Cara Mengatasi Jerawat Membandel dengan 7 Cara Ini Sis! [Simpan Ya]

0 151

Bagaimana sih cara mengatasi jerawat membandel? Tentu kamu gak ingin punya jerawat yang nempel di kulit wajahmu bukan? Gak hanya bikin tingkat PEDE jadi turun, tapi juga bisa-bisa bikin galau tingkat dewa.

Kadang udah coba berbagai macam obat, kosmetik anti jerawat, tapi tetap aja nih jerawat gak mau hilang.

Nah, mungkin kamu harus mencoba metode lainnya. Bisa jadi, jerawat yang membandel terjadi karena penanganan kamu yang kurang tepat dengan kondisi kesehatan kulitmu.

Atau bisa jadi, ada faktor-faktor internal atau eksternal lainnya yang membuat jerawatmu tuh bukannya hilang, malah semakin betah nongkrong di kulitmu.

Jerawat membandel gak hanya nongkrong di kulit wajah ya sis, bisa jadi ada di kulit leher, bibir, telinga, dll.

Sebenarnya, cara mengatasi jerawat membandel yang paling efektif adalah dengan mengkombinasikan antara pencegahan dan perawatan kulit yang lebih baik.

Gimana cara yang tepat menggabungkan antara pencegahan dan perawatan kulit tersebut?

Setidaknya ada 7 cara mengatasi jerawat membandel berikut ini:

1. Perbanyak Melakukan Latihan Olahraga

Ini warning buat kamu yang mager, alias males gerak. Jerawat membandel tuh ternyata ada kaitannya dengan rajin atau gak kita berolahraga lho guys.

Dengan kamu rutin untuk berolahraga, salah satu cara mengatasi jerawat membandel yang sangat efektif. Kenapa?

Karena dengan berolahraga dapat memerangi tingkat stres yang tinggi, dan juga depresi. Ini salah satu penyebab faktor internal dari jerawat yang gak ilang-ilang.

Tetapi perlu diingat nih guys, saat kamu berolahraga, sangat tidak disarankan untuk mengenakan pakaian ketat yang berbahan lycra atau nilon.

Kedua bahan kain sintetis tersebut cenderung untuk membuat kelembapan tubuh dan panas terjebak di dalamnya. Ini salah satu penyebab tumbuh suburnya bakteri-bakteri penyebab jerawat. Terutama buat kamu yang memakai jilbab.

Disarankan untuk mengenakan pakaian olahraga yang lebih longgar dan terbuat dari bahan katun atau bahan campuran alami lainnya.

Tak lupa, jika kamu menggunakan peralatan-peralatan olahraga, jaga kebersihan peralatan-peralatan tersebut.

2. Gunakan kosmetika yang aman

Penggunaan kosmetika sembarangan merupakan salah satu kontribusi terbesar dari keberadaan jerawat yang membandel.

Untuk menghindari penyumbatan pori-pori dan iritasi kulit yang dapat berkontribusi bagi hadirnya jerawat, gunakan produk kosmetika berlabel “noncomedogenic” atau “bebas minyak.”

Selain itu, kamu yang senang menggunakan parfum atau wangi-wangian, pilihlah parfum yang berlabel hypo-allergenic atau anti-alergi, juga kosmetika yang berlabel sama. Ini untuk menghindari iritasi kulit dan reaksi alergi.

Warna-warna produk facial yang berkilauan bisa jadi berpotensi mengandung serpihan mineral disebut mica yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan pori-pori tersumbat.

Jika kamu menggunakan lip gloss, gunakan produk dengan matte untuk mengurangi penyumbatan pori-pori.

Semakin membuat kulit bersinar manfaat dari suatu produk, maka berpotensi mengandung bahan-bahan comedogenic yang akan membuat pori-pori kulit tersumbat.

7 cara mengatasi jerawat membandel yang efektif
7 cara mengatasi jerawat membandel yang efektif

3. Lakukan Diet Sehat

Studi menunjukkan memang diet bukan faktor utama sebagai cara mengatasi jerawat membandel. Namun, apa yang terbaik untuk tubuhmu adalah yang terbaik juga untuk kulitmu.

