Guys, Baca Deh! 10 Kebiasaan Sehari-hari Kita Penyebab Diabetes

0 104

Guys, tentu kita gak mau kan masih muda sudah kena penyakit diabetes? Ternyata, tanpa kita sadari, 10 kebiasaan sehari-hari kita ini menjadi faktor penyebab diabetes lho! Apa saja?

Penyakit diabetes atau banyak dikenal dengan penyakit gula, bisa menghampiri siapapun, termasuk kita yang masih muda ini guys.

Apalagi, kalau kebiasaan sehari-hari yang kita jalani cenderung gak sehat, wah semakin mudah aja deh kita terjangkit penyakit diabetes.

Setidaknya, ada 10 kebiasaan sehari-hari kita menjadi penyebab diabetes, simak yuk!

1. Konsumsi teh manis

Buat kamu yang suka minum teh manis, jika terlalu berlebihan bisa jadi salah satu penyebab diabetes lho. Asupan gula yang terlalu tinggi, akan mengakibatkan kadar gula darah juga naik.

Selain itu, juga kelebihan kalori dan menjadi penyebab diabetes dan obesitas. Sebagai solusinya, minum air putih, jika ingin minum teh, batasi menggunakan gula tidak lebih 2 sendok per harinya. Bisa juga mengganti gula pasir dengan gula khusus diabetes.

2. Konsumsi gorengan

Aha..Ini pasti kebiasaan buat kita yang seneng nyemil. Kalau udah nyemil gorengan, 1 plastik lebih habis semua.. Bentuknya yang kecil-kecil, pasti bikin kita makan lebih dari satu.

Kalau kita mau jujur, bisa dikatakan gorengan itu gak sehat, apalagi yang dijual di pinggir jalan. Gorengan salah satu pemicu beberapa penyakit degenaratif, seperti stroke, kardiovaskular, dan diabetes melitus.

Yang menjadi faktor utama penyakit kardiovaskular adalah karena tersumbatnya pembuluh darah koroner. Juga menjadi penyebab diabetes. Bagaimana solusinya? Mau tidak mau sih mengganti cemilan kita yang lebih sehat dengan tidak mengkonsumsi gorengan.

Misalkan, cemilannya diganti dengan buah-buahan, atau kacang-kacangan.

3. Kebiasaan suka nyemil

Seperti yang telah disebutkan no.2, salah satu kebiasaan kita nyemil (ngemil) seringkali tanpa batas. Kita terkadang beranggapan bahwa makan malam atau siang bisa dibatasi dengan nyemil agar terhindar dari kegemukan dan diabetes.

Sebenarnya, tidak terlalu benar anggapan tersebut. Apalagi cemilan penggantinya adalah makanan-makanan yang mengandung hidrat arang tinggi, seperti biskuit, kue-kue manis, keripik kentang.

Makanan jenis ini tergolong makanan yang mengandung glikemik indeks tinggi, dan berperan besar dalam membuat kadar gula dalam darah naik, salah satu penyebab diabetes.

Solusinya adalah mengganti cemilan kamu dengan buah-buahan segar.

4. Kebiasaan kurang tidur

Nah, ini salah satu kebiasaan yang pasti pernah juga dilakukan oleh anak muda seperti kita, begadang. Terlalu sering begadang, maka berakibat tidak bagus juga untuk kesehatan.

Kalau tidur kita tidak berkualitas, ada gangguan pada metabolisme tubuh. Riset dari ahli menyebutkan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan kemampuan tubuh dalam proses glukosa menjadi turun drastis.

Apa artinya? Risiko terkena penyakit diabetes tinggi!

Kurangnya waktu untuk istirahat juga memicu hormon tertentu untuk meningkatkan nafsu makan. Karena terdorong rasa lapar tinggi, kita akan mengkonsumsi makanan berkalori lebih banyak sehingga kadar gula darah juga ikut-ikutan naik.

Bagaimana solusinya? Ya, mau tidak mau, kita harus disiplin menyediakan waktu untuk tidur 8 jam sehari, dan tidak kurang dari 6 jam sehari.

Untuk kamu yang menderita susah tidur (insomnia), bisa dibaca tips disini.

5. Kurangnya aktivitas / kegiatan fisik

Guys, buat kamu-kamu yang malas gerak (mager), hati-hati lho! Kamu berisiko terkena penyakit diabetes lebih tinggi.

