Jatik.com
to Inspire. be Social.

7 Cara Mengatasi Stress yang Terbukti Ampuh

0 74

Stres cepat menjadi masalah kesehatan terbesar dalam masyarakat modern. Tekanan keuangan, tekanan pekerjaan, tekanan keluarga, dan berbagai tekanan lainnya. Bagi kita, banyak hal yang harus dilakukan tetapi begitu sedikit waktu untuk melakukan itu semua! Semua tekanan tersebut tentu akan semakin membuat pikiran dan mental kita “terganggu”. Lalu, bagaimana mengatasi problematika stress dalam hidup ini?

Berikut tujuh cara mengatasi stress yang terbukti ampuh:

1. Beristirahat Sejenak, Manjakan dirimu!

Manjakan dirimu, cara mengatasi stress yang terbukti berhasil
Manjakan dirimu, cara mengatasi stress yang terbukti berhasil

Luangkan waktu untuk berhenti sejenak dari rutinitas harian dan bersantai setidaknya satu jam setiap harinya. Hanya menutup diri dari dunia luar untuk sejenak dan melakukan sesuatu yang ingin kamu nikmati. Membaca, nonton bioskop, memainkan alat musik, mandi sambil berendam dengan santai disertai musik dan lilin, spa, dll adalah cara mengatasi stress yang sangat bagus dan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental kamu.

2. Have Fun, Travelling Bro Sis!

cara_mengatasi_stress
Jalan-jalan mampu menghilangkan stress

Jika kamu sedang berhadapan dengan situasi stres dan sangat sulit untuk menemukan solusi. Kamu sedang terjebak di tengah-tengah badai pasir dan tentu sangat sulit untuk melihat jalan keluar. Sebuah ide yang baik yakni dengan memberikan jarak dari masalahmu sehingga kamu dapat mengumpulkan pikiran jernih.

Jika memungkinkan, ambil cuti atau libur akhir pekan dan keluar dari lingkungan yang biasa kamu tinggali, ke suatu tempat yang damai dan rileks, travelling lah! Banyak destinasi yang indah yang dapat mengatasi stressmu. Jangan lupa bawa catatan kamu agar dapat menuliskan ide-ide. Menempatkan diri yang jauh dari masalah bisa membawa solusi bagi masalah kamu. Kamu akan menemukan solusi jauh lebih mudah di tempat yang damai, daripada di tengah-tengah pertempuran. Maka, ini salah satu cara mengatasi stress yang paling ampuh.

3. Mudah Beradaptasi dengan Perubahan

Rangkul perubahan, jangan melawannya.
Rangkul perubahan, jangan melawannya.

Salah satu alasan orang menjadi stres karena mereka menghadapi perubahan atau bahkan banyak perubahan dalam kehidupan mereka. Perubahan adalah konstan dalam hidup dan menolak untuk menerima perubahan dapat menyebabkan tingkat stress melonjak. Ketika kamu dihadapkan dengan perubahan, cobalah untuk menemukan sisi positif terkait dengan perubahan dan merangkul perubahan bukan melawannya. Itu salah satu cara mengatasi stress dengan merangkul perubahan.

Setiap perubahan memberikan kesempatan bagi kamu untuk tumbuh dan selalu ada hal positif dari perubahan tersebut. Perubahan tidak membawa penyakit bernama stress, itu semua tentang bagaimana kamu bereaksi terhadap perubahan dan jika kamu bereaksi dengan cara yang negatif, maka bukan tidak mungkin kamu akan dihinggapi stress berkepanjangan.

4. Manajemen Rutinitas Harian dengan Baik

Kegiatan rutin di rumah harus dikelola dengan baik agar tidak stress
Kegiatan rutin di rumah harus dikelola dengan baik agar tidak stress

Banyak stress berawal dari manajemen tugas harian yang berantakan. Tugas rumah seperti mencuci, membersihkan rumah, reparasi motor, dll, seringkali dikelola dengan berantakan sehingga kamu merasa bahwa rutinitas tersebut semakin banyak dan menumpuk setiap hari. Ini akan menyebabkan tumbuhnya stress dan akan semakin meningkat menjadi depresi jika kamu tidak mengelola rutinitas harian tersebut dengan baik. Buat daftar tugas harian tertulis dan mendetail, untuk mengatasi masalah ini. Disiplin dengan daftar yang telah kamu buat. Dengan manajemen tugas harian yang baik, ini salah satu cara mengatasi stress kamu yang mujarab.

5. Berkomunikasi dengan Sahabat atau Keluarga

 

teman_curhat
Curhat, salah satu cara ampuh mengatasi stress

Terkadang stress timbul karena tidak adanya saluran komunikasi untuk mengeluarkan semua uneg-uneg yang ada di hatimu. Maka mulailah terbuka kepada orang terdekatmu. Berkomunikasilah dengan baik ke sahabat, keluarga, teman, pasangan, dan keluarkan segala problematika yang kamu alami. Mungkin mereka akan bisa membantumu mencarikan solusi dari setiap masalah yang sedang kamu alami. Dengan curhat, merupakan salah satu cara mengatasi stress yang jitu karena permasalahan akan keluar secara perlahan-lahan.

6. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi, mampu mengatasi stress
Konsumsi makanan sehat dan bergizi, mampu mengatasi stress

Bisa jadi, stress yang kamu alami berasal dari makanan yang selama ini kamu konsumsi. Jika kamu senang dengan makanan yang tidak sehat, seperti junk food, gorengan, makanan berlemak, dll, maka kandungan “racun” dalam makanan tersebut dapat memicu stress pada dirimu. Cara menghilangkan stress yang keenam ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ganti menu makanan kamu dengan makanan sehat dan bergizi seperti makanan yang di dalamnya terkandung omega 3, vitamin C, asam folat, magnesium, vitamin B. Kandungan makanan tersebut dapat membantu meredakan stress yang kamu alami. Makanan yang mengandung antioksidan tersebut, juga berfungsi untuk memperlancar memori.

Berikut ini beberapa makanan serta minuman yang mampu mengatasi stress:

  • Vitamin B terdapat di pisang, alpukat, ikan tuna dan salmon, ikan sardin, yoghurt serta susu.
  • Asam folat terkandung di makanan seperti jeruk, Oatmeal, dan asparagus.
  • Magnesium banyak terkandung di tofu, bayam, dan kacang almond.
  • Vitamin C ada di buah-buahan yakni kiwi, jeruk, jambu biji, dan stroberi.
  • Jangan lupa minum air putih, minimal 2 liter sehari.
  • Minuman seperti teh sangat bagus untuk menghilangkan stress.

7. Olahraga Rutin Bro Sis!

Olahraga secara rutin bisa mengurangi stress
Olahraga secara rutin bisa mengurangi stress

Jarangnya kita berolahraga bisa membuat stress senang datang pada kita. Sebenarnya, olahraga adalah salah satu cara mengatasi stress yang terbaik. Dengan berolahraga, emosi negatif, seperti stress pada seseorang bisa diredam. Kenapa? Karena dengan aktivitas berolahraga dapat mengeluarkan hormon serotonin yang mampu membuat seseorang merasa bahagia. Penelitian medis yang dilakukan oleh Mental Health Foundation mengemukakan bahwa olahraga merupakan aktivitas yang terbukti baik sebagai obat untuk mengatasi depresi.

Ketujuh tips ini merupakan cara mengatasi stress kamu, dan terbukti ampuh jika kamu melakukannya. Semoga berhasil!

Referensi: www.halosehat.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.