Jatik.com
to Inspire. be Social.

9 Jurus Ampuh Meredakan Batuk! Batuk Reda, Napas Lega

0 174

Halo sobat Jatik! Apa kabarmu hari ini? Semoga kamu dalam keadaan sehat ya.. Sob, kamu pasti pernah mengalami yang namanya batuk dalam hidupmu. Bisa batuk kering, batuk berdahak, batuk disertai flu, batuk karena komplikasi penyakit dll. Batuk sebenarnya cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari paru-paru dan saluran pernapasan. Tapi, terkadang kita pernah mengalami batuk pada saat aktivitas atau istirahat yang terus menerus sehingga sangat menjengkelkan. Bagaimana cara meredakan batuk yang menjengkelkan tersebut? Ini tipsnya!

#1 Jangan merokok mas bro!

stop_merokok

Sumber Gambar: alungcosmetik.wordpress.com

Cara pertama adalah buat kamu yang seorang perokok, berhenti merokok sekarang juga! Merokok hanya akan membuat buruk kesehatan tubuhmu dan juga orang di sekitarmu. Kalo kamu batuk terus menerus, mungkin aja asap rokok sudah memenuhi paru-parumu. Kandungan rokok tuh bisa menyebabkan iritasi pada mukosa saluran pernapasan dan justru memproduksi lendir semakin banyak. Stop merokok sekarang juga!

#2 Cara yang mudah, minum air hangat

minum-air

Ini salah satu cara termudah untuk meredakan batuk, minum segelas air hangat dengan rutin. Infeksi saluran atas, biasanya dapat menyebabkan jumlah dahak bertambah. Dahak itu sebenarnya yang menyebabkan iritasi dan penyebab batuk. Segelas air hangat itu ternyata ampuh membuat lendir menjadi lebih encer dan menjaga mukosa mulut serta saluran pernapasan tetap lembap.

#3 Coba resep tradisional, jeruk nipis plus kecap

jeruk_nipis_menghilangkan_jerawat

Ini salah satu resep obat tradisional yang sudah dilakukan turun temurun untuk meredakan batuk berdahak. Minum 1 sendok jeruk nipis plus kecap di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis berfungsi sebagai pembersih. Fungsi ekspektoran pada jeruk nipis mampu meredakan batuk berdahak.

#4 Hindari penyebab alergi dan iritasi batuk

masker_anti_batuk

Sumber Gambar: ardisfamily.wordpress.com

Batuk bisa juga disebabkan oleh faktor luar yang memancing iritasi dan alergi. Asap, debu, bau parfum, pengharum ruangan bisa jadi semakin memperparah batukmu. Sebaiknya, kamu menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan batuk kamu tersebut semakin parah. Kalo kamu tidak bisa menghindarinya, gunakan masker.

#5 Tinggikan kepala saat istirahat

posisi_tidur_yang_baik

Sumber Gambar: alimanews.blogspot.com

Jika kamu sedang istirahat atau tidur, sebaiknya jangan tidur terlentang atau tengkurap dengan posisi datar. Itu akan semakin memperparah batuk. Posisi yang baik untuk meredakan batuk adalah tidur dengan posisi kepala agak tinggi, dan miring ke kanan. Tambahkan bantal yang sudah terbebas dari debu-debu sehingga tidak memperparah batuk kamu.

#6 Minum madu secukupnya

madu_menghilangkan_jerawat

Madu ternyata juga bisa meredakan batuk lho. Kamu bisa meminumnya satu sendok madu secara rutin tiap hari. Tapi jika kamu alergi dengan rasa manis, sebaiknya kamu menghindari madu. Cara ini juga tidak disarankan untuk anak di bawah usia 1 tahun.

#7 Minum obat batuk

obat_batuk

Sumber Gambar: www.infobunda.com

Jika cara tradisional sebelumnya belum ampuh meredakan batuk, sebaiknya kamu minum obat batuk sesuai dengan kondisi batukmu. Ada 2 jenis obat batuk, yakni pertama obat batuk sebagai ekspektoran, biasanya untuk batuk berdahak. Ekspektoran berfungsi mengencerkan dan mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Yang kedua, antitusif, obat batuk ini bekerja pada kondisi batuk kering tanpa dahak. Fungsi antitusif adalah menekan refleks batuk.

#8 Istirahat yang cukup

tidur

Seringkali batuk juga disebabkan oleh tubuh yang terlalu capek karena aktivitas yang tinggi. Maka, sangat disarankan kamu kurangi aktivitasmu dan istirahatlah yang cukup. Pada saat istirahat, tubuh bekerja menghimpun kembali energi yang digunakan untuk melawan infeksi dan virus. Jangan terlalu paksakan tubuhmu jika kamu sakit.

#9 Segera periksakan ke dokter

dokter_kesehatan

Sumber Gambar: finance.detik.com

Jika kondisi batuk kamu tidak kunjung sembuh hingga lebih dari 2 minggu atau bahkan semakin parah hingga mengeluarkan darah, atau batuk yang disertai demam, nyeri, dan sesak napas, maka kamu harus segera ke dokter. Bisa jadi, batuk kamu bukan batuk biasa. Butuh penanganan yang lebih dari ahlinya.

9 tips di atas bisa kamu coba untuk dilakukan apabila mengalami gejala batuk. Jangan sepelekan batuk. Jika kamu sepelekan, bisa jadi batukmu akan semakin parah, mengganggu aktivitas, dan bisa menjadi faktor datangnya penyakit lainnya. Kalo kamu sendiri, punya tips untuk meredakan batuk?

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.