Mari Rayakan Kemerdekaan dengan Tindakan Nyata

0 164

Generasi muda Indonesia seharusnya generasi yang mampu mengisi hari kemerdekaan dengan hal-hal produktif.

Bukannya kontra-produktif, misalkan bebuat anarkis dan menggunakan narkoba. Oleh karen itu mari kita merayakan kemerdekaan dengan sederhana dan bisa dilakukan sehari-hari? Nah coba cara ini deh.

1. Membeli produk dalam negeri

produk_dalam_negeri
Sumber Gambar: www.earmagination.com

Nah. Kalau kita cinta sama Indonesia, jangan lupa untuk membeli produk dalam negeri ya? Banyak kok produk Indonesia yang kualitas sudah internasional dan nggak kalah dengan produk-produk dagi negara lain. Dengan membeli produk lokal, setidaknya membantu para pengusaha lebih berkembang dan tidak menutup kemungkinan akan merekruit banyak pekerja. Kalau sudah gitu, makin banyak penduduk Indonesia yang makmur bukan?

2. Melestarikan budaya Indonesia

hendro-heryanto-karapan-sapi
Sumber Gambar: indonesia365.files.wordpress.com

Budaya Indonesia itu memiliki keberagaman yang sungguh luar biasa. Karena banyaknya itulah, melahirkan banyak sekali inspirasi inspirasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan, terutama bidang seni. Disayangkan, kalau keberagaman budaya kita sampai harus jatuh ke negara lain hanya karena kita tidak peduli. Cara melestarikan gimana? Mudah saja kok. misalnya seperti belajar bahasa daerah yang sudah mulai punah. Yang beprofesi sebagai desainer baju memadukan campuran budaya dari daerah lain, mengajarkan budi leluhur Indonesia kepada anak anak kita dan lain-lain. Keren kan?

3. Menjadi duta promosi Indonesia

Raja-Ampat-Sorong-Papua-Wallpaper-06
Sumber Gambar: hdwallpapers-download.com

Merayakan kemerdekaan bisa juga dilakukan dengan mempromosikan wisata daerah kita. Terkadang promosi nggak harus mengandalkan lewat pemerintah saja atau orang-orang Indonesia yang bekerja di luar negeri. Kita sendiri bisa kok! kalau kita punya teman orang luar negeri, coba saja promosikan keindahan Indonesia. Pasti mereka akan atusias kok. Apalagi kalau kita bersikap baik, pasti bakal tambah antusias. Sapa tahu aja, temanmu yang orang luar akan memberitahu teman-temannya untuk pergi ke Indonesia. Kalau sudah gitu, Indonesia akan mendapat tambahan devisa. Mudah bukan?

4. Membangkitkan budaya gotong royong

power-ranger-hero-japan
Sumber Gambar: cdn.psfk.com

Percaya nggak percaya, menolong satu orang, kita sudah membantu orang tersebut menjadi lebih baik. Bagaimana orang yang kita tolong ratusan? tak ternilai ratusan kebaikan yang akan mengalir ke kita. Toh kalau kita menolong orang dengan ikhlas, kebaikan yang kita lakukan pasti akan dibalas kok secara langsung ataupun datang kebaikan secara tidak diduga-duga. seperti tersirat dalam pribahasa bahasa Indonesia, Ada ubi ada talas, ada budi ada balas.

5. Merawat alam kita sebaik-baiknya

merayakan kemerdekaan dengan mencintai alam
Sumber Gambar: lovetomorrowtoday.com

Salah satu kebiasaan buruk bangsa ini adalah suka buang sampah sembarangan. Terutama setelah acara besar selesai atau di tempat-tempat wisata. Masak kalau sampah berserakan terlihat indah? yang ada orang malah tambah sebal dan wisatawan pun ogah kembali ke situ. Kalau sudah begitu siapa yang bakal merasakan dampaknya? ya masyarakat juga. Toh kalau tempatnya bersih, semua orang akan merasa senang bukan?

6. Teruskan perjuangan pahlawan dengan karya produktif

120906_soekarno1merry
Sumber Gambar: images.detik.com

Kita harus ingat kalau negara Indonesia bisa terbentuk berkat perjuangan para pahlawan. Jadi, sudah sepatutnya bagi kita untuk mengenang jasa pahlawan bangsa di hari kemerdekaan ini. Kita sebagai generasi bangsa harus melanjutkan perjuangan para bangsa terdahulu. Dengan apa? dengan berkarya (produktif) dan membuat Indonesia menjadi lebih baik dengan kemampuan yang kita punya. Terlebih lagi, karya / prestasi kita bisa mengharumkan nama Indonesia di tingkat global.

Bagaimana cara kamu merayakan kemerdekaan ini?

Loading...