9 Cara Praktis Lupakan Mantan, Ayo Move On!

0 249

Namanya mantan memang terkadang susah banget buat dilupakan, apalagi kalau hubungan sudah berlangsung lama dan harus berakhir. Pasti sangat sulit melupakan tentang dia, momen-momen bersamanya, kenangan manisnya, tertawa bareng bersamanya, dll. Mantan merupakan salah satu bagian dalam fase kehidupan kita, mau tidak mau, suka tidak suka, pernah menghiasi pahit getirnya hidup.

Tetapi, ada kalanya, semua kenangan manis tersebut harus berakhir dengan tuntas. Ada saatnya kita harus tetap melanjutkan hidup. Ada kalanya yang nama nya mantan harus memang dilupakan. Karena kita tahu, apa yang sudah diputuskan merupakan yang terbaik bagi hidup kita dan dia. Lalu, bagaimana menghilangkan goresan-goresan momen dan kenangan bersama mantan? Terlalu indah sehingga tidak mudah untuk dilupakan. Bisa kok, dan harus bisa. Karena kita hidup bukan untuk masa lalu, tetapi untuk masa depan yang lebih baik.

Berikut ini salah satu tips praktis melupakan mantan di masa lalu, dan biar bisa tetap semangat menjalani hidup yang sekarang serta gak mengingat semua tentang dirinya lagi.

Coba deh, cara praktis ini. Semoga bisa membantu:

1. Tekadkan dalam hati untuk benar-benar melupakan dia

Semua berawal dari niat yang benar. Kalau kamu ingin melupakan mantan kamu di masa lalu, tekadkan dalam hatimu untuk ingin melupakan semua kenangan bersamanya. Tekad ini kamu harus pegang erat, jangan sampai goyah. Mulai gunakan akal sehat, minimalkan perasaan mu padanya. Masa lalu, biarkan menjadi masa lalu. Yang terpenting masa sekarang dan masa depan.

9 Cara Praktis Melupakan Mantan
9 Cara Praktis Melupakan Mantan

2. Sedekahkan semua hadiah dari sang mantan

Hadiah apapun dari dia, boneka, handphone, buku, dll, yang terkait dengan momen bersamanya, sebaiknya mulai kamu sedekahkan. Dengan kamu menyedekahkan barang-barang tersebut, ada 2 nilai plus yang didapat. Kamu mendapatkan pahala dengan bersedekah, dan barang-barang yang terkait dengan mantan tidak lagi mengganggu dirimu.

3. Hapus sms, akun Facebook, foto, BBM dengannya

Melupakan mantan jangan setengah-setengah. Harus total. Kalau setengah hati, bisa-bisa kembali lagi. Hapus semua percakapan dengannya, di media sosial, ataupun di handphone. Unfriend / block dia di media sosial. Kamu harus tegas, jangan lemah.

4. Berusaha jauhi dirinya, bukan artinya memutuskan silaturahim, tetapi untuk terapi

Yap. Tujuan kita menjauhi dirinya, bukan untuk memutuskan tali silaturahmi, tetapi memang berniat untuk terapi jiwa kita agar bisa bersih. Ada saatnya nanti, di suatu waktu, ketika semua perasaan tentangnya sudah normal, maka silaturahmi tersebut akan dijalin kembali. Mungkin, ketika nanti kamu dan dia sudah sama-sama memiliki pasangan suami / istri yang sah.

5. Sibukkan dengan hal positif, ikut kajian keislaman/mentoring islami, ikut organisasi atau aktivitas sesuai hobi dan kesukaan

Setan akan hadir dalam pikiran yang kosong. Setan akan berusaha menggodamu untuk menjalin kembali hubungan dengan mantan pacar yang sudah kamu tekadkan di awal tidak ingin terjalin kembali. Solusinya, jangan biarkan dirimu melamun terus dengan pikiran kosong. Cari kesibukan yang bermanfaat, kajian islami, beraktivitas dengan hobi-hobimu, dll.

Cara Melupakan Mantan Pacar
Cara Melupakan Mantan Pacar

6. Cari guru / sahabat yang bisa menyemangati dan mengarahkan kita untuk lebih baik

Bila tidak ingin sendirian, maka carilah sahabat atau guru yang bisa memberikan kamu semangat untuk menjalani hidup lebih baik. Sahabat / guru tersebut juga bisa mengarahkan mana yang baik, mana yang kurang baik, mana yang tidak baik untuk kamu lakukan.

7. Fokus belajar dan mandiri

Jika kamu masih berstatus mahasiswa atau pelajar, sudah saatnya kamu fokuskan untuk belajar demi membahagiakan orang tua dan masa depanmu yang lebih baik. Menghabiskan waktu untuk merenung dan bersedih, hanya akan membuat dirimu semakin terpuruk. Belajarlah untuk mandiri. Tidak hidup dengan bergantung pada orang lain. Yang dulu biasanya kamu sering minta bantuan kepada mantan pacar, saatnya kamu tunjukkan kamu bisa mandiri.

8. Salurkan cinta untuk mencintai orang tua, saudara dan sahabat

Cinta itu suci, dan salurkan kesucian cinta itu dengan cara yang benar dan orang yang tepat. Orang yang lebih utama mendapatkan cintamu sebelum kamu menikah adalah ayah ibumu. Kemudian saudara-saudaramu, dan sahabatmu.

9. Cintai Allah dengan menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya

Cara ini adalah yang cara melupakan mantan paling ampuh. Dengan mencintai Allah, kamu akan berusaha mengembalikan kesucian cinta tersebut. Mencintai Allah dengan menjalankan semua perintah-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya, tentu akan semakin memudahkan dirimu melupakan mantan dengan cepat.

Cinta itu hadir seperti sinyal. Menguat karena interaksi. Dan melemah, beriring berkurangnya komunikasi. Cobalah, dan rasakan perbedaannya!

Loading...