Jatik.com
to Inspire. be Social.

6 Tips Penting agar Nyaman Saat Huni Rumah Baru

0 75

Memiliki rumah baru tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi siapapun. Apalagi, rumah yang baru ini memang impian sejak lama. Agar kebahagiaan tersebut lebih lengkap, ini 6 tips penting yang perlu dilakukan agar nyaman tinggal di rumah yang baru.

Rumah yang sejatinya bukan sekedar bangunan, tetapi juga tempat tinggal dengan segala kondisi yang menyertainya, menjadi sangat penting untuk dipersiapkan terlebih lagi rumah tersebut baru dibeli.

Ada banyak hal sebenarnya yang bisa dilakukan saat kita memiliki rumah baru, meskipun tidak harus benar-benar baru, rumah dengan pembelian second pun bisa terasa lebih nyaman.

Apa sih bedanya dengan membeli rumah baru dan rumah bekas / second? Kami sudah mengulasnya hal tersebut disini.

Sebagai tambahan, ini tips penting agar kita bisa tinggal dengan nyaman di rumah baru. Apa aja ya? Berikut daftarnya.

#1 Mengganti Kunci Pintu

Buat Anda yang membeli rumah second dari pemilik sebelumnya, tentunya tak ingin bukan keamanan rumahmu lebih rentan. Hal yang perlu diingat sesudah serah terima rumah tersebut, segera ganti kunci pintu rumah Anda.

Tak perlu mengganti handle pintu, cukup dengan mengganti silinder kunci agar memiliki kunci baru yang berbeda dengan pemilik lamanya. Ini akan semakin meningkatkan keamanan rumah tersebut.

#2 Membersihkan Seluruh Bagian Rumah

Kebersihan rumah Anda merupakan salah satu aspek yang juga tak boleh diabaikan begitu saja. Kita akan lebih nyaman tinggal di lingkungan rumah yang bersih. Walaupun pemilik sebelumnya sudah membersihkan rumah tersebut, tak ada salahnya membersihkan sekali lagi seluruh bagian dan ruangan rumah.

Ruang kamar dan kloset merupakan bagian rumah yang perlu mendapatkan perhatian lebih dalam segi kebersihannya. Jika perlu, Anda bisa mengganti kloset lama tersebut dengan yang baru.

#3 Strategi Membongkar Barang

Saat sudah pindahan ke hunian baru, biasanya kita akan langsung merapihkan semua barang-barang. Membongkar semua barang, justru akan semakin membuat berantakan rumah dan membuat Anda kelelahan di awal.

Sebaiknya, lakukan secara bertahap. Pisahkan dulu beberapa barang yang memang menjadi prioritas utama dan penting untuk digunakan beberapa hari ke depan.

#4 Cek Listrik dan Sampah

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengecek instalasi listrik di rumah Anda. Apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada yang rusak, segera perbaiki agar dapat berfungsi atau tidak berpotensi mengakibatkan konsleting listrik.

Tak lupa, cek juga bagaimana sistem pengangkutan sampah yang berlaku di lingkungan rumah Anda tersebut. Misalkan, berapa iuran yang harus dibayar, atau setiap hari apa sampah akan diangkut. Hal ini bisa ditanyakan ke pihak RT atau keamanan setempat.

#5 Membeli Furniture

Hunian baru biasanya akan terasa lebih lengkap jika diisi juga dengan furniture dan berbagai perlengkapan elektronik. Sebaiknya, tidak langsung membeli furniture dan perlengkapan elektronik tersebut langsung banyak.

Prioritaskan yang memang menjadi kebutuhan mendasar dahulu, seperti tempat tidur, lemari, mesin cuci, AC, dan kulkas. Anda bisa membuat skala prioritas barang-barang yang lebih diutamakan ada dulu.

Oh ya, barang-barang yang dibeli gak harus baru lho. Anda bisa membeli barang-barang bekas yang masih berkualitas untuk menghemat anggaran rumah tangga.

#6 Bersilaturahmi ke Tetangga

Menghuni rumah baru pastinya akan juga memiliki tetangga di sekitar rumah kita. Silahturahmi ke tetangga-tetangga terdekat adalah hal yang bisa dilakukan selanjutnya.

Ini dilakukan agar kita bisa menjalin hubungan baik dengan tetangga baru tersebut. Hubungan baik ini sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan damai di lingkungan Anda. Dan, mungkin saja suatu saat nanti kita membutuhkan bantuan dari para tetangga terdekat.

Itulah keenam tips yang bisa dilakukan agar kita bisa nyaman tinggal di rumah baru. Masih banyak yang bisa kita lakukan untuk membuat hunian tempat tinggal baru kita terasa lebih nyaman. Selamat dengan rumah baru Anda dan semoga betah di tempat tinggal baru tersebut!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.