5 Langkah Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Lama Liburan

0 78

Siapa sih yang tak pernah merasakan semangat kerja menurun setelah liburan weekend atau akhir pekan? Hampir sebagian besar pekerja telah merasakan hal tersebut.

Tentunya, semangat kerja yang menurun akan berpotensi mengganggu karier kita di perusahaan. Lalu, bagaimanakah agar kerjaan kita tidak terganggu pasca-liburan tersebut?

Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk meningkatkan semangat kerja. Dengan 5 tips berikut, bisa membantu menggairahkan kembali aktivitas anda di kantor.

1. Waktu liburan gunakan secara optimal untuk berlibur

Ini salah satu cara agar semangat kerja kita tidak kendor saat sudah masuk. Ketika berlibur, gunakan maksimal waktu anda untuk refreshing. Lupakan sejenak masalah kerjaan.

Usahakan untuk menonaktifkan atau menjauhkan diri dari yang “berbau” kantor, seperti laptop, gadget, file-file kantor yang akan mengingatkan anda dengan pekerjaan.

Stop untuk mengecek segala bentuk pesan / email di handphone anda. Gunakan waktu anda secara maksimal untuk rileks saat liburan, sehingga pikiran, fisik akan kembali fit.

2. Jangan panik saat liburan telah usai

Biasanya, ketika selesai dari liburan, kerjaan selalu menumpuk. Itu salah satu hal yang wajar. Tergantung bagaimana anda menyikapinya.

Berusahalah untuk tetap tenang dan tidak panik saat melihat banyaknya tugas yang belum diselesaikan. Lihatlah dari sudut pandang yang lebih positif. Tetap rileks mengerjakan semuanya secara bertahap. Prioritaskan sesuai dengan tingkat urgensinya.

3. Jangan lupa, memulai dengan hal-hal yang mudah terlebih dahulu

Tubuh dan pikiran kita ibarat sebuah mesin. Butuh pemanasan terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah liburan, tentu pikiran dan fisik sedang dalam kondisi dingin.

Maka, salah satu cara termudah untuk mengembalikan semangat kerja adalah dengan memulai aktivitas pekerjaan dari yang mudah diselesaikan. Dicicil perlahan. Lalu, semakin lama menggunakan pikiran dan tenaga yang lebih.

4. Sebaiknya tidak memaksa untuk lembur dahulu

Memang, pekerjaan menumpuk ingin rasanya segera diselesaikan agar tidak ada lagi tanggungan. Dan kita biasanya menyelesaikannya dengan lembur.

Akan lebih baik, untuk tidak langsung mengambil lembur terlebih dahulu pasca liburan. Optimalkan energi dan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan di saat jam kantor.

Selain kerjaan di kantor, tentu masih banyak hal yang juga harus diperhatikan, keluarga, kesehatan, hubungan relasi, dan lain sebagainya. Ini juga tak kalah penting bagi kehidupan pribadi anda.

5 tips simple untuk mengembalikan semangat kerja pasca liburan5 tips simple untuk mengembalikan semangat kerja pasca liburan

5. Jika memungkinkan mintalah bantuan rekan kerja

Tips ini dengan catatan permintaan tersebut tidak mengganggu pekerjaan partner kerja anda. Dan juga anda memberikan bantuan kepada partner kerja anda tersebut.

Terkadang, pasca liburan memang banyak membuat energi dan semangat kerja belum terkumpul secara optimal. Maka, jika memang sangat mendesak, anda bisa meminta bantuan rekan kerja.

Sebagai salah satu bentuk kerjasama tim dalam pekerjaan, tentu hal ini lumrah saja. Bukan berarti melempar tanggungjawab. Tetapi, anda juga harus tahu diri. Tidak semua pekerjaan harus dimintai bantuannya.

Itulah kelima tips sederhana yang akan membantu men-charge kembali semangat kerja yang kendor pasca liburan. Intinya, jika kita bahagia melakukan pekerjaan, hasilnya akan optimal dan karir lebih cepat untuk berkembang.

Jadi, bagaimana dengan sahabat? Masihkah sering merasa kecewa saat harus kembali masuk kerja?

Jika ya, cobalah temukan sisi menarik dari pekerjaan dan profesi sahabat saat ini agar karier pun bisa maksimal.

Selamat mencoba, selamat bekerja !

Referensi: 101jakfm.com

Loading...