Jatik.com
to Inspire. be Social.

Jangan Sepelekan! Ini 6 Fungsi Lakban untuk Pertolongan Pertama

0 187

Seringkali seseorang mengalami luka seperti luka memar atau patah tulang. Keduanya memerlukan tindakan cepat untuk penanganannya. Akan tetapi, terkadang dihadapkan pada kondisi keterbatasan yang akhirnya tak bisa mengatasi luka tersebut dengan sigap. Anda bisa menggunakan benda di sekitar, salah satunya lakban. Inilah 6 fungsi lakban untuk pertolongan pertama pada korban.

Ya benar, lakban bisa dijadikan alternatif sebagai pendukung pertolongan pertama pada korban yang mengalami luka. Sebenarnya, lakban memiliki alternatif fungsi untuk banyak hal.

Berikut ini beberapa fungsi lakban untuk pertolongan pertama.

#1 Berfungsi sebagai perban

Ini salah satu fungsi pengganti utama dari lakban yang sangat bermanfaat. Ya, lakban dapat berperan menggantikan perban, seperti handsaplast. Lakban tersebut dapat dililitkan dengan kasa di sekitar luka korban.

Gak perlu cari-cari handsplast lagi, bukan? Cukup gunakan lakban untuk menutup luka.

#2 Penyangga keseleo

Apakah Anda atau orang-orang di sekitar mengalami keseleo? Gak perlu khawatir dan bingung. Anda bisa menggunakan lakban untuk membantu. Caranya lilitkan lakban pada bagian tubuh yang mengalami keseleo dengan posisi yang tepat. Lalu, tempelkan ujung lakban di bagian tubuh yang dapat menopangnya.

Keseleo tak perlu harus menggunakan kain jika dalam kondisi darurat.

#3 Penstabil tulang

Manfaat lainnya dari lakban adalah untuk menstabilkan tulang. Caranya adalah ambil sebuah penyangga, misalkan kayu yang ukurannya sesuai. Kemudian, lilitkan dengan menggunakan lakban sebagai support-nya.

#4 Menyangga patah tulang

Fungsi lakban untuk pertolongan pertama juga dapat digunakan sebagai penyangga patah tulang. Caranya terbilang sederhana. Cukup lipat selotip (lakban) pada bagian tengah sampai tak ada lagi sisi yang lengket.

Kemudian, ikatkan pita di sekitar tubuh untuk tali penahan tulang yang patah tersebut.

#5 Menghentikan darah dan bisa

Anda baru terkena bisa ular? Ada darah yang banyak keluar? Jangan panik dulu. Lakban dapat membantu Anda untuk sementara waktu.

Caranya, bungkuslah bagian luka tersebut dengan menggunakan lakban dalam rangka menghentikan keluarnya darah tersebut. Jangan lupa untuk mensterilkan lakban terlebih dahulu dan gunakan bagian yang bersih. Terkhusus untuk pencegahan bisa ular agar tidak menyebar, ikat bagian tubuh yang terkena bisa tersebut menggunakan lakban.

#6 Menangkal serangga

Jika Anda senang berpetualang, maka seringkali ada bahaya “kecil” yang mengancam, seperti serangga yang menyerang bagian tubuh kita. Untuk menangkalnya, lilitkan lakban di sekitar celana untuk menjauhkan serangga-serangga berbahaya, seperti lintah dan ular.

Itulah beberapa fungsi alternatif lakban untuk pertolongan pertama. Ternyata lakban sangat bermanfaat jika kita bisa memaksimalkannya, salah satunya juga bisa digunakan sebagai tandu untuk menolong korban. Caranya dengan merangkaikan lakban pada kedua kayu.

Pastinya, masih banyak lagi manfaat lakban yang bukan hanya untuk pertolongan pertama, tetapi di berbagai aktivitas keseharian kita.

Baca Referensi: Cara Memberikan Pertolongan Pertama tanpa Plester atau Perban

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.