5 Keluhan “Aneh” Khas Orang Indonesia, Mungkin Kita Juga Melakukannya

0 204

Bro Sis, pastinya kita tak jarang mengeluarkan keluhan-keluhan jika ada masalah yang dihadapi. Bisa dalam lingkungan keluarga, sosial masyarakat, kantor, kampus, dll.

Anehnya, seringnya kita mengeluh, tidak diimbangi dengan kesadaran diri kita bahwa sebenarnya beberapa masalah tersebut, kita juga punya andil yang besar.

Ngeluh ini itu, banyak kritik sana-sini, eh, perilaku kita justru membuat masalah tidak pernah selesai, malah justru semakin bertambah besar.

Ada banyak sekali keluhan-keluhan yang menjadi ciri khas kita sebagai masyarakat Indonesia. Beberapa diantaranya:

#1 Ngeluh macet tapi pake kendaraan pribadi terus

Iya gak sih..?? Kita terlalu sering mengeluh jalanan kota macet ini itu. Tetapi, mungkin belum tersadar, bahwa apa yang kita lakukan justru adalah bagian dari masalah itu sendiri.

Rutinitas sehari-hari kita saat pergi ke kantor, kampus, sekolah, mengendarai kendaraan pribadi. Lalu, apakah keluhan soal macet itu adalah bagian dari solusi atau masalah itu sendiri? Sangat aneh bukan!

Sudah sepatutnya, kita juga ikut andil dalam bagian dari sebuah solusi. Macet tak akan pernah usai masalahnya, jika masing-masing individu terus egois dengan dirinya sendiri.

Sering mengeluarkan keluhan karena macet, tetapi selalu pakai kendaraan sendiri
Sering mengeluarkan keluhan karena macet, tetapi selalu pakai kendaraan sendiri

Mungkin, kalaupun tidak total setiap saat bisa menggunakan kendaraan umum, buatlah jadwal-jadwal khusus, kita melepaskan kendaraan pribadi dan naik kendaraan umum.

#2 Ngeluh banjir, tapi buang sampah sembarangan terus

Siapa hayooo yang sering seperti ini?

Tiap musim penghujan, selalu banjir datang, dan kita pun mengeluh dan mengkritik pemerintah habis-habisan karena gak sanggup menangani banjir.

Memang, pembuat kebijakan pencegahan banjir secara menyeluruh ada di pemerintah. Tetapi, gak akan ada gunanya kalau kita gak ikut berperan untuk mencegahnya.

Apalagi dengan santainya, kita membuang sampah sembarangan, di lingkungan rumah, kantor, sekolah, dll.

So, jadi bagian dalam solusi pencegahan banjir dengan hal yang paling sederhana, gak buang sampah sembarangan, bukan sekedar hanya bisa mengeluh.

#3 Ngeluh internet lemot, tapi pengennya beli paket yang murah terus

Gak salah sih.. Sebagai konsumen tentu kita ingin harga yang termurah untuk paket internet. Tetapi, perlu diingat. Harga berbanding lurus dengan kualitas yang didapatkan.

Kalau ingin internet jaringannya gak lelet, coba cari provider yang bisa menyediakan jaringan cepat, mungkin dengan harga yang lebih mahal.

Kalau kita membandingkan dengan kualitas internet di beberapa negara, seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, ya tentu belum sebanding. Negara-negara tersebut memiliki infrastruktur jaringan internet yang sudah canggih.

Menjadi konsumen juga harus bijak ya..

#4 Ngeluh harga sering naik, tapi hobi banget belanja

Keluhan ini sering keluar saat pemerintah mengeluarkan kebijakan naiknya harga BBM. Wajar sekali jika kita mengeluh karena biasanya diiringi dengan naiknya harga-harga kebutuhan pokok lainnya.

Gak hanya itu, harga-harga barang lainnya juga ikut solidaritas untuk naik. Tetapi, anehnya nih ya.. Meskipun harga-harga tersebut seringkali naik, tidak terlalu menyurutkan hobi sebagian besar orang untuk terus berbelanja ini itu.

Bahkan, belanja tersebut bisa jadi kita tidak terlalu membutuhkannya. Bener-bener lucu ya..

#5 Ngeluh tentang hukum / aturan, tapi selalu cari celah untuk melanggar

Siapa nih yang seringkali mengeluarkan keluhan banyaknya aturan ini itu, hukum ini itu, dan hobinya mencari celah ‘tuk melanggar?

Sebagian dari kita pasti sering melakukannya. Aturan kan dibuat untuk dilanggar. Begitu katanya..

Apalagi jika terkait dengan aturan / hukum berlalu lintas.. Wah-wah..! Sudah terlalu sering kita melanggarnya, gak pake helm, gak punya SIM, melanggar marka jalan, dll.

Nah, itu beberapa “keanehan” kita sebagai masyarakat Indonesia, seringkali mengeluh tentang banyak hal, tetapi tidak tersadar, kita juga bagian darinya.

Keluhan aneh apalagi ya yang menjadi ciri khas kita masyarakat Indonesia??

Referensi: Qalam.net

Loading...