Jatik.com
to Inspire. be Social.

Sedang Kalut? Ikuti 10 Cara Menenangkan Pikiran ini

1 598

Apakah saat ini pikiranmu sedang keruh, bete, kalut? Terkadang seperti berada di pasar yang ramai tetapi kamu merasa sendiri? Ingin teriak sekeras-kerasnya? Kekalutan ini bisa diatasi dengan mencoba 10 cara menenangkan pikiran dan hati ini.

Setiap kekalutan tentu memiliki akar masalah yang sebaiknya dicari terlebih dahulu. Tetapi, terkadang usaha kita untuk mencari akar masalah tersebut terasa buntu dan bahkan semakin kalut.

Agar tak terus terjebak dalam kondisi ini, berusahalah untuk keluar darinya dengan mencoba beberapa langkah seperti yang telah disebutkan dalam artikel ini. Selain itu, kamu juga bisa mencoba langkah lainnya.

Sepuluh cara menenangkan pikiran yang bisa kamu coba berikut:

1. Berjalan-jalanlah

Carilah udara segar, kondisi yang baru. Berusaha lepaskan semua butek-nya pikiran dengan mencari tempat-tempat yang menyenangkan. Dengan mendapatkan udara yang jauh lebih segar, pikiran akan kembali jernih. Dan, kamu bisa memulai memecahkan masalah yang dihadapi.

2. Hindari mengkonsumsi gula

Jika kamu ingin memahami apa itu kabut otak, makanlah donat manis saat perut kosong, lalu cobalah menghitung matematika dua puluh menit kemudian.

Apa yang akan kamu alami, bersama dengan gula adalah kabut otak. Paling tidak untuk sementara, hindari terlebih dahulu mengkonsumsi gula dan karbohidrat sebagai salah satu cara menenangkan pikiran dengan lebih sederhana.

3. Ruang kerja terorganisir berarti berpikir jernih

Sangat jarang seseorang bisa bekerja lebih baik dalam kekacauan. Ruang kerja terorganisir berarti kamu tidak akan memiliki pemikiran “di mana benda ini, aku taruh dimana benda itu …” yang akan selalu mengganggu pikiranmu.

4. Tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu harus mengetahui berapa minimum durasi tidur yang baik terlebih dahulu. Sebagian besar merekomendasikan antara 6-7 jam.

Ada seseorang yang akan menderita jika kurang tidur dari delapan jam sehari. Penelitian menunjukkan bahwa setelah kuantitas minimum tertentu, kualitas tidur lebih penting untuk fungsi otak normal.

5. Cobalah bermeditasi (sholat malam bagi muslim)

Kamu tak punya waktu untuk bermeditasi? Tutup matamu, rileks, dan dengarkan napasmu untuk sementara waktu. Terimalah bahwa pikiranmu akan mengembara, dan terus kembalikan perhatianmu ke napas.

Lakukan selama minimal lima menit dalam setiap hari, dan setelah itu kamu akan merasakan dorongan dalam kekuatan otak. Pikiran akan jauh lebih tenang dan jernih.

Bagi kamu yang muslim, sholat malam (tahajjud) sangat membantu dalam meredakan pikiran yang kalut. Tumpahkan semua permasalahanmu hanya kepada-Nya. Atau mengikuti tips menenangkan hati disini.

6. Selesaikan “iritasi pikiranmu”

Perhatikan pikiranmu yang sibuk tersebut. Apa yang menyebabkan pikiran tersebut terus sibuk. Mungkin ada permasalahan yang memang mau tidak mau harus diselesaikan. Kalau tidak, akan terus mengganggu, tepat di bawah kesadaran.

Temukan akar permasalahan stress tersebut, lakukan sesuatu untuk membiarkannya pergi. Uraikan satu per satu, tuliskan dalam daftar permasalahan. Coba cari solusinya sekarang juga. Seringkali menunda untuk menyelesaikan permasalahan, akan berakibat jauh lebih buruk terhadap diri kita.

7. Jangan minum alkohol, jauhkan diri dari narkoba

Jangan pernah terjebak dalam bujuk rayu alkohol dan narkoba. Walaupun, kamu dibujuk oleh orang terdekatmu untuk menghilangkan pikiran yang kalut dengan mengkonsumsi narkoba atau alkohol, jangan pernah dengarkan.

Semua bukti menyebutkan bahwa keduanya sangat buruk bagi kesehatan otakmu untuk jangka panjang. Bukan dapat menenangkan pikiran, malah kamu akan mendapatkan permasalahan baru.

8. Buat keputusan dengan cepat

Tidak ada yang bisa menuju ke ketenangan pikiran, jika membiarkan pikiran-pikiran liar terus berkeliaran tanpa dipangkas. Jika tidak ada yang lain, tentukan kapan kamu akan mengambil keputusan.

9. Dapatkan udara segar

Pergilah ke luar dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung, terutama di pagi hari. Kamu akan mendapatkan dosis oksigen yang baik ke otak, dan perubahan lingkungan bisa membantu membersihkan pikiran.

10. Penuhi kebutuhan fisikmu

Kamu akan lebih mendapatkan lebih jernih jika tidak dalam kondisi terlalu lapar, haus, atau panas. Tetapi, hindari makanan-makanan yang berlemak, ataupun junk food.

10 cara menenangkan pikiran tersebut bisa kamu lakukan dari sekarang. Tentu ada lebih dari sepuluh cara, tetapi kamu benar-benar hanya perlu melakukan beberapa di antaranya menjadi kebiasaan untuk memiliki otak yang lebih kuat. Mengapa tidak mencoba satu atau dua langkah di atas dari sekarang?

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.