Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ingin Memaksimalkan Potensi Diri? Nih Tips Kerennya!

0 66

Setiap orang memiliki potensi dirinya masing-masing. Ada yang memiliki potensi di bidang, profesi, keahlian tertentu. Ketika kita mengetahui potensi diri, maka tinggal mengetahui bagaimana caranya memaksimalkan potensi diri tersebut.

Untuk kamu yang ingin terus bergerak dengan memaksimalkan potensi diri untuk menyambut setiap tantangan dalam hidup, nih tipsnya untuk kamu.

#1 Mengubah MINDSET

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam memaksimalkan potensi diri kita adalah mengubah mindset kita. Bahwa kesempatan itu tidak datang sendiri, tetapi harus dijemput.

Intinya, kita perlu usaha, usaha, dan usaha. Jangan hanya berdiam diri dan menunggu. Apa yang kita inginkan / impikan tidak akan pernah tercapai jika hanya menunggu.

#2 Be Different

Menjadi pribadi yang berbeda dan memiliki keunikan dibandingkan yang lain. Inilah yang akan membuat kamu akan lebih dikenal oleh orang. Bisa jadi, kamu unik dalam segi bakat, kepandaian, skill, dan lain sebagainya.

Kelebihan / kepintaran dengan level rata-rata akan lebih sulit untuk dikenal oleh orang lain.

#3 Memiliki Manajemen Waktu

Time schedule dan manajemen waktu itu penting guys, buatlah jadwal waktu rutinitas kita sehari-hari. Dengan memiliki jadwal waktu tersebut, kita dapat mengetahui apa yang harus dilakukan hari ini.

Mengikuti time schedule yang sudah dibuat membuat diri kita lebih disiplin dalam manajemen waktu. Dengan tidak memiliki manajemen waktu yang baik, maka kita tidak akan tahu mana aktivitas yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Kamu tidak memiliki target dalam hidup sehingga perlahan waktu akan berlalu dan kita menyesal di kemudian hari.

#4 Rencana SUKSES

Memaksimalkan potensi diri kita dengan cara memiliki perencanaan untuk sukses. Buat / tulislah perencanaan suksesmu sendiri ke depan. Hal ini berguna agar kamu memiliki tujuan dalam hidup dan mengecek apakah kamu sudah berada di jalur yang benar atau tidak.

Tuliskan segala impian yang ingin kamu raih. Tak lupa, tuliskan juga secara spesifik apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai impian tersebut.

#5 Be Positive

Utamakan untuk selalu berpikir positif di berbagai hal. Dengan berpikir positif akan mengantarkan diri kita menjadi pribadi yang penuh percaya diri, tidak mudah untuk berputus asa dan selalu bersemangat dalam menghadapi tantangan.

Jika ada impian yang belum berhasil diraih (gagal), maka dengan positif untuk selalu bangkit dari kegagalan tersebut.

#6 Membuat Catatan Ide-Ide

Ini salah satu tips memaksimalkan potensi diri yang tak boleh diabaikan walaupun terlihat sepele. Ide dapat muncul kapan pun dan dimana pun. Tidak kenal tempat dan waktu. Selalu bawa buku catatan kecil untuk menuliskan ide / gagasan segar yang datang tiba-tiba.

Jika tidak ditulis, gagasan / ide tersebut akan hilang sia-sia. Siapa tahu dari ide tersebut, ada rencana besar yang dapat kamu buat.

#7 Menjalin Komunikasi yang Baik

Ingat, pintu kesuksesan bisa datang darimana saja, termasuk dari orang-orang yang kita kenal. Jalin komunikasi yang baik dengan setiap orang, tanpa harus melihat latar belakangnya. Bisa jadi, pintu menuju impian kita berasal dari orang-orang yang kita kenal.

Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan banyak orang, maka semakin lebarlah pintu-pintu sukses kita tersebut.

#8 Say NO to GAPTEK

Potensi diri kita akan jauh lebih maksimal dengan bantuan teknologi terkini. Terlebih di era serba digital saat ini. Hampir aktivitas sehari-hari tidak akan lepas dari teknologi. Selalu update informasi, berita, ilmu kamu dengan bantuan teknologi tersebut.

Jika kita memiliki potensi / skill berjualan, dengan bantuan teknologi seperti aplikasi marketplace (Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dll) akan semakin membantu kita dalam penjualan. Demikian juga, potensi-potensi lainnya yang dapat dimaksimalkan dengan bantuan teknologi.

#9 Jaga Kesehatan

Memaksimalkan potensi diri kita akan lebih mudah dengan menjaga kualitas hidup. Dengan menjalani gaya hidup sehat, kualitas hidup kita akan jauh lebih baik. Kesehatan faktor terpenting dalam upaya mendukung dinamisnya hidup kita.

Hindarkan dari mengonsumsi makanan yang kurang baik untuk kesehatan, selalu rutin berolahraga, dan gaya hidup sehat lainnya. (Baca Lebih Lanjut: 4 Langkah Mudah Jalani Hidup Sehat.)

Raga yang kuat, jiwa yang sehat, modal penting dalam menghadapi tantangan demi tantangan ke depannya.

#10 Berdoa dan Bersyukur

Faktor penting dalam mendukung usaha memaksimalkan potensi diri kita adalah ibadah. Jangan lupakan aktivitas satu ini. Selalu percaya dengan besarnya kekuatan doa. Setiap ikhtiar kita sebagai manusia selalu bergantung akan ketetapan dari-Nya. Mudahkan jalan ikhtiar kita tersebut dengan doa-doa yang selalu kita panjatkan.

Dengan beribadah dan berdoa akan membuat diri kita menjadi pribadi yang selalu bersyukur dengan apa yang sudah dicapai hingga saat ini. Dengan bersyukur tersebut, bahagia akan kita raih.

==========

Kesepuluh tips memaksimalkan potensi diri yang kita miliki tersebut sangat bergantung pada diri kita sendiri, apakah akan menerapkannya atau tidak. Suksesmu ada pada dirimu!

Referensi: www.dusdusan.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.
Komentar