Jatik.com
to Inspire. be Social.

Khasiat Microgreens, Si Mungil yang Bikin Tubuh Sehat

0 70

Dalam makanan empat sehat lima sempurna, sayuran memegang andil penting untuk kelengkapan gizi. Untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik, direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran. Salah satu jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan adalah microgreens. Ternyata, khasiat microgreens ini sungguh besar lho walaupun bentuknya mungil. Apa saja ya manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Kandungan nutrisi di dalam sayuran sangatlah lengkap. Vitamin, mineral, dan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh ada di sayuran. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran secara rutin setiap hari.

Jika kita mengenal sayuran yang sudah umum, seperti bayam, kangkung, selada, dan lainnya, microgreens mungkin belum terlalu familiar bagi kita. Jenis sayuran ini masih memiliki ikatan satu keluarga dengan lobak ungu.

Di dunia masak-memasak, jenis sayuran ini banyak digunakan sebagai taburan atau hiasan untuk masakan. Pada umumnya, microgreens dipanen pada saat masih berumur muda.

Ciri-ciri yang dapat dikenali dari microgreens adalah bentuk ukurannya yang kecil dibandingkan dengan sayuran jenis lainnya. Bentuk kecil tidak berarti khasiatnya sedikit. Justru, khasiat microgreens bagi kesehatan sangat besar. Di dalam sayuran microgreens ini terkandung vitamin, nutrisi, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tak ada salahnya apabila menambahkan sayuran microgreens ke dalam menu sehari-hari.

Seperti dilansir dalam situs Boldsky, beberapa kandungan dan khasiat microgreens tampak dari uraian berikut:

#1 Microgreens memiliki kandungan yang kaya nutrisi seperti magnesium, zat besi, kalium, dan juga tembaga.

#2 Di dalam microgreens terkandung lebih banyak konsentrasi polifenol dan juga antioksidan lainnya yang membantu tubuh dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas.

#3 Ada banyak varietas sayuran microgreens. Beberapa diantaranya memiliki kandungan vitamin K, vitamin C, dan beta-karoten.

#4 Di dalam sayuran microgreens terdapat sejumlah senyawa tanaman yang memiliki andil besar terhadap kesehatan tubuh manusia.

#5 Kandungan antioksidan yang terdapat di microgreens membantu mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh. Hal ini tentunya berperan dalam membantu tubuh untuk melawan aktivitas kanker. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa pola makan / konsumsi microgreens dapat mengurangi pertumbuhan kanker di dalam tubuh.

#6 Microgreens mengandung potasium dan zink yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak manusia dan mencegah penyakit Alzheimer.

Nah, itulah beberapa kandungan zat, mineral, vitamin yang terdapat di dalam microgreens dan memiliki khasiat besar bagi kesehatan tubuh kita. Tak ada salahnya bukan mulai memasukkan microgreens sebagai menu makanan sehari-hari?

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.
Komentar