Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan ini Telah Terbongkar, Lihat Strategi Mereka Turun 7 Kg dalam Seminggu!

0 431

Siapa sih yang gak ingin punya berat badan yang ideal? Berat badan dengan bentuk langsing bagi kaum hawa, dan sixpack bagi kaum adam, tentu menjadi impian. Walaupun tidak langsing atau sixpack, minimal punya bentuk badan yang proporsional. Bagi beberapa orang, memiliki keberuntungan dengan adanya faktor genetik “berbakat” untuk memiliki tubuh langsing, atau susah gemuk. Tetapi ada orang-orang yang dari bawaannya memang memiliki “bakat” untuk gemuk, susah untuk turun berat badannya sehingga mereka terus mencari cara menurunkan berat badan yang ideal. Di tengah-tengahnya, ada orang yang bisa gemuk, bisa kurus tergantung seperti apa pola hidup mereka. Golongan ini yang paling banyak ditemukan di antara kita, dan mungkin termasuk salah satu dari kita.

Tidak heran banyak orang yang terus mencari ilmu praktis cara menurunkan berat badan, karena di zaman sekarang, orang cenderung untuk mempunyai berat badan gemuk. Kenapa? Ini disebabkan karena suguhan pola hidup yang tidak sehat di lingkungan masyarakat kita, dan semakin tingginya tuntutan untuk hidup serba cepat dan instan. Salah satu contoh pengaruh besar pola hidup tidak sehat adalah restoran cepat saji yang semakin banyak digemari. Padahal, menurut para ahli gizi, makanan-makanan cepat saji tersebut adalah salah satu penyebab berat badan berlebihan. Selain makanan cepat saji, di pinggir jalan kita disuguhkan dengan merebaknya cemilan dan jajanan yang memang potensial untuk menjadikan berat badan kita gemuk. Faktor lain selain makanan, adalah stress yang menjadi penyebab naiknya berat badan seseorang, maka anda bisa juga membaca tips ampuh mengatasi stress ini.

Tentunya, terlepas dari faktor pola hidup tidak sehat dan lingkungan yang mendukung, tentu anda ingin mempunyai penampilan tubuh yang cantik dan indah. Sebenarnya ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan, dari diet sehat yang alami, sampai minum obat-obatan. Tetapi, apapun caranya, faktor utama keberhasilan menurunkan berat badan ada di individu masing-masing, memiliki tekad kuat dan disiplin tinggi untuk menjalani panduan cara menurunkan berat badan yang sedang diprogramkan. Selain dari individu, dukungan dari orang terdekat juga memiliki peranan yang tak kalah penting. Di artikel ini akan disajikan kumpulan rahasia cara menurunkan berat badan secara alami, tanpa melalui obat-obatan yang bisa anda lakukan di rumah.

7 Cara menurunkan berat badan secara alami
7 Cara menurunkan berat badan secara alami

7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Tips #1 – Sarapan itu penting, jangan ditinggalkan!

Banyak yang beranggapan ketika menjalani program diet, dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, malah meninggalkan sarapan pagi. Ini salah satu kesalahan fatal yang cukup merugikan program diet anda. Dengan tidak sarapan, memiliki dampak metabolisme tubuh akan melambat, sehingga keberhasilan diet akan terganjal. Sangat disarankan untuk tetap melakukan sarapan pagi, tetapi dengan menu makanan yang kaya dengan protein, serat, dan gizi, seperti di sayuran, putih telur, dan susu.

Tips #2 – Air putih sangat mendukung program diet anda

Ternyata, air putih sangat berkhasiat sebagai salah satu cara menurunkan berat badan yang ampuh. Ini banyak tidak disadari oleh orang-orang yang melakukan program diet sehat. Air putih akan membantu meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh anda yang berfungsi untuk menunjang proses metabolisme tubuh, sehingga sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi air putih. Sebagai penunjang program diet, alangkah baiknya untuk meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Cara menurunkan berat badan lainnya melalui air putih adalah dengan minum air putih sebelum makan. Kenapa ini dilakukan? Proses ini membantu anda mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi karena perut sudah kenyang.

Tips #3 – Olahraga rutin atau minimal banyak bergerak

Memang, cara menurunkan berat badan yang ampuh tidak bisa terlepas dari olahraga. Lakukan olahraga secara rutin, seperti jalan santai, jogging, atau senam aerobik, apabila anda memiliki waktu kosong yang lumayan. Jika tidak memiliki banyak waktu luang, maka sangat disarankan untuk mengganti olahraga tersebut dengan cara lain, yaitu dengan melakukan banyak gerak. Ini bisa dilakukan dengan hanya mengubah pola hidup anda di tempat kerja, seperti jika anda biasanya naik lift diganti dengan menggunakan tangga, atau sering berjalan-jalan di tempat. Mengubah pola tersebut akan sangat membantu membakar kalori di tubuh anda. Kuncinya, anda harus melakukan banyak gerak dan aktivitas yang menjadikan tubuh banyak bergerak.

