25+ Ide Nama Keren dalam Bahasa Kuno Sansekerta

0 50.788

Banyak orang Indonesia yang suka memberikan nama anaknya dengan nama-nama dari Bahasa Kuno Sanskerta (ejaan tidak baku Sansekerta). Mungkin karena kedengarannya keren atau magis kali ya. Atau untuk melestarikan tradisi budaya. Atau salah satu dari kamu, memiliki nama-nama di bawah ini. Tetapi apakah kamu tahu arti / makna beberapa nama dalam Bahasa Kuno Sanskerta berikut ini? Yuk disimak, ternyata artinya keren-keren loh.

Terkhusus untuk Anda yang sudah berstatus sebagai orang tua, tentu ingin memberikan nama yang terbaik bagi bayinya. Nama-nama yang baik bisa diambil dari manapun, di Islam ada kitab Al Qur’an atau Sunnah Nabi yang bisa menjadi rujukan, ataupun nama-nama dalam sejarah Islam. Di sejarah bangsa Indonesia, nama-nama dari bahasa kuno Sanskerta ternyata juga menjadi idola bagi para orangtua. Alhasil, banyak sekali orang yang memiliki beberapa nama dalam bahasa tersebut. Yang terpenting dari sebuah nama, adalah harapan/doa dari orangtua kepada anaknya. Diharapkan dengan nama yang baik, maka baiklah si anak di kemudian hari.

1. Nama Bayu

Makna Bayu
Makna Bayu yang berarti Angin

Bayu, atau Vayu, berarti angin. Bayu juga adalah sosok Dewa Angin dalam mitologi India dan Persia. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Aryo Bayu, aktor Indonesia.

2. Kirana

makna kirana
Makna Kirana yang berarti Sinar

Kirana berarti sinar. Kata Kirana dapat berdiri sendiri, dan dapat juga dipasangkan dengan kata lain. Seperti Surya Kirana yang berarti sinar matahari, dan Candra Kirana yang berarti sinar bulan. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah GKR Candra Kirana (Condro Kirono), salah satu putri Sultan HB X dari Yogyakarta.

3. Nirmala

Makna Nirmala
Makna Nirmala yang berarti Bersih

Nirmala berarti bersih atau murni. Kata ini biasanya diberikan pada anak perempuan. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Nirmala, peri cantik dalam serial komik di Majalah Bobo.

4. Gita

Makna kata Gita
Makna kata Gita berarti Lagu

Gita berarti lagu, kidung, atau nyanyian. Gita juga biasa digunakan untuk menyebut Bhagawad Gita (Nyanyian Tuhan), kitab yang berisi ajaran kebijaksanaan. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Gita Gutawa, penyanyi Indonesia.

5. Kusuma

makna kusuma
Makna Kusuma berarti bunga

Kusuma berarti bunga. Kata ini bisa diberikan pada anak laki-laki ataupun perempuan, serta dipasangkan dengan kata lain seperti Kusuma Wardhani atau Kusuma Wardhana. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Halim Perdana Kusuma, pahlawan nasional Indonesia.

6. Cakra

Makna Cakra
Makna Cakra yang berarti roda

Cakra berarti roda. Nama ini biasanya bermakna filosofis mengenai gerak dalam diri, pikiran, maupun semesta. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Umar Said Cakraaminata (Cokroaminoto), pendiri Sarekat Islam. Kapal perang legendaris milik Kesultanan Aceh abad ke-17 juga memakai kata ini, yaitu Cakra Dunia. Cakra juga menjadi nama dari salah satu penyanyi Indonesia, Cakra Khan. Atau biasa disebut-sebut juga dalam serial Naruto.

7. Paramita

Makna Paramita
Makna kata Paramita

Paramita berarti kesempurnaan. Kata ini mengacu pada puncak keluhuran dari nilai-nilai yang diagungkan manusia. Seperti Pradnya Paramita yang berarti kesempurnaan hikmah. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Dian Paramita Sastrowardoyo (Dian Sastro), aktris Indonesia.

8. Giri

Makna Giri
Makna dari Giri berarti Gunung

Giri berarti gunung. Kata ini dapat disandingkan dengan kata lain, semisal Giri Tirta yang berarti air pegunungan. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Sunan Giri, salah satu Wali Songo.

9. Ratna

makna Ratna
Makna kata Ratna berarti permata

Ratna berarti permata. Dapat disandingkan dengan kata lain seperti Ratna Sari yang berarti inti permata, dan Ratna Segara yang berarti lautan permata. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Ratna Kencana (Retno Kencono), Ratu Jepara yang mengirim armada laut melawan Portugis di Malaka.

10. Indra

makna kata indra
Makna kata Indra berarti penguasa

Indra berarti penguasa atau raja. Indra juga berarti pemilik tetesan, mengacu pada sosok Indra, dewa hujan dan penguasa surga (swargaloka). Kata Indra juga dapat dipadatkan menjadi bentuk lain, seperti Mahendra dari kata Maha Indra dan Ganendra dari kata Gana Indra. Bentuk perempuan dari nama Indra adalah Indri.

Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Indra Sjafri, mantan pelatih timnas Indonesia U-19. Banyak daerah yang juga memakai nama Indra, seperti Indralaya di Sumatera Selatan. Artis-artis di Indonesia juga banyak yang menyematkan kata Indra, seperti Indra Bekti, Indra Herlambang, Indra Lesmana, dll.

11. Adi

Makna nama Adi
Makna Adi yang berarti pertama

Adi berarti yang pertama, utama, atau paling besar. Nama ini biasanya diberikan pada anak pertama. Kata “adi” juga bisa disandingkan dengan kata lain, seperti Adi Karya yang berarti karya terbesar. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Adi Bing Slamet, aktor dan komedian Indonesia.

