Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami. Mau Tahu?

0 176

Apakah kamu memiliki guratan di kulit atau biasa disebut Stretch Mark? Kaum wanita biasanya tidak senang jika ada stretch mark pada kulitnya. Bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami?

Jika ditelusuri, stretch mark adalah sebuah kondisi dimana permukaan kulit memiliki guratan atau kerutan di bagian jaringan penyangga, biasanya lapisan dermis.

Walaupun guratan ini tidak membahayakan kesehatan, tetapi banyak wanita yang jengkel jika memiliki stretch mark pada dirinya. Ini disebabkan dapat mengganggu keindahan dan kecantikan.

Kaum hawa biasanya mendambakan untuk memiliki tubuh yang indah, cantik, dan menarik. Kehadiran stretch mark pada kulit tubuh bisa memupuskan impian tersebut.

Banyak wanita yang berusaha mencari cara menghilangkan stretch mark secara alami agar kecantikan dirinya tak hilang.

Sebenarnya, guratan pada kulit ini bisa terjadi pada siapapun, baik kaum wanita maupun pria, tua atau muda. Ini bukan tanda-tanda penuaan.

Ada beragam cara menghilangkan stretch mark secara alami dari menggunakan produk-produk kosmetika herbal alami, maupun ramuan dan bahan-bahan alami.

Selain itu, ada juga yang mencoba menghilangkannya dengan melalui pengobatan medis dari dokter kulit dengan menjalani operasi. Dan memang, menghilangkan stretch mark ini bukan sesuatu yang terbilang mudah dilakukan.

Tidak sedikit orang yang akhirnya putus asa menjalani pengobatan untuk membersihkan guratan tersebut tetapi tidak berhasil sehingga berhenti melakukannya. Mereka mengakali dengan membiarkan stretch mark tersebut tetapi menutupnya dengan pakaian yang tertutup.

Apa sih penyebab utama dari munculnya stretch mark ini? Biasanya, stretch mark terjadi karena peregangan yang berlebihan pada kulit dalam tempo yang cepat.

Pada umumnya, stretch mark terjadi pada wanita setelah melahirkan. Tetapi tak jarang, wanita yang belum melahirkan pun mengalaminya karena masalah obesitas. Gejala awal dari munculnya stretch mark adalah dengan adanya rasa gatal-gatal pada bagian kulit tertentu.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami? Disadur dari beberapa sumber, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi bahkan menghilangkan stretch mark yang membandel.

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami.

1. Bahan minyak zaitun

Bahan pertama yang dipercaya untuk mengurangi guratan pada kulit ada minyak zaitun. Ternyata, selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk kecantikan wanita.

Minyak zaitun sudah terbukti sejak lama bermanfaat untuk kecantikan kulit kaum hawa. Minyak zaitun sangat mudah didapatkan, karena dijual bebas di pasaran.

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami dengan minyak zaitun? Caranya cukup mudah kok.

Oleskan saja minyak zaitun pada kulit yang terdapat stretch mark secara rutin setelah mandi atau sebelum tidur. Pada saat mengolesnya, berikan juga pijatan kecil agar kandungan di minyak zaitun bisa meresap ke bawah kulit dengan lancar.

2. Bahan minyak biji bunga matahari

Bahan alami lainnya yang juga banyak digunakan untuk mengurangi keberadaan stretch mark pada kulit adalah minyak biji bunga matahari.

Bahan ini ada yang menjualnya di pasaran, jika tidak mendapatkannya, bisa membuatnya sendiri. Sedangkan cara penggunaannya pun sama seperti penggunaan minyak zaitun.

3. Bahan lidah buaya

Bahan alami lidah buaya memang telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk produk kecantikan. Salah satu khasiat dari lidah buaya adalah menghilangkan stretch mark.

Cara menggunakannya pun terbilang tak terlalu sulit. Cukup ambil 1 batang lidah buaya dan belah menjadi 2 bagian. Kemudian, oleskan gel lidah buaya ke bagian kulit tubuh yang terdapat guratan tersebut.

Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilaslah menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin pagi dan sore hari. Niscaya perlahan stretch mark akan memudar dan hilang.

4. Bahan putih telur

Bahan putih telur ini banyak digunakan sebagai produk kecantikan untuk masker wajah. Kandungan yang terdapat di putih telur memang terbilang ampuh untuk mengurangi stretch mark pada tubuh.

Cara penggunaannya juga mudah kok. Ambil 1 buah telur, bisa telur ayam ras atau ayam kampung. Lalu, pisahkan kuning dan bagian putihnya. Gunakan putih telur dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat stretch mark.

Diamkan selama kira-kira 15 menit. Lalu, bilaskan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin maka perlahan stretch mark akan hilang.

5. Bahan gula

Banyak yang tak mengetahui, selain sebagai pemanis minuman atau makanan, gula juga dipercaya bisa memberikan manfaat untuk kecantikan, termasuk menghilangkan stretch mark pada kulit.

6 cara menghilangkan stretch mark secara alami
6 cara menghilangkan stretch mark secara alami

Bagaimana mengolah gula ini? Mudah kok. Campurkan saja gula, minyak almond, dan tetesan lemon dalam satu wadah. Lalu, oleskan campuran bahan ini ke bagian tubuh yang terdapat stretch mark.

Biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilaslah menggunakan air sampai bersih.

6. Menggunakan pelembab

Alternatif lain jika tidak terlalu menyukai bahan-bahan alami di atas untuk menghilangkan stretch mark di kulit, gunakan saja pelembab.

Ada banyak produk pelembab yang beredar di pasaran yang fungsinya juga menghilangkan stretch mark. Salah satunya produk penghilang stretch mark ini. Gunakan pelembab yang memang cocok untuk kulit kamu.

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark secara alami dengan bahan-bahan pilihan. Memang, menghilangkan guratan ini secara alami tidak bisa cepat dan membutuhkan waktu.

Oleh karena itu, salah satu kunci keberhasilan menghilangkannya adalah konsisten dan rutin. Selain itu, untuk membantu mempercantik dari dalam, konsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin E, C dan juga A secara teratur. Semoga berhasil!

Loading...