Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Ini Daftarnya!

0 167

Bentuknya bulat, berwarna hijau, yup itulah jeruk nipis. Siapa yang tak kenal dengan si mungil ini. Ternyata, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan banyak sekali guys.

Selain untuk kesehatan, si mungil jeruk nipis ini juga diklaim bisa sebagai perawatan kecantikan buat kaum hawa lho.

Untuk cantik dan sehat, tak perlu mahal dan bikin kantong kosong, kan ada jeruk nipis ini. Khasiat jeruk nipis telah dijelaskan sebelumnya dalam artikel ini. Selanjuntnya, akan lebih dijabarkan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

Apa saja ya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan? Ada yang tau? Atau memang sudah sering menggunakan jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan?

Bagi yang masih belum banyak yang mengetahui tentang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, yuk simak di bawah ini.

1. Sebagai pengobatan panu

Ih, panu-an hehe… Malu gak sih punya panu di kulit, udah gitu sering gatal-gatal pula. Gak perlu khawatir guys, kini ada alternatif obat buat menghilangkan panu di kulit. Ya, tentu aja pakai jeruk nipis.

Bagaimana cara mengobati panu menggunakan jeruk nipis? Mudah kok.

Siapkan beberapa jeruk nipis (2-3 buah) dan juga daun landep. Lalu, campurkan daun landep dengan perasan air jeruk nipis. Oleskan pada bagian kulit yang ada panunya.

Lalu, balut dengan kain kassa. Balutan ini diganti tiap 2 kali sehari. Lakukan secara rutin hingga panu hilang tanpa bekas.

2. Menghilangkan lendir tenggorokan

Buat kamu yang sedang kena gejala influenza, disertai batuk-batuk berlendir, pasti gak nyaman rasanya kalau ada lendir di tenggorokan kita bukan?

Nah, ada cara mudahnya untuk menghilangkan lendir-lendir di tenggorokan kita itu. Yaitu, dengan membuat larutan jeruk nipis.

Caranya sederhana banget kok. Dua buah jeruk nipis kamu peras. Lalu, air perasan tersebut dicampurkan dengan garam, dan kemudian minum. Lakukan sehari 2-3 kali. Niscaya, lendir-lendir di tenggorokan akan rontok semua.

3. Pengobatan radang tenggorokan

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, cuma kali ini buat kamu yang mengalami radang tenggorokan. Pasti rasanya gak enak.

Nah, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga bisa untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan ini.

Langkah pembuatannya pun gak sulit kok. Siapkan 3 buah jeruk nipis dan madu. Peras jeruk tersebut dan campurkan dengan madu dan air hangat. Aduk-aduk rata, lalu dikumur-kumurkan selagi masih hangat selama 2-3 menit.

Radang tenggorokan yang kamu derita perlahan-lahan akan sembuh. Silahkan mencoba!

4. Pengobatan untuk vertigo

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit vertigo. Mengidap vertigo memang tak mengenakkan. Tentu, kamu ingin segera mengobatinya bukan?

Mungkin kamu sudah punya obat vertigo yang biasa digunakan. Tapi, tak ada salahnya mencoba alternatif lain pengobatan vertigo yaitu dengan ramuan jeruk nipis ini.

Gimana caranya?

Juga mudah kok. Siapkan 3 buah jeruk nipis dan juga daunnya kurang lebih setengah genggam (untuk 1 kali minum).

Lima manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Lima manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Lalu, lumatkan ½ genggam daun jeruk nipis tersebut dicampur dengan perasan jeruk nipis 1 sendok makan. Selanjutnya, oleskan ramuan ini di tengkuk, pelipis, dan dahi sehari 2 kali. Lakukan dengan rutin. Niscaya vertigo akan berkurang dan sembuh.

5. Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Bagi kamu yang pecandu rokok berat, dan saat ini memiliki niat untuk menghentikan kebiasaan merokok ini, tetapi susah. Coba cara yang satu ini.

Siapkan jeruk nipis dan air putih. Lalu, jeruk nipis diperas dan isaplah perasan tersebut. Setelah mengisap, minumlah air putih. Lakukan hal ini setiap kali kamu ingin merokok.

Memang, tak mudah begitu saja menghentikan kebiasaan merokok. Tetapi, kalau kamu ada tekad dan melakukan cara yang diatas, mungkin saja itu bisa menghentikan kebiasaan merokokmu.

Itulah kelima manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang bisa langsung dipraktekkan jika kamu mengalami salah satu penyakit di atas.

Ada yang tahu lagi apa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan lainnya? Mari berbagi disini agar banyak orang yang mengetahui manfaatnya.

Loading...