Jadi, pastikan kamu mendapatkan cukup vitamin, mineral dan suplemen yang telah dikenal dan direkomendasikan untuk mencegah dan membantu mengatasi jerawat. Beberapa diantaranya adalah:

* Vitamin A atau Retinol (jangan yang dosis tinggi karena beracun)
* Vitamin B Kompleks
* Vitamin C
* Vitamin E
* L-Carnitine
* Zinc

Produk multivitamin dengan merek yang terkenal baik mungkin akan memiliki vitamin yang dianjurkan dan mineral yang kamu butuhkan untuk membantu dalam mencegah dan mengatasi jerawat.

Jangan lupa untuk minum banyak cairan air putih sepanjang hari dan konsumsi makanan diet yang sehat.

3. Pengobatan Hormonal

Hormon, terutama bagi perempuan – bisa memainkan peran dalam munculnya jerawat membandel. Salah satu studi terbaru menunjukkan bahwa sekitar 50 persen wanita yang memiliki jerawat, disebut sebagai jerawat hormonal, yang muncul selama seminggu sebelum masa menstruasi mereka.

Beberapa pilihan pengobatan untuk mengatasi jerawat hormonal ini seperti retinoid topikal, antibiotik oral dan Benzoyl Peroxide untuk usia gadis remaja.

Untuk wanita dewasa, pengobatan dilakukan sejalan dengan penggunaan kontrasepsi oral atau pil KB hormonal dan terapi penggantian hormon (HRT) sangatlah membantu, dikombinasikan dengan perawatan sistemik atau topikal.

4. Proses Pergantian Kulit yang Sehat

Selalu cuci muka kamu sebelum tidur, untuk menghilangkan berbagai kotoran dan bakteri penyebab jerawat membandel.

Tetapi, saat mencuci muka, hindari menggosok dengan keras atau mencuci muka secara berlebihan, karena ini dapat menyebabkan iritasi kulit atau mungkin penyebab produksi minyak yang berlebihan sehingga menyumbat pori-pori.

Gunakan produk dengan bahan-bahan pengelupasan kulit yang lembut dan hindari produk yang mengandung alkohol.

5. Gunakan Produk Anti Jerawat

Beberapa produk yang telah populer di pasaran yang dapat mencegah jerawat meliputi:

* Benzoil peroksida
* Proactiv Solution
* Asam salisilat
* Retinoid
* Anti-Androgen
* Isotretinoin (Accutane) dll

6. Mencukur salah satu cara mengatasi jerawat membandel

Ini bisa dilakukan oleh wanita, terutama untuk para pria. Mencukur sebenarnya merupakan cara yang sangat baik bagi pengelupasan atau menghapus kulit mati untuk membantu pencegahan dan penyebaran jerawat dan tak meninggalkan sisa-sisa untuk menyumbat pori-pori.

Dan untuk beberapa kasus jerawat ringan, mencukur dapat membantu mencegah jerawat dan komedo dari wajah. Jangan mencukur daerah yang sakit atau terinfeksi. Gunakan krim cukur untuk kulit sensitif.

Gunakan alat cukur dengan pisau tajam. Gunakan gesekan lembut saat mencukur. Pisau cukur tunggal lebih baik daripada pisau cukur twin-blade.

Pisau cukur dengan listrik mungkin tidak mencukur dekat dengan kulit, tetapi dapat membantu mencegah jerawat di wajah dan kulit lainnya yang berjerawat.

7. Hindari Stres karena Jerawat

Stres termasuk stres eksternal dan internal. Tekanan eksternal adalah efek dari penggunaan produk seperti make-up berminyak dan terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung.

Stres internal seperti kecemasan, ketakutan, depresi dan berbagai emosi internal lainnya, dapat memicu reaksi kimia dalam tubuhmu yang dapat mengakibatkan jerawat muncul dan iritasi kulit lainnya.

Untuk mengatasi stres internal dan mencegah masalah jerawat, cobalah istirahat dan tidur yang cukup.

Itulah ketujuh cara mengatasi jerawat membandel. Memang, proses penyembuhan dan pengobatan butuh proses. Tetapi, kamu harus memulainya dari sekarang.

Yang terpenting, konsultasikan kesehatan kulitmu terlebih dahulu ke dokter kulit atau kecantikan. Mereka akan lebih tahu dan memahami kondisi kulitmu dan bisa merekomendasikan cara mengatasi jerawat membandel yang terbaik bagimu.

Info lainnya tentang cara mengatasi jerawat membandel, bisa kamu cek disini.

Loading...