WHO (World Health Organization) merilis bahwa kasus penyakit diabetes di negara Asia, akan terus naik sampai 90% hingga 20 tahun ke depan.

Terlebih bagi mereka yang kurang banyak melakukan kegiatan yang melibatkan fisik, seperti jalan kaki, bersepeda, lari, dll. Ini menjadi salah satu penyebab diabetes yang tak kita sadari.

Solusinya adalah kita membuat jadwal rutin berolahraga dan melakukan kegiatan fisik, seperti jalan kaki, bersepeda, lari pagi, dan lain sebagainya.

6. Mengalami stres yang sering

Peringatan bagi kamu yang terlalu banyak mikir berat sampai stres. Risiko penyakit diabetes akan menghampirimu lebih tinggi.

Ketika kamu mengalami stres, secara alamiah produksi hormon kortisol dan epinephrine akan naik, dengan tujuan agar gula darah naik sehingga ada cadangan energi untuk melakukan aktivitas.

Kalau kadar gula darah terus naik karena stres yang tak kunjung usai, lama-lama menjadi penyebab diabetes melitus yang akut.

Sebagai solusi, ketika stres melanda, cobalah diredakan. Bagaimana caranya? Simak artikel cara mengatasi stres ini.

7. Pecandu rokok berat

Ini juga salah satu penyebab diabetes yang tak disadari. Kebanyakan anak muda sering merokok, tanpa mengetahui efek sampingnya bagi kesehatan tubuh.

Dalam sebuah riset di Amerika Serikat, merilis bahwa perokok aktif berisiko lebih tinggi 22% terkena penyakit diabetes.

Solusinya adalah menghentikan total kebiasaan merokok kamu dengan hipnoterapi. Ataupun kalau agak susah, bisa diganti dengan mengkonsumsi permen bebas gula.

Tidak ingin terkena dampak dari diabetes seperti gambar di atas? Kenali 10 kebiasaan sehari-hari penyebab diabetes.
Tidak ingin terkena dampak dari diabetes seperti gambar di atas? Kenali 10 kebiasaan sehari-hari penyebab diabetes.

8. Pengguna pil KB (kontrasepsi)

Untuk pasangan yang sudah menikah, dan menggunakan pil kontrasepsi, maka perlu dipertimbangkan untuk menggunakannya secara bijak.

Menurut ahli, cara kerja pil kontrasepsi berlawanan dengan kerja hormon insulin. Karena fungsi insulin yang tak optimal, maka pankreas terpaksa bekerja ekstra keras untuk produksi hormon insulin.

Jika ini terus dibiarkan, organ pankreas akan letih dan berfungsi tidak maksimal. Kandungan kadar gula darah akan terus naik.

Bagaimana solusinya? Sebaiknya menggunakan pil kontrasepsi ada batasan waktunya, tidak lebih dari 5 tahun.

9. Takut terkena sinar matahari (kulit menjadi hitam)

Terkadang, ada sebagian besar orang, khususnya wanita yang takut kalau kulitnya hitam karena terkena sinar matahari. Mereka lebih banyak menghindari sinar matahari.

Padahal, tidak selamanya sinar matahari itu berefek negatif. Vitamin D terbaik didapatkan dari sinar matahari terutama pada pagi hari sebelum pukul 10.

Wanita yang asupan vitamin D dan kalsium kurang, berisiko terkena penyakit diabetes lebih tinggi.

Jadi, solusinya adalah tetap jangan takut untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi sebelum jam 10, gunakan krim tabir surya. Berjemur selama 10 sampai 20 menit secara rutin sudah cukup baik.

10. Terbiasa mengkonsumsi minuman bersoda

Ini juga salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh manusia modern, mengkonsumsi minuman bersoda lebih sering.

Padahal, kandungan pemanis dalam minuman bersoda, menjadi penyebab diabetes lho. Asupan kalori cair tidak akan memuaskan dahaga. Kamu akan terdorong terus minum minuman bersoda lebih banyak.

Solusinya adalah mengganti minuman bersoda tersebut dengan minuman jus buah atau sayuran tanpa gula.

Kamu melakukan salah satu atau beberapa dari kebiasaan di atas? Kalau iya, berarti risiko dirimu terkena penyakit diabates menjadi jauh lebih tinggi. Yuk, mulai ganti kebiasaan tidak sehat tersebut.

Loading...