Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Cara Mengatasi Sembelit Secara Cepat dan Alami Tanpa Obat-Obatan

Mengkonsumsi air jeruk lemon merupakan salah satu caranya.

0 120

Saat kita makan suatu makanan, sistem pencernaan kita akan menguraikannya sehingga tubuh bisa menyerap semua nutrisi dan air yang dikandung makanan tersebut. Sisa dari penguraian makanan ini yang kemudian menjadi tinja. Begitu tinja terbentuk, otot usus akan bekerja untuk mendorong tinja melewati usus besar dan keluar melalui rektum. Seluruh proses ini seharusnya mudah dan alami. Jika tidak mudah, berarti Anda mengalami sembelit. Bagaimana cara mengatasi sembelit secara cepat dan alami?

Bila Anda mengalami sembelit, itu berarti otot-otot yang bekerja untuk mendorong tinja melalui usus besar tidak bekerja dengan baik. Kurangnya kinerja usus ini akan mengakibatkan buang air besar menjadi tidak teratur  yang akan menyebabkan tinja Anda menjadi keras dan kering.

Penyebab Umum Sembelit

Untuk cara mengatasi sembelit secara cepat dan alami, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa penyebab sembelit tersebut. Pada beberapa kasus sembelit bisa diderita oleh mereka yang bahkan memiliki pola makan yang sehat dan tidak juga mengalami gangguan lain seperti stress. Segera konsultasikan ke dokter Anda jika anda mengalami sembelit tanpa sebab yang anda pahami.

Umumnya Konstipasi (Sembelit) paling sering disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan. Makanan ini biasanya memiliki banyak kalori namun nilai gizi sangat rendah, sehingga menyebabkan sistem pencernaan sulit untuk memecah makanan olahan tersebut.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada usus dengan melemahkan dinding usus besar Anda secara perlahan namun pasti.

Melemahnya dinding usus besar akan membuat sulit untuk mendorong tinja melalui usus besar. Karena makanan olahan sulit untuk menembus usus besar, otot usus Anda akan mulai terasa lelah dan akhirnya menyerah sama sekali. Hal ini kemudian akan menyebabkan sembelit.

Cara Mengatasi Sembelit Secara Cepat dan Alami

Anda bisa mengatasi sembelit dengan cepat menggunakan obat yang bisa anda temukan di apotik terdekat,  akan tetapi menggunakan obat-obatan kimia sangatlah tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Obat sembelit ini memiliki efek samping yakni sindrom malas BAB, dimana usus anda tidak bisa bekerja dengan baik jika tidak diberikan obat-obatan tersebut.

Cara mengatasi sembelit secara cepat dan alami menggunakan bahan-bahan alami merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi sembelit, karena aman dan minim efek samping. Berikut adalah beberapa tips mengatasi sembelit dengan mudah dan aman.

Minum Air

Barangkali terdengar spele dan sederhana, namun ketika tubuh menerima cukup air, sistem pencernaan bisa mengolah nutrisi dan memindahkan limbah didalam tubuh dengan lancar. Otot usus juga lebih efisien dan mampu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak.

cara mengatasi sembelit dengan minum air putih
Cara mengatasi sembelit dengan minum air putih. Kredit Gambar: www.hellosehat.com

Pertanyaannya adalah: berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Jika Anda merasa haus, itu adalah salah satu indikasi bahwa Anda mungkin harus minum. Cobalah 8 sampai 16 ons setiap dua jam. Secara umum, Anda harus membagi berat badan Anda menjadi dua. Jika berat badan Anda 150 pon, maka Anda harus minum 75 ounces per hari. Anda mungkin perlu mengubah ini berdasarkan tingkat aktivitas Anda.

Teh Hijau

Teh hijau membantu mengatasi sembelit dengan menjaga lebih banyak empedu di saluran pencernaan Anda. Empedu merupakan pencahar alami dalam tubuh, karena akan memberi kelembaban lebih pada tinja. Oyama Slim Tea dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengatasi sembelit secara alami. Oyama Slim Tea juga diperlengkap dengan ekstrak daun senna, yang sudah terkenal manfaatnya dalam mengatasi sembelit.

Beberapa penelitian ilmiah telah mengkonfirmasi fakta ini.

Satu studi  menemukan bahwa teh hijau menurunkan kadar serum (darah) dan kolesterol hati. Para periset menemukan bahwa jumlah kolesterol darah yang lebih rendah disebabkan oleh peningkatan yang signifikan pada cairan tinja dan tinja feses (lebih banyak empedu dan kolesterol dalam tinja Anda berarti lebih banyak pelumasan).

cara mengatasi sembelit dengan minum teh hijau
Minum teh hijau secara rutin juga dipercaya mampu mengobati sembelit. Kredit Gambar: hellosehat.com

Studi lain menemukan bahwa katekin teh hijau memiliki efek penghambatan pada penyerapan asam empedu usus. Studi pertama menunjukkan bahwa teh hijau membuat Anda mengeluarkan lebih banyak empedu.

Studi kedua ini menjelaskan bahwa teh hijau mengurangi aktivitas pengangkut empedu usus kita yang bertanggung jawab untuk menyerap kembali asam empedu ke dalam sistem kita yang berarti lebih banyak empedu yang tersedia untuk melembabkan tinja Anda.

Jeruk Lemon

Mengobati sembelit secara cepat dan alami juga bisa dengan menggunakan jeruk lemon. Asam sitrat dalam jus lemon bertindak sebagai stimulan untuk sistem pencernaan Anda dan dapat membantu mengeluarkan toksin dari tubuh Anda untuk mengurangi sembelit.

cara mengatasi sembelit dengan air jeruk lemon
Air jeruk lemon juga alternatif cara mengatasi sembelit secara cepat dan alami. Kredit Gambar: dedaunan.com

Peras jus lemon segar ke dalam segelas air setiap pagi, atau tambahkan lemon ke dalam teh hijau. Anda mungkin menemukan minuman asam yang menyegarkan tidak hanya bertindak sebagai obat alami untuk sembelit Anda.

Tetapi juga membantu Anda minum lebih banyak air setiap hari, yang akan memperbaiki pencernaan jangka panjang Anda. Selain itu, lidah buaya juga dapat menjadi alternatif alami untuk cara mengatasi sembelit dan masalah kegemukan.

Berolah Raga

Berjalan 15 menit dapat membantu pemindahkan makanan melalui otot usus lebih cepat. Jika Anda merasa mengantuk setelah makan berat, cobalah untuk bergerak dan bukannya berbaring.

olahraga rutin untuk mencegah sembelit
Berolahraga secara rutin dapat mencegah diri dari sembelit. Kredit Gambar: thejack.co

Berolah raga yang cukup membantu melancarkan peredaran darah yang akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Olah raga merupakan cara mudah dan murah untuk mengatasi sembelit secara cepat dan alami.

=================

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit secara cepat dan alami tanpa obat-obatan yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Yuk, mulai hidup sehat!

Loading...
Sumber HS
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

tujuh − 2 =