, bahkan gratis, menjadi teman bagi banyak orang untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Walaupun terkesan penting, seringkali pemiliknya acuh tak acuh tentang bagaimana menggunakan televisi dengan baik dan benar. Serbuan televisi-televisi baru dengan harga murah menambah ketidakpedulian untuk memeliharanya dengan baik.

Akibatnya, televisi seringkali tidak berusia panjang dan mudah rusak. Dengan memahami cara merawatnya, minimal Anda bisa menghemat biaya pengeluaran jika terjadi kerusakan.

Bagi Anda yang memiliki televisi di rumah, simak yuk tips merawat televisi ini agar tidak mudah rusak dan tetap awet.

6 Tips Merawat Televisi Agar Awet, diantaranya:

#1 Memposisikan TV di bidang datar

Ini salah satu tips pertama yang bisa dilakukan untuk merawat televisi Anda. Jika Anda memiliki televisi, khususnya televisi LED / LCD, alangkah baiknya untuk meletakkan televisi tersebut pada bidang datar.

Posisi TV yang diletakkan di bidang yang tidak datar, berpotensi akan membuat TV tersebut komponennya mengalami kerusakan, terutama TV LED / LCD.

#2 Hindarkan dari Sinar Matahari

Langkah nyata berikutnya yang bisa dilakukan agar TV Anda di rumah lebih awet dan berumur panjang, jauhkan dari sinar matahari.

Televisi Anda akan terlihat kusam jika sering terpapar cahaya matahari langsung. Panas cahaya matahari juga dapat berpotensi merusak komponen-komponen televisi. Sebaiknya meletakkan TV pada tempat yang tepat dengan suhu ruangan yang normal.

#3 Hindarkan dari Smartphone

Tindakan ini seringkali kita lakukan dengan meletakkan smartphone di dekat TV. Sebenarnya, ada kerugian dengan meletakkan smartphone di dekat TV Anda.

Gelombang sinyal pada smartphone dapat mengganggu kinerja televisi. Alangkah baiknya, jika jauhkan handphone dari perangkat TV Anda.

#4 Rutin Membersihkan TV

Mungkin saja hanya segelintir orang yang rutin membersihkan perangkat televisinya. Padahal, dengan membersihkan televisi Anda, selain dapat membuatnya terlihat lebih kinclong, juga membantu memperpanjang usianya.

Jika hendak membersihkan TV, sebaiknya gunakan pembersih optik yang banyak dijual di pasaran.

#5 Meletakkan di Ruangan yang Sejuk

Seperti yang telah disebutkan pada poin kedua, agar komponen-komponen televisi berusia panjang, khususnya panel LED TV, sebaiknya letakkan TV di tempat yang sejuk.

Televisi yang diletakkan pada suhu ruangan yang panas, bisa membuat komponen di dalamnya lebih panas. Penggunaan pendingin ruangan (AC) dapat mendukung TV berada di kondisi yang nyaman.

#6 Matikan TV jika Tidak Ditonton

Memang beragam hiburan tersedia di televisi Anda selama 24 jam. Tetapi, tak bijak rasanya membiarkan televisi tetap menyala walaupun sedang tidak ditonton.

Selain akan membuat pengeluaran listrik lebih boros, membiarkan televisi tetap menyala lebih lama bisa memperpendek usianya. Apabila Anda menonton TV pada malam hari, gunakan fitur auto OFF / Timer agar televisi mati saat Anda sedang tertidur.

Nah, itulah setidaknya beberapa tips sederhana untuk membuat televisi Anda lebih awet dan tidak mudah rusak. Mulai sayangi perangkat elektronik di rumah Anda, dengan merawatnya lebih baik.

Baca Lebih Lanjut Tips dan Trik Seputar Teknologi di Jatik.com

Referensi Tambahan: www.masputz.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.