Jatik.com
to Inspire. be Social.

9 Cara Menghilangkan Noda Membandel. Kamu Perlu Tahu Nih!

0 5.009

Kamu seringkali berurusan dengan noda membandel seperti noda tinta, noda minyak, dan lain sebagainya? Nah, ada cara menghilangkan noda membandel tersebut lho.

Noda membandel terkadang bikin kita jengkel, karena gak bisa hilang begitu saja ketika sudah menempel di baju / pakaian. Apalagi kalau itu pakaian kesayangan kamu, pasti jengkelnya berkali-kali lipat bukan?

Sudah mencoba mencucinya dengan sabun cuci, tapi gak hilang juga. Ada caranya gak sih?

Jangan khawatir, kalau kamu sudah mentok sana-sini susah buat menghilangkan noda-noda membandel di pakaian, berikut ini 9 cara menghilangkan noda membandel yang bisa dijadikan alternatif. Yuk disimak!

1. Cara Menghilangkan Noda Tinta

Baju seragam atau pakaian favoritmu terkena noda tinta bolpoin? Biasanya sih pakai sabun cuci biasa memang belum cukup buat menghilangkan noda tinta yang menempel di baju.

Lalu, apa solusi alternatifnya?

Mudah saja. Kamu siapkan cairan Aseton, cairan yang biasa digunakan untuk membersikan kuku. Lalu, pakaian / baju / celana yang terkena noda tinta tersebut direndam dalam air yang sudah dicampurkan cairan Aseton tersebut.

Rendam selama kurang lebih 30 menit. Lalu, bagian baju yang terkena tinta dikucek-kucek sebentar. Niscaya, noda membandel dari tinta akan menghilang. Silahkan mencobanya!

Baju terkena noda tinta? Tenang saja. Ini cara menghilangkan noda tinta tersebut.
Baju terkena noda tinta? Tenang saja. Ini cara menghilangkan noda tinta tersebut.

2. Menghilangkan Noda Kunyit

Kalau noda yang satu ini biasanya sering nempel di pakaian para wanita / ibu yang selalu masak di dapur setiap hari. Dan, biasanya akan sering terkena noda dari bumbu dapur, salah satunya kunyit berwarna kuning tersebut.

Apakah noda kunyit tersebut akan hilang? Mungkin bisa menggunakan sabun cuci. Tetapi, terkadang masih meninggalkan bekas.

Kalau masih berbekas warna kuning, kamu bisa mencoba alternatif yang satu ini. Siapkan cuka dan jeruk nipis. Campurkan perasan jeruk nipis dan cuka tersebut.

Lalu, cairan pembersih noda ini dioleskan pada noda kunyit yang menempel secara perlahan-lahan. Usahakan jangan sampai melebar.

Lebih efektif jika dilakukan segera setelah terkena noda kunyit tersebut.

Salah satu cara untuk menghilangkan noda kunyit yang menempel.
Salah satu cara untuk menghilangkan noda kunyit yang menempel.

3. Tips Menghilangkan Noda Darah Menstruasi

Bagi kaum wanita, noda darah menstruasi biasanya akan meninggalkan bekas di pakaian dalam dan terkadang susah untuk dihilangkan. Jika tak mempan menggunakan sabun cuci biasa, kamu bisa mencoba cara alternatif ini.

Siapkan bahan baking soda dan garam. Berikutnya, campurkan kedua bahan tersebut dalam wadah dan tambahkan air.

Rendam pakaian dalam yang terkena noda darah menstruasi dengan bahan pembersih alternatif tersebut selama kurang lebih setengah jam. Lalu, cuci seperti biasa.

Tips menghilangkan noda darah menstruasi
Tips menghilangkan noda darah menstruasi

4. Cara Menghilangkan Noda Bintik Hitam

Kesel gak sih kalau di pakaian kita ada noda bintik-bintik hitam? Biasanya sih penyebabnya karena jamur. Sudah berusaha keras dicuci dengan sabun cuci, tapi gak hilang-hilang juga.

Sudah saatnya kamu mencoba membersihkannya dengan cairan alternatif ini.

Siapkan bahan Citrid Acid (sitrun) atau biasa disebut juga garam asam. Bahan ini bisa dibeli toko bahan kue. Lalu, campurkan Citrid Acid ini dengan air hangat.

Rendam pakaian bersama dengan campuran air hangat dan sitrun tersebut hingga dingin. Kucek-kucek pada bagian yang terkena noda bintik hitam. Niscaya noda bintik akan hilang.

Tips menghilangkan noda bintik hitam di pakaian karena jamur
Tips menghilangkan noda bintik hitam di pakaian karena jamur

5. Cara Menghilangkan Noda Karat

Tips selanjutnya adalah menghilangkan noda karena karat besi. Biasanya sih, sering nempel di baju para pria. Kalau dengan cuci biasa gak mempan, saatnya mencoba dengan alternatif campuran berikut.

Teteskan bagian baju / celana yang terkena noda karat dengan bahan campuran cuka dengan garam. Lalu, cuci seperti biasa.

Cara menghilangkan noda karat pada pakaian
Cara menghilangkan noda karat pada pakaian

6. Menghilangkan Noda Minyak

Salah satu noda yang juga seringkali bandel ketika dicuci, adalah noda minyak. Kamu bisa mencoba membersihkannya dengan cara berikut.

Taburi bedak bubuk (bedak bayi) atau tepung pada bagian pakaian yang terkena noda minyak. Lalu, diamkan selama 10-20 menit. Selanjutnya, cuci pakaian tersebut dengan air hangat. Perlahan noda minyak akan menghilang.

Cara menghilangkan noda minyak pada pakaian.
Cara menghilangkan noda minyak pada pakaian

7. Noda Lilin

Terkadang, pakaian kita juga terkena noda lilin. Cara menghilangkan noda lilin tersebut pun cukup mudah.

Kamu kerok terlebih dahulu lilin tersebut. Lalu, tempelkan kertas serap di bawah baju. Langkah berikutnya, setrika sampai lilin tersebut terserap oleh kertas serap. Mudah bukan?

Cara menghilangkan noda lilin
Cara menghilangkan noda lilin

8. Noda Getah

Kalau biasa beraktivitas di luar, terutama di kebun, biasanya pakaian akan mudah terkena getah dari pohon seperti mangga, pisang, dll.

Gimana cara menghilangkan noda getah tersebut? Sebenarnya mudah saja. Begitu pakaian kamu terkena getah, segera siram dengan air panas.

Lalu, jika masih belum hilang, maka pakaian direndam dalam air yang telah dicampurkan dengan tepung sagu. Niscaya noda getah akan menghilang.

Cara menghilangkan noda getah
Cara menghilangkan noda getah

9. Noda Luntur

Terkadang, kita sering mencuci bersamaan dengan pakaian yang mudah luntur warnanya. Dan, akibatnya lunturan warna tersebut menyerap di pakaian lainnya. Jengkel gak sih?

Jangan khawatir! Kini, kamu bisa menghilangkan noda luntur tersebut dengan cara ini. Yaitu, campurkan cuka dan air hangat.

Rendam selama kurang lebih 30 menit. Lalu, kucek-kucek pada bagian yang terkena luntur. Perlahan luntur akan menghilang.

cara-menghilangkan-noda-luntur

Kesembilan cara menghilangkan noda-noda membandel di atas, bisa kamu coba sendiri di rumah lho! Kamu punya tips lainnya? Yuk, berbagi disini.

Referensi:

www.luvizhea.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.