Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Cara Melatih Konsentrasi Saat Membaca

0 139

Kamu hobi membaca? Tantangan terbesar dari hobimu tersebut adalah mempertahankan tingkat konsentrasi dalam membaca. Nah, buat kamu yang ingin bisa lebih fokus saat membaca, berikut lima cara melatih konsentrasi saat membaca.

Dengan tingkat konsentrasi yang stabil dan baik, tentu kamu bisa memcapai hasil yang jauh lebih maksimal dalam membaca dan mempelajari hal-hal penting dalam bacaan tersebut. Sebelumnya, kami juga telah menuliskan beberapa tips sederhana dalam meningkatkan konsentrasi.

Berikut ini 5 cara melatih konsentrasi sehingga dapat lebih fokus dalam membaca.

#1 Mengambil Jeda Waktu

Membaca buku dengan menghabiskan waktu yang cukup lama terkadang akan menyiksa. Bahkan, belum tentu kita dapat memahami isi bacaannya dan mata menjadi lelah.

Terlebih lagi jika kita ingin berusaha untuk fokus memahami bacaan tersebut, akan lebih sulit. Maka, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk membaca buku dalam waktu yang lama. Berikan jeda istirahat di setiap aktivitas membaca kita. Mungkin, minimal 15-30 menit untuk jeda istirahat agar lebih fresh.

#2 Melakukan meditasi

Salah satu cara melatih konsentrasi yang direkomendasikan adalah dengan melakukan meditasi. Aktivitasi ini sangat baik dalam membantu meningkatkan daya fokus. Cobalah untuk bermeditasi selama beberapa waktu untuk membiasakan tubuh dalam fokus dan konsentrasi pada sesuatu.

Dengan melakukan meditasi secara rutin akan semakin memberikan kesempatan dalam mengasah teknik fokus / konsentrasimu.

#3 Mencari suasana baru

Bisa jadi, daya konsentrasi kita menurun karena melakukan aktivitas berulang-ulang dalam tempo waktu dan tempat / kondisi yang sama. Untuk mengatasinya, sesekali carilah suasana yang baru sehingga pikiran jauh lebih segar.

Bisa jadi, kamu mencari tempat baru untuk melakukan aktivitas membacamu seperti membaca di taman, di perpustakaan, ataupun tempat-tempat yang menjadi favoritmu.

Kamu juga bisa mencari suasana baru dengan berlibur ke tempat / destinasi wisata yang benar-benar berbeda untuk menyegarkan kembali pikiran yang kusut. Ketika pikiran sudah kembali fresh, mood akan meningkat, daya konsentrasi pun juga kembali naik.

#4 Menjalankan pola hidup sehat

Tak hanya latihan fisik, faktor lain yang mempengaruhi daya konsentrasi adalah pola hidup yang kita jalani sehari-hari. Terapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya konsentrasi dan fokusmu. Dalam asupan makanan, konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Cukupkan gizi dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan, bisa jadi pencernaan bekerja ekstra keras sehingga mudah mengantuk. Jika rasa kantuk sudah hadir, maka akan lebih sulit untuk berkonsentrasi.

Tak hanya faktor makanan, pola hidup sehat juga terkait dengan pola aktivitas olahraga. Lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Tak perlu memulai dengan olahraga berat, gerakan olahraga yang ringan seperti jalan kaki sangat bagus untuk kesehatan. Apabila tubuhmu sehat, maka daya konsentrasi tentu akan jauh lebih baik.

#5 Menjalani istirahat yang cukup

Kebugaran tubuh kita juga berpengaruh terhadap kemampuan berkonsentrasi. Apabila waktu beristirahat yang kamu miliki kurang, maka tubuh akan terlalu lelah untuk melakukan aktivitas-aktivitas, walaupun sekedar membaca.

Istirahat yang cukup akan membantu melemaskan syaraf-syaraf yang tegang karena beraktivitas. Tubuh akan menjadi lebih bugar / fit sehingga berdampak langsung pada daya konsentrasi yang juga meningkat.

Itulah setidaknya lima cara melatih konsentrasi yang bisa kamu lakukan, terlebih untuk menunjang hobi membacamu. Semoga memberikan manfaat ya.

Referensi: dusdusan.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.