Tips #4 – Jangan lupa konsumsi protein ya..

Belum banyak yang mengetahui bahwa protein ternyata ampuh sebagai salah satu cara menurunkan berat badan secara alami. Protein adalah zat makanan yang sangat dianjurkan oleh para ahli gizi untuk membantu program diet. Protein memiliki fungsi untuk membakar lemak tubuh sehingga cocok untuk diet alami anda. Kandungan protein banyak didapatkan pada makanan seperti oat meal, gandum, sereal, dan putih telur. Maka, protein sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai salah satu menu sarapan pagi anda.

Tips #5 – Selain protein, konsumsi juga serat

Banyak yang sudah mengetahui bahwa makanan yang mengandung serat tinggi salah satu faktor penting sebagai cara menurunkan berat badan anda. Makanan yang mengandung kaya serat banyak terdapat di sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk sayuran, sebagai contoh bayam, brokoli, lobak, kembang kol, kubis merah, kentang, labu, dll sedangkan untuk buah-buahan seperti pisang, pepaya, pir, dan jambu biji. Makanan kaya serat tersebut direkomendasikan untuk dikonsumsi di siang hari ataupun malam hari.

Cara menurunkan berat badan dengan konsumsi serat tinggi
Cara menurunkan berat badan dengan konsumsi serat tinggi

Tips #6 – Karbohidrat Sederhana diganti dengan Karbohidrat Kompleks

Salah satu cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat yang kompleks. Karbohidrat sebagai sumber dari energi dan gula, tetapi biasanya jenis karbohidrat sederhana, seperti yang terdapat di nasi, pasta, dan mie sulit untuk diserap oleh tubuh. Bahkan, karbohidrat sederhana ini kecenderungannya menjadi lemak tubuh. Oleh karena itu, jika anda sedang menjalani program menurunkan berat badan, maka harus menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang banyak terdapat di gandum, beras merah, sereal, oat meal, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Tips #7 – Ganti menu makan malam anda

Di malam hari, aktivitas yang dilakukan oleh tubuh kita cenderung lebih sedikit dibandingkan siang hari, sehingga tidak terlalu butuh asupan karbohidrat yang banyak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan malam dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Direkomendasikan untuk mengganti menu makan malam anda dengan sayur-sayuran yang direbus, bukan ditumis. Bisa juga ditambahkan dengan asupan gizi seperti buah-buahan saat makan malam. Dan jangan lupa, untuk menghindari berbagai makanan yang diolah dengan cara digoreng, sehingga tips cara menurunkan berat badan secara alami ini bisa berhasil dengan maksimal.

Ketujuh tips cara menurunkan berat badan di atas bisa mulai anda lakukan dari sekarang. Akan lebih baik, jika anda melakukannya dengan memiliki timeline program diet anda sehingga terukur dan terjadwal. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dalam tempo seminggu saja, anda bisa mengikuti program penurunan berat badan berikut ini.

cara menurunkan berat badan
Ganti menu makan anda.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dalam Tempo Seminggu

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan waktu singkat. Sebenarnya, ini bisa dilakukan asalkan anda mengetahui cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat, tetapi juga harus disiplin yang ketat untuk menjalaninya. Di bawah ini, salah satu cara menurunkan berat badan dalam tempo seminggu saja. Idealnya, dengan mengikuti program ini, berat badan anda bisa turun antara 1,5 kg – 2,5 kg tiap pekan, bahkan tidak mungkin bisa sampai 7 kg per pekan. Seperti apa rincian program penurunan berat badan yang harus dijalani? Check this out!

#1 Rincian Program Diet di Hari Pertama

Untuk rincian program diet hari pertama, merupakan hari yang terpenting. Hari pertama merupakan adaptasi dari mengubah kebiasaan lama, menjadi kebiasaan baru. Hari pertama program diet dijalani dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan yang ringan dengan mengandung air. Di hari pertama ini, anda hanya diperbolehkan untuk makan buah-buahan yang mengandung banyak air tersebut, kecuali pisang. Selain itu, anda tetap diperbolehkan untuk minum air secukupnya agar terhindar dari dehidrasi.

#2 Rincian Program Diet di Hari Kedua

Bagi anda yang mendambakan bisa menurunkan berat badan hingga 7 kg, maka lakukan diet ketat dengan sayuran. Anda di hari kedua diperbolehkan mengkonsumsi sayuran. Yang terpenting, sayuran tersebut harus diolah dengan cara direbus atau langsung dimakan mentah sebagai salad. Jangan pernah mengolahnya dengan cara ditumis atau digoreng. Sebagai variasi, sayuran yang dikonsumsi bisa ditambahkan dengan kentang, yang direbus atau dikukus. Plus, konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

#3 Rincian Program Diet di Hari Ketiga

Di hari ketiga, anda dapat mengkombinasikan antara buah-buahan dan sayuran. Bisa anda konsumsi minimal 3 kali atau lebih dalam sehari. Oh ya, jangan pernah menambahkan pisang dan kentang untuk mendapatkan berat badan turun sebanyak 7 kg. Untuk air putih, tetap dikonsumsi minimal 8 gelas sehari.

