Jatik.com
to Inspire. be Social.

Kisah Nyata: Rezeki itu Gak Akan Salah Alamat, Mas!

1 626

Ternyata rezeki itu tidak perlu dipusingkan. Jatah rezeki kita dari Allah itu sudah pasti dan tidak akan tertukar dengan rezeki orang lain.

Ya benar. Allah memang telah berjanji akan memberikan rezeki kepada semua makhluq-Nya. Akan tetapi janji ini tidak dengan “cek kosong”, seseorang akan mendapatkan rizki kalau kita mau berusaha, berjalan dan bertebaran di penjuru-penjuru bumi. Karena Allah menciptakan bumi dan seisinya untuk kemakmuran manusia. Siapa yang mau berusaha dan bekerja ialah yang akan mendapat rizki dan rahmat dari Allah.

rezeki penjual kerupuk
Kisah penjual kerupuk tuna netra

Termasuk salah satu kisah di bawah ini yang benar-benar menyentuh hati. Kisah nyata yang diceritakan oleh seseorang yang bertemu langsung dengan seorang penjual kerupuk. Penjual kerupuk yang hanya mengandalkan “mata hati”-nya untuk berjualan, karena kedua mata fisik sudah tidak berfungsi. Bapak ini tak pernah mengeluh sedikitpun tentang kondisinya. Beliau tetap berusaha dengan semangat untuk mencari rezeki yang Allah ridhoi.

Sebuah Kisah Nyata Keikhlasan Penjual Kerupuk Tuna Netra

Saya : Pak, krupuk berapa harganya?
Bpk : 3000 mas
Saya : beli 3 ya pak
Bapak itu berdiri dan meraba2 letak tas pinggang nya..
Saya : Astaghfirullah… Ternyata bapak itu buta (‪#‎pikir dalam hati)

Saya liat bapak itu cuma bengong…

Saya : ini uangnya pak.
Bpk : 3 ya. Jd 9000
Saya : iya
Bpk : uangnya berapa?
Saya : X0. 000
Bpk ; sebentar ya kembalian nya

Bapak itu sibuk membongkar uang di tas nya..nyaris dikeluarkan semua dan diletakkan di tangannya

Bpk : Ambil saja mas kembaliannya.
Saya : Seketika itu saya pun terkejut mendengar perintah dari si Bpk.
Dlm hati, “gw kan cuma pengen tau gimana cara bapak itu balikin kembalian…ga serius ambil kembalian nya…”

Saya : Lalu secara spontan saya bertanya kepada bapak itu.
Pak. Klo saya kasih uangnya 2000 terus saya ambil kembali nya 10rb. Bapak kan ga tau. Terus nanti bapak rugi dong?
Bpk : Gusti Allah ga akan salah alamat kasih rejeki mas. Kalo sekarang saya harus rugi, saya yakin Gusti Allah pasti lagi nyiapin rejeki lain buat saya..
Saya : Subhanallah, gemetar hati mendengarnya ‪#‎speechless

Bpk : udah ambil kembalian nya?
Saya : ga usah pak.. hari ini. .Allah kirim rejeki untuk bapak..
Bpk : Terima kasih mas
Saya : sama2.. Bapak hati2 ya..

‪#‎Orang yg punya kekurangan pun masih giat mencari rezeki, kok yang punya kelebihan dari beliau masih malas2an…

Rasulullah sebagai seorang teladan selalu memberikan motivasi kepada semua sahabatnya untuk selalu giat dan tekun dalam bekerja, simak saja penuturan Rasulullah berikut ini :

“Pedagang yang lurus dan jujur kelak akan tinggal bersama para nabi, siddiqin, dan syuhada’,” (HR. Tirmidzi dan Al Hakim). Nasihat ini beliau peruntukan untuk sahabatnya yang mempunyai pekerjaan sebagai pedagang (wirausahawan). Sedangkan untuk mereka yang bekerja sebagai petani dan tukang kebun, beliau bersabda :

“Setiap muslim yang menanam satu tanaman atau menyemai satu semaian lalu (buahnya) dimakan oleh manusia atau binatang, maka ia itu dianggap telah bersedekah.” (HR. Bukhari)

Diceritakan oleh Ja’far Shodiq dengan beberapa perubahan

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.