Jatik.com
to Inspire. be Social.

6 Cara Makan-Makan Gaul Tanpa Boros di Jakarta

0 215

Suka makan-makan di tempat gaul bareng teman-teman di Jakarta tapi berujung patah hati melihat isi dompet sendiri atau saldo yang berkurang setelahnya? Kamu nggak perlu lagi mengalami itu lho! Saatnya berubah dengan mempraktikkan 6 cara mudah untuk makan-makan gaul tanpa boros.

1. Makan di food court, bukan restoran

Nggak cuma memiliki pilihan makanan yang lebih bervariasi, salah satu kelebihan makan di food court dibandingkan dengan restoran juga makanannya yang biasanya lebih murah dibandingkan restoran.

Harga yang lebih murah ini nggak berarti kualitas makanannya lebih jelek juga lho, malah nggak jarang makanan di food court bisa lebih enak daripada makanan yang ditawarkan di restoran.

Makan di food court nggak keren? Justru menurut ahli kuliner Kevindra Soemantri (dikutip dari suara.com), saat ini sedang muncul tren makan di food court di kalangan anak muda Jakarta lho.

Ini karena food court memiliki lebih banyak pilihan makanan di satu tempat sehingga kamu nggak perlu buang-buang waktu pindah-pindah restoran – cukup nongkrong di satu tempat dan coba banyak makanan.

Food court sekarang juga semakin instagrammable lho dengan dekor dan desain yang unik dan bagus untuk ditampilkan di feed atau stories kamu

2. Saling coba makanan dengan teman-teman

Ini merupakan salah satu cara paling efisien dan ramah dompet untuk kamu yang pengen coba berbagai jenis makanan tapi nggak kuat menghabiskan satu porsi penuh.

Ajak teman-temanmu untuk pergi makan bareng dan pesan menu makanan yang berbeda-beda. Lalu, coba sedikit dari setiap menu makanan yang kalian pesan.

Jangan lupa pastikan teman-teman kalian setuju untuk saling berbagi makanan dan minta izin dulu sebelum comot makanan mereka.

3. Baca review sebelum makan

Pernah makan di restoran yang biayanya lumayan mahal dan ternyata makanannya nggak enak atau nggak sesuai dengan selera kamu? Rasanya seperti sudah capek-capek PDKT dan ternyata di-PHP kan?

Nah, supaya kamu terhindar dari sakit hati seperti itu, jangan lupa untuk cek ulasan restoran, café ataupun outlet di food court yang kamu tuju sebelum kamu berkunjung untuk makan di sana.

Dengan cek review dulu, kamu bisa tau jenis makanan yang disajikan, rasanya, pengalaman makan di tempat tersebut, apakah tempatnya instagrammable, harganya dan bagaimana pelayanannya.

Saat ini ada banyak situs review yang bisa kamu cek untuk tahu bagaimana rasa makanan ataupun pelayanan di tempat makan tujuanmu. Kamu juga bisa cek review dari blogger makanan atau foodie influencer favoritmu di media sosial sebelum pergi makan di suatu tempat.

Cara mudahnya adalah cari lokasi tempat makan tujuanmu atau akun mereka di media sosial seperti Instagram dan cek foto-foto atau video dengan tag tempat makan tersebut – biasanya pada caption atau bagian komentarnya ada pembahasan tentang kualitas makanan atau pengalaman makan di lokasi itu.

4. Makan ringan dulu sebelum pergi makan

Hah? Makan dulu sebelum makan? Udah kenyang dong saat pergi makan nanti? Tunggu dulu! Ini bukan berarti kamu harus makan sampai kenyang sebelum pergi makan, tapi cukup makan sedikit snack supaya perut kamu nggak terlalu kosong sebelum kamu makan di luar.

Nggak hanya membuat kamu bisa memilih makanan yang lebih murah dengan porsi lebih sedikit saat makan di luar, dengan makan sedikit snack lebih dulu, kamu bisa berpikir lebih jernih saat memesan makanan dan hanya memilih makanan yang ingin kamu coba atau kamu butuhkan saja.

Hal ini karena otak kita cenderung lebih nggak rasional dan kalap kalau berbelanja ketika lapar, termasuk saat memesan makanan. Snack yang kamu makan juga nggak perlu banyak-banyak kok – cukup sedikit saja untuk mengganjal perut supaya nggak terlalu lapar.

5. Teliti sebelum bilang “iya”

Pernah kaget saat membayar di restoran karena harga makanan yang harus kamu bayar lebih mahal dari yang kamu kira?

Biasanya tanpa kamu sadari, kamu mengiyakan tawaran daripelayan di restoran untuk menambah ekstra pada makanan yang kamu sebenarnya nggak terlalu perlukan dan ternyata menyebabkan harga makanannya lebih mahal. Misalnya, menambah saus atau nasi atau side dish.

Biasanya, di menu tertulis biaya yang dikenakan untuk setiap tambahan ini di bagian bawah halaman atau belakang dan kamu harus teliti membacanya.

Jadi, sebelum mengiyakan tawaran tambahan makanan atau minuman dari pelayan di restoran, baca dulu baik-baik menu restoran itu dan hitung dengan hati-hati biaya total yang kira-kira akan kamu keluarkan kalau bilang “iya.”

6. Gunakan aplikasi yang membantu kamu mendapatkan promo

Saat ini banyak aplikasi yang bisa kamu download di smartphone dan membantu kamu mendapatkan promo di berbagai restoran, café ataupun outlet makanan di Jakarta.

Aplikasi ini biasanya mengharuskan kamu untuk bertransaksi menggunakan aplikasi tersebut saja untuk mendapatkan promonya. Jadi, nggak perlu bingung dengan banyak syarat dan ketentuan. Selain itu, biasanya aplikasi ini juga memudahkan kamu menemukan promo terbaik di sekitarmu.

Salah satunya adalah aplikasi Cashbac yang memberikan instant cashback setiap bertransaksi dengan kartu kredit/kartu debit/e-wallet kamu. Dengan aplikasi seperti Cashbac, kamu jadi nggak perlu repot lagi mencari promo untuk lebih hemat ketika makan di luar.

Jadi, makan-makan di tempat yang gaul itu nggak harus boros. Kamu bisa menghemat biayanya dengan cara yang mudah juga. Cara mana nih yang mau kamu coba dulu? Selamat mencoba dan selamat makan!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.