Jatik.com
to Inspire. be Social.

Kabinet Dapur Modern & Elegan ini, Sangat Direkomendasikan!

0 148

Kabinet dapur oleh banyak orang lebih dikenal dengan sebutan lemari dapur (bedanya hanya penempelan di dinding), salah satu bagian penting dari desain dapur minimalis. Di era modern saat ini, kabinet dapur tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan makanan, tetapi juga sebagai salah satu fitur keren pelengkap dari interior dapur dalam hal ini kitchen set minimalis. Bagi anda pemilik rumah minimalis, tentu keberadaan kabinet dapur sangat memberikan karakter modern dan elegan dari rumah anda. Salah satu desain dapur modern yang populer dan kekinian, menggunakan interior serba putih, dengan kabinet dapur berwarna hitam, dan peralatan-peralatan dapur stainless. Ini akan memperkuat kesan minimalis bergaya modern.

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki konsep dapur yang minimalis, maka salah satu poin penting untuk dipertimbangkan adalah keberadaan kabinet dapur dari segi bentuk dan posisinya. Jika anda ingin desain dapur yang keren, maka kabinet dapur yang eye catching bisa dipertimbangkan. Memang, fungsi kabinet dapur sangat praktis dibandingkan dengan lemari dapur yang banyak membutuhkan tempat. Maka tidak heran, jika banyak toko-toko furniture di pasaran yang menjual kabinet ini. Sebagai informasi, kabinet dapur itu sendiri terbagi dalam tiga jenis, yaitu custom, semi custom, dan stock kabinet. Apa saja beda dari ketiga jenis kabinet tersebut?

1. Stock Kabinet

Model ini banyak dijumpai di berbagai toko furniture perlengkapan rumah, karena memang dari segi harga cukup murah dan praktis sehingga banyak diminati. Bagaimana bentuk stock kabinet itu sendiri? Pastinya, stock kabinet hanya terdiri dari rangka kotak dan rak saja. Sebelum bisa memasangnya, anda harus merakitnya dahulu dan menambahkan beberapa fitur lainnya, seperti kaki kabinet yang dijual terpisah. Meskipun terlihat praktis, tetapi model ini memiliki kekurangan yaitu minim bentuk dan model serta tidak bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan dapur.

2. Semi Custom

Alternatif lain untuk menutupi kekurangan dari model stock kabinet adalah dengan jenis semi custom. Model kabinet dapur jenis ini bisa didesain sesuai dengan pesanan pembelinya. Anda bisa terlebih dahulu memberikan konsep gaya, ukuran, serta finishing dari kabinet pilihan anda. Kelebihan lain dari model semi custom adalah beragam variasi fitur interior, model pintu, serta finishing yang tersedia.

3. Custom

Untuk model yang terakhir ini, memang dari segi harga lebih mahal dibandingkan 2 tipe sebelumnya. Ini disebabkan oleh kabinet model custom ini khusus didesain agar selaras dengan dapur anda. Model kabinet ini memang dirancang dengan sejumlah bahan dan finishing tertentu.

Itulah ketiga model kabinet dapur yang bisa anda pertimbangkan sebelum membelinya untuk keperluan interior dapur anda. Oh ya, kami memiliki beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika memutuskan membeli kabinet dapur yang sesuai dengan anda. Simak tips berikut ini.

a. Tentukan dahulu fungsi & tujuan anda membeli kabinet

Tips yang pertama sebelum memutuskan untuk memasang kabinet, maka anda harus menentukan tujuan dan fungsinya. Konsep dapur minimalis yang modern tentu membutuhkan beberapa buah kabinet dalam penggunaannya. Ini sangat tergantung dari aktivitas anda di dalam dapur, apakah banyak atau sedikit. Jika aktivitas anda banyak dan sering, tentu membutuhkan perabotan dapur yang semakin banyak pula.

Dengan keberadaan peralatan / perabotan dapur yang banyak, maka otomatis anda membutuhkan lebih dari satu kabinet. Pastinya, anda juga harus menyesuaikan ukuran dan desain kabinet tersebut dengan jumlah perabot dapur yang anda miliki. Sangat disarankan untuk memisahkan kabinet yang berisi peralatan dapur untuk memasak dan peralatan untuk makan.

b. Disarankan untuk memilih bahan kabinet yang kuat dan kokoh

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa bahan dan bentuk kabinet itu beragam. Sebaiknya memilih bentuk kabinet dapur yang bisa menyesuaikan dengan ruang dapur anda. Untuk ukuran ruang dapur yang tidak terlalu luas, direkomendasikan untuk menggunakan kabinet dengan pintu geser agar tak membutuhkan ruang yang banyak. Selain itu, bahan kabinet harus terbuat dari bahan-bahan yang kokoh dan kuat agar awet lebih lama.

c. Jangan lupa untuk mengkelompokkan kabinet dapur berdasarkan penggunaannya

Pengelompokan ini berguna untuk memudahkan anda ketika sedang beraktivitas di dapur. Peralatan / perabotan dapur yang sering anda gunakan / penggunaan setiap hari, akan lebih baik jika ditempatkan di lokasi yang mudah diakses di dalam kabinet. Ini membuat anda semakin mudah untuk mengambilnya. Khusus untuk bumbu-bumbu dapur, maka sebaiknya dimasukkan terlebih dahulu di dalam toples kedap udara, kemudian disusun dalam kabinet dapur. Ini akan menjadikan dapur anda terlihat bersih dan rapi.

Itulah ketiga tips yang bisa anda terapkan saat memutuskan membeli kabinet dapur pilihan anda. Selanjutnya, kami akan memberikan gambar contoh kabinet dapur yang bisa dijadikan inspirasi bagi anda saat mencari model kabinet yang sesuai dengan dapur anda.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Beberapa gambar di atas bisa dijadikan inspirasi dan referensi untuk anda jika ingin mendesain kabinet dapur yang sesuai dengan kondisi dapur anda. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan selera, kebutuhan ruang dapur, serta budget yang telah dianggarkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dalam memilih kabinet dapur yang sesuai dengan kebutuhan dapur minimalis dan modern anda.

Referensi: DesainIc.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.