Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Tips Harian ini Dianggap Sepele, Tetapi Sebenarnya PENTING

Dari sekedar mengecas handphone, membuang tusuk sate, dan masih banyak hal yang kita anggap sepele tetapi sebenarnya sangat penting dalam kehidupan kita.

0 47

Ada banyak hal dalam hidup kita sehari-hari yang dianggap sepele, tetapi dampaknya justru sangat besar, bagi Anda sendiri, orang lain, atau kehidupan di sekitar kita. Salah satunya sepuluh tips harian yang dianggap sepele ini, tetapi sebenarnya sangat penting. Apa saja?

Aktivitas sehari-hari kita tentu tak lepas dari beberapa hal sederhana seperti menge-charge handphone, berpakaian, mengonsumsi makanan, dan banyak hal lainnya. Dari hal-hal sederhana tersebut, terkadang kita sepelekan karena dianggap tidak memiliki dampak buruk apa pun.

Ternyata, ada beberapa hal yang kita anggap sepele, tetapi jika salah dalam menerapkannya dapat berpotensi bahaya bagi kehidupan diri kita sendiri, orang lain, atau di sekitar kita. Sebelumnya, kami telah menuliskan beberapa tips sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat.

Berikut setidaknya 10 tips harian yang awalnya dianggap sepele, tetapi sebenarnya begitu penting.

#1 Tips charge HP

Meng-charge handphone pasti dilakukan setiap saat. Era saat ini tak bisa dilepaskan dari kehadiran handphone dalam aktivitas sehari-hari. Tetapi, ada kebiasaan yang kurang pas ketika mengisi daya hape tersebut. Biasanya, sesaat setelah men-charge handphone, chargeran dibiarkan begitu saja tetap nyolok di listrik.

Jika chargeran tersebut masih belum terlepas dari colokan listrik, otomatis masih dapat menghantarkan listrik. Ini yang berpotensi berbahaya bagi orang lain, terutama anak kecil. Ada kejadian anak kecil meninggal tersetrum karena mengemut ujung chargeran yang masih menggantung di colokan listrik. Waspadalah bagi siapapun, terlebih lagi jika di rumahnya terdapat banyak anak-anak.

#2 Tusuk sate

Tips harian berikutnya ditujukan bagi Anda yang gemar mengonsumsi kuliner seperti sate. Biasakan untuk mematahkan sedikit ujung tusuk sate sebelum dikonsumsi atau pun ketika akan dibuang.

Kenapa? Ada banyak kejadian orang yang tidak sengaja menginjak tusukan sate tersebut ketika dibuang sembarangan di jalan. Tusukan sate bisa menyebabkan seseorang dioperasi apabila tertembus di bagian kakinya.

#3 Tips untuk anak

Makanan yang diberikan kepada anak kecil, perlu diwaspadai. Ini karena anak kecil belum memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana mengonsumsi makanan yang benar. Salah satunya ketika ingin memberikan buah rambutan.

Pisahkan biji rambutan dengan dagingnya sebelum diberikan kepada anak kecil. Tak jauh berbeda dengan permen. Ada baiknya untuk membelahnya menjadi 2 bagian terlebih dahulu sebelum diberikan kepada mereka.

Bulatan permen atau rambutan terkadang memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran tenggorokan anak kecil. Seringkali terjadi kasus karena kebiasaan yang dianggap sepele ini menewaskan anak kecil karena mereka keselek rambutan.

Pernah terjadi juga pada balita yang hampir meregang nyawa karena kehabisan nafas ketika mengonsumsi permen.

#4 Mengonsumsi makanan bungkusan

Tips harian yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bagi Anda yang gemar mengonsumsi nasi bungkus, gado-gado yang dibungkus, atau makanan bungkusan lainnya. Perhatikan ujung bungkusan tersebut apakah disteples atau diikat dengan karet.

