Jatik.com
to Inspire. be Social.

Manfaat Membacakan Cerita Dongeng Sebelum Tidur untuk Perkembangan Otak Balita

Jangan sepelekan kebiasaan ini ya Ayah Bunda...

0 147

Ayah bunda, ternyata membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada buah hati kita memberikan manfaat yang besar lho. Kebiasaan yang sudah sangat jarang dilakukan ini, memberikan efek positif untuk menstimulasi perkembangan otak balita.

Cerita dongeng yang dibacakan kepada buah hati kita, khususnya saat masih balita, secara rutin akan mampu membantu perkembangan otaknya jauh lebih optimal. Ada banyak cerita dongeng yang bisa ayah bunda bacakan, seperti:

  1. Cerita dongeng anak: Pemburu dan Serigala
  2. Cerita dongeng anak: Ayam Jantan yang Sombong
  3. Cerita dongeng anak: Singa dan Tikus
  4. Dan masih banyak lagi cerita dongeng lainnya…

Membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada balita merupakan salah satu cara untuk membuat balita kita cerdas. Ayah bunda yuk mulai sekarang bacakan dongeng kepada anak-anak kita.

Berikut manfaat membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada balita:

  • Memiliki perkembangan bahasa lebih baik

Dengan kebiasaan untuk membacakan cerita dongeng kepada buah hati kita, maka akan sangat bermanfaat untuk salah satu aspek dalam perkembangan bahasanya. Anak-anak sebenarnya sudah mulai “membaca” sejak dini, khususnya di usia balita.

Dengan membacakan cerita dongeng, anak-anak mulai mampu menyerap berbagai kosakata bahasa ke dalam otaknya. Ini akan sangat membantu aspek bahasa dalam dirinya, berkembang lebih cepat dan baik.

  • Meningkatkan kemampuan motorik

Manfaat lain dengan momen membacakan dongeng tersebut, si kecil akan menggenggam halaman tiap halaman dari buku dongeng dengan jemari kecilnya. Hal sepele ini ternyata manfaatnya besar lho. Mampu meningkatkan aspek motorik buah hati Anda.

  • Memiliki perkembangan otak yang jauh lebih optimal

Otak anak yang terus diasah, maka akan semakin berkembang lebih optimal fungsi-fungsinya, dibandingkan dengan yang didiamkan saja.

Dua fakta tentang otak manusia, yaitu:

– Otak sudah siap untuk belajar sejak dari buah hati kita lahir

– Koneksi yang terdapat di dalam otak akan semakin kuat seiring dengan pengalaman yang didapatkan si kecil, salah satu pengalamannya adalah dengan membaca

  • Meningkatkan daya konsentrasi si kecil

Buah hati kita yang mendengarkan dengan seksama saat ayah bunda membacakan dongeng, akan membantu meningkatkan daya konsentrasi mereka jauh lebih baik. Mereka akan menyerap kata demi kata yang ayah bunda keluarkan sehingga terkonsentrasi penuh.

  • Meningkatkan kosakata buah hati ayah bunda

Proses mendengarkan cerita dongeng yang dibacakan oleh ayah bunda, kata demi kata, akan diserap ke dalam daya ingat mereka. Hal ini mampu untuk meningkatkan koleksi kosakata yang mereka miliki. Selain kosakata, membacakan buku cerita juga dapat memperkenalkan kepada anak tahap awal tentang objek dan ide.

  • Mempererat ikatan batin antara anak dan orangtua

Did you know? Bahwa membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada anak-anak kita akan menjadi salah satu ritual yang menyenangkan bagi mereka. Ini sekaligus dapat semakin mempererat ikatan batin dan emosional antara anak dan orangtua, seperti diungkapkan oleh Nessi Purnomo, Psi, Msi.

  • Bacakan buku yang sama berkali-kali

Menurut salah satu profesor di Universitas California, Los Angeles, Virginia Walter, Ph.D. menyebutkan bahwa jika kita membacakan sebuah buku untuk kali pertama, anak-anak tidak akan mengerti isi buku tersebut.

Dengan membacakan buku yang sama berulang kali, akan mampu meningkatkan kemampuan logika buah hati kita. Dengan mendengar cerita beberapa kali, anak-anak akan semakin menyadari bahwa terdapat pola cerita dan adegan dalam buku tersebut.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.