Jatik.com
to Inspire. be Social.

Bukan Pemalu, Tapi Aku Itu Introvert. Ini Ciri Ciri Introvert

0 1.094

Sebagian besar orang menganggap bahwa pemalu dan introvert adalah dua hal yang sama. Tetapi, sebenarnya tidak demikian. Apabila kamu selama ini merasa dirimu adalah seorang yang pemalu, tunggu dulu, jangan terlalu yakin. Ada ciri ciri introvert yang harus kamu ketahui. Apa saja?

Ya, dengan memahami ciri ciri introvert ini dan apabila kamu merasa ada kecocokan dengan ciri-ciri tersebut, berarti kamu bukan seorang pemalu, tetapi seorang introvert.

Berikut 14 ciri ciri introvert yang perlu kamu tahu.

#1 Sangat menikmati ME TIME

Bagi orang introvert, sering kali ingin merasa sendiri dan menikmati waktu sendiri (ME TIME) tersebut. Saat waktu sendiri tersebut, orang-orang introvert biasanya memanfaatkannya untuk memikirkan / merenungkan sesuatu secara mendalam.

#2 Tidak / kurang menyukai pembicaraan ringan (basa-basi)

Orang introvert itu tipe pemikir. Bagi orang tipe ini, membicarakan hal-hal yang ringan (basa-basi), tidak disukai. Mereka lebih senang dengan pembicaraan yang substantif. Orang introvert senang membicarakan hal-hal ‘berat’ seperti tujuan hidup, teori, gagasan, dan segala aspek kehidupan.

Tetapi, di sisi lain, dia dapat menjadi pendengar yang baik. Maksudnya, jika ada pembicaraan / diskusi ringan, maka dia lebih suka mendengar daripada terlibat dalam pembicaraan tersebut.

#3 Kurang menyukai dering HP

Ciri ciri introvert berikutnya adalah tidak nyaman ketika mendengar dering handphone. Orang tipe ini kurang menyukai obrolan via telepon. Bahkan, bisa jadi tidak mau menerima panggilan telepon walaupun dari keluarga / sahabatnya.

Bagi orang introvert, dering telepon dapat mengganggu konsentrasinya saat berfokus terhadap sesuatu. Terkadang, dia dapat menerima telepon dari orang tertentu saja dan bersama orang ini dia dapat menghabiskan waktu untuk mengobrol.

#4 Tidak langsung membalas pesan

Biasanya, tipe orang introvert tidak langsung membalas pesan yang dikirimkan kepadanya, walaupun itu pesan dari keluarganya. Ciri ciri introvert pada umumnya membalas pesan saat dalam konsentrasi penuh dan tidak terbagi waktunya dengan aktivitas yang lain. Bahasa yang digunakan untuk membalas pesan tersebut biasanya bahasa yang substantif dan jelas.

#5 Tidak menyukai keramaian

Keramaian dapat membuat orang-orang introvert merasa gila. Mereka lebih menyukai komunikasi secara personal. Bukan berarti mereka takut dengan kerumunan orang banyak. Tetapi, tipe ini lebih senang saat berkomunikasi personal dalam membicarakan sesuatu.

Orang tipe ini jika terjebak dalam kumpulan / kerumunan orang yang membicarakan hal-hal tidak penting, biasanya ingin cepat pergi dari tempat tersebut.

#6 Bukan antisosial, tetapi selektif

Ciri ciri introvert lainnya adalah tipe yang selektif. Banyak yang beranggap bahwa introvert antisosial. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Mereka lebih cenderung untuk berhati-hati. Menjalin pertemanan harus dengan ritme yang pelan karena ingin mengetahui dengan baik seperti apa karakter orang sebelum benar-benar akrab dengannya.

Orang introvert biasanya hanya terbuka kepada beberapa orang saja.

#7 Lebih nyaman hangout dengan beberapa orang saja

Orang introvert jarang sekali hadir di acara-acara yang ramai dan banyak orang berkumpul. Bisa jadi hanya sesekali saja. Lebih senang jika jalan dengan sedikit orang karena akan lebih dekat.

#8 Pengamat yang cermat

Sering kali orang-orang tipe introvert mengamati lingkungan sekitarnya dengan mendetail. Mereka lebih senang untuk mendalami apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Lebih menyukai untuk mengamati orang-orang yang berjalan lalu-lalang, sambil memikirikan apa yang sedang dipikirkan orang-orang tersebut. Mereka biasanya selalu ingin mencari jawaban tentang banyak hal di sekitarnya.

#9 Pendengar yang baik dan serius saat mendengarkan

Tipe orang ini dapat menjadi pendengar yang baik. Dia senang mendengarkan, mengamati, dan berusaha memahami. Tetapi, dia tidak dapat memberikan respon / jawaban dengan cepat. Dia hanya merespon jika diminta.

#10 Banyak berpikir sebelum berbicara

Tipe introvert selalu berhati-hati jika hendak berbicara. Dia lebih memilih untuk memikirkannya lebih dahulu dan menghindari menyampaikan hal-hal yang sia-sia. Saat berpendapat, orang tipe ini selalu ingin membuat argumen yang bermutu dan berbobot.

#11 Lebih cenderung suka menulis

Tipe introvert lebih cenderung menyukai bahasa tulisan daripada lisan. Dia lebih memilih untuk menulis dalam mengungkapkan sesuatu.

#12 Perencana yang baik

Kepribadian introvert memiliki kecermatan dalam merencanakan sesuatu, lalu menjalankan setiap rencana yang sudah dibuat dengan baik.

#13 Bisa menebak karakter orang lain

Orang dengan kepribadian introvert biasanya lebih jeli dalam menebak karakter seseorang. Mereka mengamatinya dari sikap, penampilan orang tersebut. Hal ini terjadi karena dia senang untuk mengamati orang-orang dengan mendalam.

#14 Menjadi sahabat yang baik

Dia dapat menjadi sahabat yang setia dan baik. Orang tipe ini sejak awal selektif dalam memilih orang untuk menjadi sahabatnya dan tidak bergaul dengan banyak orang. Jika sudah menemukan seseorang yang tepat untuk menjadi sahabat, dia akan selalu setia.

Referensi: www.psychologytoday.com

Loading...
Sumber www.isigood.com
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.
Komentar