Apabila disteples, harap berhati-hati. Bisa jadi steples kecil dan tajam terkadang tidak sengaja masuk ke makanan dan tertelan oleh kita. Bisa bayangkan steples tersebut mengendap di usus. Tentunya, Anda tidak mau bukan?

#5 Membuang serpihan kaca

Ada hal sepele yang seringkali dilakukan saat membuang serpihan kaca. Kita begitu saja membuang serpihan tersebut di tempat sampah. Sebaiknya, kebiasaan ini perlu diubah.

Sebelum membuang serpihan kaca, sebaiknya dibungkus terlebih dahulu. Bungkusan tersebut kemudian dilakban dan diberikan tulisan “Awas Kaca!”. Terdengarnya memang kurang kerjaan sih. Tetapi, ini bisa menyelamatkan banyak orang dari kejadian tertancap serpihan tersebut.

#6 Tips bagi wanita yang berhijab

Buat ibu-ibu atau mbak-mbak yang mengenakan hijab syar’i yang panjang, sebaiknya memperhatikan tips harian ini. Perhatikan dengan baik ujung hijab atau pun rok ketika hendak naik motor atau dibonceng.

Ujung kain yang menjuntai ke bawah, jika dibiarkan begitu saja dapat membawa malapetaka. Ada banyak kejadian, wanita yang mengenakan hijab panjang / rok, ujungnya masuk ke jari-jari motor dan terlilit hingga jatuh dari kendaraan.

#7 Memeriksa bawah mobil sebelum dikendarai

Ini tips harian yang sebaiknya tidak diselepekan begitu saja. Sebelum Anda mengendarai mobil, sebaiknya cek di bawah kolong kendaraan Anda. Biasanya, ada kucing yang sedang tertidur di bawah kolong tersebut.

Kucing mencari tempat yang hangat untuk berteduh, terlebih lagi di kondisi cuaca yang tidak menentu. Kasihan kan apabila kucing tersebut terlindas ban mobil Anda?

#8 Tidak menerima panggilan telepon ketika mengisi bahan bakar

Banyak terjadi kasus kebakaran di pom bensin karena perilaku dari orang-orang yang menganggap sepele hal ini. Hindari untuk menerima telepon saat mengisi bahan bakar di SPBU. Kebakaran dapat terjadi karena dipicu oleh radiasi telepon merambat ke bahan bakar.

#9 Membasuh kaki / tangan sebelum mandi

Sepertinya sepele ya. Tetapi, sebenarnya sangat penting bagi keselamatan jiwa Anda. Biasakan sesaat sebelum mandi untuk membasuh kaki / tangan terlebih dahulu sebagai bentuk beradaptasi dengan air.

Seringkali terjadi orang jatuh saat di kamar mandi karena terserang stroke tiba-tiba. Patut diduga ini disebabkan oleh kebiasaan menyiram air langsung di kepala saat mandi. Terlebih lagi, jika Anda merasa tubuh kurang sehat. Suhu air yang dingin berpotensi mempersempit hingga menyumbat aliran darah ke otak. Inilah yang menjadi penyebab stroke.

#10 Membersihkan mouse dan keyboard dengan rutin

Apabila Anda setiap hari rutin beraktivitas di depan komputer, maka tips harian ini WAJIB dilakukan. Bersihkan secara rutin mouse dan keyboard Anda menggunakan tisu basah atau tisu anti bakteri. Penelitian menyebutkan bahwa jumlah bakteri yang ada di keyboard / mouse jauh lebih banyak daripada bakteri di kloset.

Hal ini sangat wajar karena logikanya adalah kloset dibersihkan setiap hari. Sementara itu, mouse / keyboard sangat jarang untuk dibersihkan. Inilah yang menjadi salah satu penyebab datangnya penyakit muntaber.

=============

Itulah kesepuluh tips harian yang tentunya sangat berguna bagi kehidupan Anda. Jangan sepelekan ya! Tips bermanfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari, bisa dibaca disini.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.