#4 Rincian Program Diet di Hari Keempat

Khusus untuk hari keempat, anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi susu dan pisang. Anda bisa mengolah pisang menjadi apapun, kecuali digoreng, atau bisa juga dimakan langsung. Yang terpenting, di hari keempat ini hanya dua menu makanan ini yang diizinkan.

#5 Rincian Program Diet di Hari Kelima

Untuk hari kelima, biasanya sudah ada hasil yang bisa anda rasakan, badan terasa sedikit lebih ringan. Di hari kelima ini, ada menu khusus untuk anda, yaitu hanya diizinkan untuk memakan 5 sendok nasi saja. Bisa juga, anda tambahkan 7-8 potong tomat mentah atau bisa juga direbus. Bisa dikonsumsi untuk dua kali, yakni pagi dan siang. Di malam hari, tidak diperkenankan mengkonsumsi nasi. Alternatifnya, tambah asupan air putih anda.

#6 Rincian Program Diet di Hari Keenam

Di hari keenam ini, anda diperbolehkan untuk sarapan pagi dengan protein, seperti oatmeal, gandum, sereal, dan putih telur. Untuk menu makan siang, anda boleh mengkonsumsi 5 sendok nasi dengan lauk sayuran saja. Untuk makan malam, tetap konsumsi air putih.

#7 Rincian Program Diet di Hari Ketujuh

Di hari terakhir program diet ini, anda bisa mengkonsumsi 5 sendok nasi dengan sayuran-sayuran, dan buah-buahan segar, untuk pagi, siang dan malam.

Setelah hari ketujuh, kini anda bisa mengecek kembali, berapa kilogram berat badan anda yang berhasil turun. Jika ingin membakar lebih banyak lemak tubuh, bisa anda tambahkan dengan melakukan olahraga rutin yang simple, seperti bersepeda dan jogging. Yang terpenting, tetap jaga pola makanan anda sehingga tidak terjadi penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.

Jika setelah menjalani program diet di atas, tetapi berat badan anda gagal turun, maka ada yang salah dengan pola hidup yang anda jalani. Mungkin 3 faktor di bawah ini menjadi penyebab kegagalan anda dalam menurunkan berat badan.

#1 Pola Tidur yang Salah

Berbagai cara menurunkan berat badan sudah dilakukan, tetapi anda salah menjalani pola tidur, maka program diet anda bisa gagal, bahkan kesehatan anda terganggu. Pola hidup sehat, sangat terkait dengan bagaimana pola tidur anda. Pola tidur yang normal itu antara 7-8 jam sehari. Menurut penelitian, orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari, akan memproduksi gula darah, insulin, dan kortisol yang tinggi. Sehingga akan memicu tubuh menjadi cepat lapar, dan juga terjadinya resistensi hormon insulin, dimana resistensi akan menjadikan tubuh menyimpan lebih banyak lemak. Ubah pola tidur anda menjadi lebih baik, kurangi begadang.

#2 Program Balas Dendam Setelah Berolahraga

Salah satu kesalahan yang fatal yang sering dilakukan oleh orang yang menjalani program diet, yaitu ketika selesai berolahraga langsung mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Memang, setelah olahraga, biasanya tubuh akan terasa lapar, karena kalori telah banyak yang dibakar. Mungkin saja, anda membakar 500 kalori setelah olahraga, tetapi langsung balas dendam dengan mengkonsumi makanan lebih dari 600 kalori. Bukannya berkurang, justru berat badan akan bertambah.

#3 Faktor Seringnya Telat Makan

Yang menghambat keberhasilan cara menurunkan berat badan adalah faktor seringnya telat makan. Mungkin bagi yang menjalani program diet, ini dianggap sepele. Ada bahkan yang sengaja menunda jam makan, atau merasa bahwa telat makan itu lebih baik. Ini pola pikir yang kurang tepat. Dengan telat makan justru akan mengacaukan program diet yang dijalani. Anda akan merasa lebih lapar sehingga porsi makan lebih banyak dari yang seharusnya. Oleh karena itu, jaga dengan baik pola makan anda, jangan sampai telat.

Itu beberapa rahasia cara menurunkan berat badan yang telah kami bongkar untuk anda. Keberhasilan program penurunan berat badan ini sangat bergantung dari masing-masing individu yang menjalaninya. Niat, semangat, tekad yang kuat, disiplin tinggi untuk menjalani program diet, faktor penentu keberhasilan anda menurunkan berat badan dengan alami dan sehat. Selamat menjalankan!

Referensi:

www.caramenurunkanberatbadan9.com

www.masbroo.com

Loading...