12. Santi

Makna nama Santi
Makna kata Santi yang berarti damai

Santi atau Shanti (dibaca Syanti) berarti damai. Varian kata ini adalah Santika atau Shantika (kadang juga ditulis Cantika), yang bermakna doa untuk kedamaian. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Susi Susanti, atlet bulutangkis Indonesia.

13. Agni

Makna nama Agni
Arti kata Agni bermakna api

Agni berarti api. Agni juga adalah sosok Dewa Api dalam mitologi India. Nama Agni dapat diberikan pada anak laki-laki ataupun perempuan. Tokoh yang memakai kataa ini di antaranya adalah Agni Pratistha, aktris Indonesia.

14. Wira

Makna nama wira
Arti kata Wira yang bermakna pemberani

Wira atau Vira berarti pemberani, pendekar, atau pahlawan. Kata ini biasa dipakai dalam lingkungan militer, seperti Wira Yudha dan Wira Bhakti. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Akhadi Wira Satriaji (Kaka Slank), musisi Indonesia.

15. Dipta

Makna Dipta
Makna Dipta yang berarti cerah

Dipta berarti cerah, terang, atau putih. Dipta juga adalah nama lain dari Laksmi, Dewi Kemakmuran dalam mitologi India. Kata Dipta bisa digunakan untuk anak perempuan atau laki-laki. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah I Wayan Dipta, pahlawan zaman kemerdekaan dari Gianyar, Bali.

16. Widya

Makna nama Widya
Makna kata Widya berarti bijaksana

Widya atau Vidya berarti kebijaksanaan. Kata ini biasa dipakai dalam lingkungan pendidikan, seperti Widya Tama dan Widya Mandala. Tokoh yang menggunakan kata ini di antaranya adalah Widyawati, aktris Indonesia.

17. Aruna

Makna Aruna
Makna Aruna yang berarti fajar

Aruna berarti fajar atau warna merah, karena fajar biasanya berupa semburat merah di langit. Kata ini bisa digunakan untuk anak laki-laki atau perempuan. Aruna dipakai sebagai tokoh utama dalam novel karya Laksmi Pamuntjak yang berjudul ‘Aruna dan Lidahnya’. Kata ini juga dipakai oleh sebuah kuil Buddha terkenal di Bangkok, yaitu Wat Arun yang berarti kuil fajar.

18. Bima

Makna kata Bima
Makna kata Bima yang berarti dahsyat

Kata Bima berarti dahsyat, ganas, atau mengerikan. Salah satu tokoh wayang bernama Bima karena kedahsyatan kekuatannya. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Bima Arya, walikota Bogor. Terdapat juga daerah yang menggunakannya, seperti Kota Bima di NTB.

19. Wimala

Makna nama Wimala
Makna Wimala yang berarti tak bernoda/suci

Wimala berarti suci atau tak bernoda. Nama ini lebih sering dipakai untuk anak perempuan. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Sigi Wimala, aktris dan sutradara Indonesia.

20. Sundari

Makna nama Sundari
Arti kata Sundari yang bermakna cantik

Sundari berarti cantik atau manis. Kata ini biasa dipakai anak perempuan. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya Sundari Sukoco, penyanyi istana negara.

21. Narayana

Makna nama Narayana
Arti Narayana yang bermakna anak manusia

Narayana berarti anak manusia. Nama ini juga menjadi julukan bagi Dewa Wisnu dan Krisna dalam mitologi India. Tokoh yang memakai kata ini di antaranya adalah Dhira Narayana, ketua Lingkar Ganja Nusantara.

22. Saraswati

Makna nama Saraswati
Makna Saraswati yang berarti “yang mengalir”

Saraswati atau Sarasvati berarti aliran atau yang mengalir. Nama ini awalnya merupakan nama sebuah sungai di India, kemudian dikenal juga sebagai nama dewi ilmu pengetahuan dan seni. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Isyana Sarasvati, musisi Indonesia.

23. Sudarsana

Arti nama Sudarsana
Arti Sudarsana yang bermakna indah

Sudarsana berarti indah atau baik dipandang. Nama ini menyiratkan optimisme dan masa depan yang baik. Sudarsana juga merupakan nama salah satu senjata pamungkas Dewa Wisnu. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Ki Manteb Sudarsono, maestro dalang Indonesia.

24. Nanda

Makna nama Nanda
Nanda bermakna bahagia

Nanda berarti bahagia. Dalam kisah wayang, Nanda adalah nama ayah angkat Kresna/ Krisna. Nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Nanda Telambanua, atlet angkat besi asal Sumatera Barat.

25. Prabu

Makna nama Prabu
Prabu berarti tuan

Prabu berarti tuan atau pangeran. Di masa lalu, nama Prabu sering menjadi gelar untuk raja atau penguasa daerah. Misalnya Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Tokoh yang memakai nama ini di antaranya adalah Prabu Revolusi, pembaca berita dan jurnalis.

26. Yuda

Makna nama Yuda
Yuda bermakna perang

Yuda atau Yudha berarti perang atau pertempuran. Nama Yuda sering digunakan di lingkungan militer, misalnya Jaya Yudha atau Cakra Yudha. Yuda adalah nama salah satu tokoh utama dalam novel Bilangan Fu karya Ayu Utami.

27. Bajra

Makna nama Bajra
Bajra bermakna berlian

Bajra atau Vajra berarti berlian atau halilintar. Bajra juga merupakan nama senjata atau alat upacara yang biasa dipakai dalam ritual-ritual Hindu, Buddha, dan Jain. Monumen perjuangan rakyat Bali yang terletak di Denpasar bernama Bajra Sandhi.

Sumber Tulisan:

Facebook pribadi Mita Handayani.

Loading...