Gimana ya Caranya biar Bisa Bangun Tengah Malam? Ini Tips Sederhananya

0 419

Kamu pusing sering nggak bisa bangun tengah malem? Mulai susah tuk sholat tengah malem, sahur buat puasa hingga nonton siaran langsung pertandingan bola? Banyak kok yang ngalamin, termasuk Jatikers mungkin. Nah Jatik mo ngasih tips supaya lo bisa tepat waktu! gimana caranya? Neeh tipsnya!

Sebelum Tidur, Berdoa dan Niat untuk Bangun Tengah Malam

doa

Doa terkabul dalam http://burdahmiftahussalamah.com/berita-8-ibrahim-bin-adham–sebab–sebab-doa-tak-terkabul.html

Semua aktivitas di awali dengan niat yang baik. Begitupun ketika kamu punya keinginan untuk bangun tengah malam, apalagi dengan tujuan ‘tuk ibadah sholat malam. Maka sebelum tidur, berdoalah dan niatkan untuk bangun tengah malam. Meskipun kamu nanti tidak bisa bangun tengah malam, minimal niatmu sudah mendapatkan nilai dari Allah.

Apapun Aktivitasmu, Usahakan ‘tuk Tidur Lebih Awal

tidur

Sumber Gambar: http://www.iberita.com/34701/cara-tidur-yang-sehat-ala-rasulullah-saw

Banyak yang melakukan aktivitas biasanya abis maghrib menjelang isya. Usahain habis sholat isya atau setelah makan malam (ya minimal 1 jam setelah makan), kamu harus tidur! Itu salah satu cara supaya lo dapat bangun tengah malam. Apapun aktivitasnya, kamu harus stop dan tidur!

Usahakan jangan Makan Malam sampai Kenyang Banget

3-hidangan

Sumber Gambar: https://dherdian.wordpress.com/2014/11/29/makan-malam-di-manokwari/

Makan malam memang ada pengaruh dengan aktivitas tidur kita. Semakin kita makan malam dengan porsi yang mengenyangkan, maka biasanya semakin nyenyak lah tidur kita. Usahakan makan malam dengan porsi yang cukup aja, so mungkin kamu bisa kebangun tengah malem karena kelaperan heehe. Menu makan malam sebaiknya jangan banyak yang mengandung karbohidrat, ganti aja dengan buah-buahan yang akan membuatmu fresh ketika terbangun malam dan bantu nurunin berat badan klo kamu lagi program diet.

Sebelum Tidur, Minum Air dengan Porsi Lebih Banyak

minum-air

Sumber Gambar: http://obat-alami.com/minum-air-putihminta-ampun-pentingnya.html

Kenapa harus minum air lebih banyak? Ini dilakukan biar kamu bisa kebelet pipis ketika tidur. Biasanya dengan meminum air lebih banyak dari biasanya, potensi untuk kebelet pipis lebih besar. Nah, kamu bisa bangun deh tengah malem buat ke toilet. (Kecuali kamu pakai popok ya eheh)

Pasang Alarm di Deket Telingamu

Man reaching for alarm clock

Sumber Gambar : http://www.huffingtonpost.com/2013/08/18/snooze-button-worst-invention-video_n_3748790.html

Usahain kamu punya alarm lebih dari satu! apa aja. Mo hape, jam, yang penting setel deh. Suara yang berisik dijamin bisa bikin mata melek dalam sekejap. Jangan lupa pasang alarm di deket telingamu.

Setel Auto Wake Up di Televisi atau Komputermu

lg-flat

Sumber Gambar: https://pdwsays.wordpress.com/2013/03/27/televisi/

Kalo kamu ada TV atau komputer di kamar, kamu bisa pasang setting auto wake up di program mereka. Atur jam komputer atau TV tersebut sesuai dengan waktu ‘tuk kamu bangun tengah malam. Jangan lupa volume TV atau komputer diatur agar terdengar olehmu. Niscaya kamu akan terbantu bangun tengah malam.

Minta Bantuan Teman atau Anggota Keluargamu

membangunkan_teman

Sumber Gambar: https://kaliyogaproject.wordpress.com/

Jika di dalam satu rumah kamu ada lebih dari 1 anggota keluarga, mintalah bantuan ke anggota keluargamu lainnya yang terbiasa terbangun tengah malam, bisa ibu, ayah, kakak, suami/istri dll. Jika kamu anak kos, minta bantuan teman kos di sebelah kamarmu yang terbiasa bangun tengah malam.

Gimana? gampah toh? Tips mana yang biasa kamu pakai? moga-moga tips dari Jatik bisa bermanfaat buat pembaca. Kamu punya tips lainnya? Berbagi yuk dengan kami. Salam jatikers! :)

Loading...