Jatik.com
to Inspire. be Social.

8 Ciri Suami Tidak Menghargai Istri. Semoga Tidak Bertemu Lelaki Seperti ini

0 884

Buat kamu yang belum menikah, kita tentu menginginkan pasangan yang terbaik. Bagi muslimah, memilih suami tentu ada kriterianya. Setidaknya, hindari nantinya mendapatkan calon suami tidak menghargai istri dengan ciri-ciri seperti ini.

Lelaki dan wanita adalah makhluk yang tak bisa terpisahkan satu dengan lainnya. Harus ada kerjasama yang baik diantara keduanya jika sudah terikat tali pernikahan.

Jika tidak ada kerjasama yang baik, tentu tidak terbentuk generasi baru yang baik pula. Sebagaimana sebuah hadits menyebutkan:

“Yang terbaik di antara kalian yaitu yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah yang terbaik terhadap istriku.” (HR. Bukhari & Muslim)

Wanita yang baik adalah wanita shalihah dan lelaki yang baik adalah yang bisa memperlakukan istrinya dengan perlakuan baik pula.

Allah itu Maha Adil dan bisa dipahami bahwa lelaki diciptakan bukan untuk menyiksa pasangannya ataupun sebaliknya.

Tetapi, seringkali kita jumpai bahwa banyak suami yang tak memperlakukan istrinya dengan baik. Hal tersebut tentu tak bisa dibenarkan apapun alasannya.

Seorang istri juga merupakan perempuan sama seperti seorang ibu atau saudara perempuan dari suami tersebut. Tetapi, banyak suami tidak menghargai istri yang telah dinikahinya.

Apa saja ciri-ciri suami tidak menghargai istri? Setidaknya ada 8 ciri berikut ini:

1. Merasa Superior

Banyak suami yang menganggap bahwa seorang laki-laki selalu yang paling “super” dan akhirnya selalu memberikan perintah kepada istrinya.

Sebagai kepala rumah tangga, memang benar ada haknya untuk mengatur rumah tangga. Tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa melekat juga kewajibannya untuk menghargai istrinya.

2. Tidak memberikan nafkah padahal memiliki kemampuan

Sebagai seorang suami, memberikan nafkah kepada istri adalah wajib hukumnya. Jika dalam kondisi pas-pasan, suami juga tetap bertanggungjawab untuk menafkahi keluarganya. Apalagi jika dalam kondisi yang lebih dari mampu.

Jika ada suami yang berada dalam kondisi mampu, tetapi tidak mau memberikan nafkah, itu adalah salah satu ciri suami tidak menghargai istri. Dan semoga kamu tidak bertemu lelaki seperti itu nantinya. Na’udzubillah.

“Hak-hak wanita atas kalian (para suami) ialah memberi nafkah, menyediakan sandang dengan cara yang baik.” (HR Abu Dawud)

3. Membanding-bandingkan istri dengan wanita lain

Salah satu ciri suami tidak menghargai istri selanjutnya yaitu suami yang senang membanding-bandingkan istrinya dengan wanita lain.

“Lihat dek, istri si fulan bisa cantik seperti itu sih, kamu kok gak”

“Dek, wanita itu keren ya, bisa menghasilkan uang tanpa harus kerja kantoran.”

Dan masih banyak contoh lainnya…

Wanita biasanya memiliki perasaan yang begitu halus dan kebiasaan suami dalam membanding-bandingkan tersebut bisa jadi menyakiti perasaannya.

Bisa jadi, seorang istri sudah berusaha keras untuk memberikan yang terbaik bagi suaminya. Jika ada kekurangan dari istri, alangkah jauh lebih baik jika memberikan masukan tanpa harus membandingkan dengan wanita lain.

4. Bersikap bodo amat

Terkadang ada suami yang bersikap bahwa dia hanya cukup mengerjakan tugasnya. Dan, masa bodoh dengan pekerjaan rumah tangga yang dilakukan istri.

Pasangan suami istri bagaikan tim yang seharusnya bisa solid. Saling memahami dan mengisi kekurangan dan kelebihan masing-masing, serta berbagai pekerjaan. Sebaiknya tidak bersikap cuek-cuek saja.

5. Tidak menjaga hati dan diri

Banyak pria walaupun sudah menikah dan memiliki pasangan sahnya, masih saja terlalu akrab dengan wanita lain. Misalkan, sering foto selfie berdua dengan wanita lain, chat yang intens dengan mesra, bahkan sampai jalan berdua bersama dengan lawan jenis.

Menjaga diri dan hati bukan hanya istri yang dituntut, tetapi juga seorang suami. Jika ada suami yang bersikap demikian, maka itu ciri suami tidak menghargai istri.

6. Lembut dengan orang lain, galak dengan istri

Ada tuh pria yang bisa lembut dengan orang lain, tetapi kalau sudah di rumah dan ketemu istrinya, bersikap galak. Ini salah satu contoh perilaku tak menghargai seorang istri.

7. Sering mengungkit kebaikan dirinya kepada istri

“Kalau aja kamu gak nikah sama aku, pasti kamu bakal merana.”

“Aku sudah kasih banyak hal ke kamu, masih aja gak mau terima kasih.”

Dan masih banyak lagi ungkapan mengungkit kebaikan-kebaikan yang sudah dilakukan. Perlu dipahami, bahwa kesuksesan seorang suami tidak terlepas dari doa seorang istri. Sebuah ungkapan menyebutkan, behind a great man, there is a great woman.

Semua rezeki yang telah diberikan Allah SWT itu hanyalah titipan karena kesempatan yang lebih diberikan oleh Allah. Setiap saat, kondisi itu pun bisa berbalik. Bisa jadi, istri nantinya jauh lebih sukses dari suami.

8. Sering bersikap kasar / KDRT

Lelaki yang sering berlaku kasar terhadap istrinya, dapat dikatakan dia adalah seorang pengecut. Sikap seperti ini akan membuat Allah murka.

Kedelapan ciri suami tidak menghargai istri di atas hanya beberapa dari sekian banyak ciri lainnya. Kelima ciri suami ini tentu bisa jadi panduan agar pernikahan langgeng.

Jika kamu saat ini belum menikah, tetap berdoalah semoga mendapatkan pasangan yang terbaik suatu saat nanti. Wanita yang baik akan mendapatkan laki-laki yang baik pula.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.