Jatik.com
to Inspire. be Social.

Baru Pindah Rumah? Ini Amalan dan Doa Menempati Rumah Baru

0 146

Anda sekeluarga baru pindah ke rumah baru? Saat pindah ke rumah baru akan banyak pengalaman yang dirasakan. Campur aduk, rasa senang, penasaran, khawatir, capek, dan masih banyak lagi lainnya. Tak lupa, bagi keluarga muslim ada beberapa amalan dan doa menempati rumah baru yang sebaiknya dilakukan. Seperti apa? Berikut informasinya untuk Anda.

Sebelumnya, kami telah memberikan tips-tips sederhana tentang bagaimana dapat tinggal dengan nyaman di rumah baru. (Baca: 6 Tips Penting agar Nyaman Tinggal di Rumah Baru)

Selain mempraktekkan keenam tips tersebut, ada baiknya juga menerapkan amalan dan doa-doa yang perlu dilakukan saat menghuni rumah baru.

Berikut beberapa amalan dan doa menempati rumah baru yang patut dilakukan.

  • Mengumandangkan Azan

Mengumandangkan azan saat pertama kali masuk ke hunian baru. Hal ini sangat baik dilakukan karena bisa jadi rumah baru tersebut adalah bangunan lama yang telah lama ditinggalkan dan tak dihuni siapapun.

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah memberitahukan bahwa sekiranya ada sebuah bangunan (rumah) yang sudah lama kosong (tanpa penghuni), maka akan dimasuki oleh sejenis makhluk halus. Ini dikenal sebagai jin dengan nama Al-‘Ammar yang memang suka tinggal di rumah yang tak berpenghuni.

Maka, untuk kebaikan seluruh anggota keluarga, ada baiknya ketika masuk ke rumah baru mengumandangkan azan terlebih dahulu.

  • Membaca Surah Al-Baqarah

Amalan lain yang perlu dilakukan saat menempati tempat tinggal yang baru adalah membaca surah Al Baqarah. Seperti sebuah hadits riwayat Abu Hurairah r.a.

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu menjadikan rumahmu seperti kubur (hanya untuk tidur saja), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surah Al Baqarah.”

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa sudah sepatutnya kita dapat mengamalkan membacakan surah Al Baqarah saat memasuki rumah baru.

  • Amalan Sholat & Membaca Al-Quran

Selain itu, kita perlu memperbanyak bacaan Al Qur’an dan juga melakukan amalan sholat dengan tekun di bangunan atau rumah baru yang kita tempati tersebut. Hal ini sesuai dengan sebuah hadits riwayat dari Al Baihaqi.

Rasulullah SAW bersabda, “Sinarilah rumah kamu dengan memperbanyak sholat dan membaca Al Quran.” (HR. Al Baihaqi)

  • Membaca Surah Yassin, Al Ikhlas, dan Al Fatihah

Amalan dan doa menempati rumah baru selanjutnya yang baik untuk dilakukan adalah membacakan surah Yassin di setiap malam, terutama di tujuh malam pertama saat tinggal di rumah baru tersebut.

Anda juga bisa membacakan surah Al Fatihah sebanyak 1 kali, surah Al Ikhlas 3 kali, sholawat Nabi 7 kali, dan ayat Kursi 1 kali untuk ayat terakhir dibaca sebanyak 7 kali.

  • Hindarkan Syirik

Memagari rumah dengan menggantu atau menanam benda / sesuatu di sudut-sudut atau penjuru rumah dengan kepercayaan bahwa benda tersebut akan memberikan keselamatan dan menjaga, itu merupakan perbuatan syirik yang bertentangan dengan Islam.

Sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal tersebut, Islam sudah memberikan amalan yang diperbolehkan untuk dilakukan seperti keempat poin sebelumnya.

Itulah beberapa amalan dan doa menempati rumah baru yang dapat Anda dan seluruh anggota keluarga lakukan. Hal ini agar Anda sekeluarga dapat merasa nyaman, tenteram, dan aman tinggal di rumah baru tersebut.

Artikel Kontribusi PropertiRumah.id, “Marketplace jual beli sewa properti, rumah, apartemen, komersial, tanah terlengkap.”

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.
Komentar