Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Daftarnya!

0 169

Salah satu tanaman herbal dan untuk bumbu masakan ini ternyata memiliki manfaat yang tak kalah dengan saudaranya, lengkuas. Apa saja manfaat jahe bagi kesehatan tubuh?

Jahe, memang sudah banyak dikenal orang-orang sebagai salah satu tanaman yang bermanfaat. Jahe banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, dan salah satu rempah-rempah nusantara yang banyak diekspor.

Banyak menu masakan yang juga menggunakan jahe sebagai salah satu bumbunya. Dan, ini membuat masakan tersebut menjadi semakin lezat.

Kalau kita ingin lebih mengenal manfaat jahe bagi kesehatan tubuh, berikut daftarnya:

1. Dapat Meredakan Masalah Pernapasan

Untuk kamu, atau anggota keluarga dan teman-teman, yang memiliki masalah pernafasan, seperti pilek dan batuk, maka jahe adalah salah satu ekspetoran alami yang direkomendasikan.

Karena fungsinya tersebut, jahe dapat membantu melegakan pernafasan.

Kandungan ekspetoran dalam jahe berperan untuk menghilangkan dan memecah lendir dahak, agar dapat keluar dengan mudah, serta memulihkan sistem pernafasan kamu.

2. Untuk pengobatan memar dan rasa nyeri

Saat kamu mengalami luka memar karena terkena benturan benda tumpul, jahe bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk luka memar tersebut.

Ini karena di dalam jahe terkandung senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi untuk meredakan memar tersebut.

Manfaat jahe bagi kesehatan lainnya yaitu juga mampu meredakan nyeri pada penyakit rematik. Hal ini juga terkait kandungan anti inflamasi pada jahe.

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Buat kamu yang seringkali mengalami susah buang air besar, dan tidak lancarnya pencernaan karena kurangnya serat, manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita juga berperan disini.

Jahe yang telah diekstrak menjadi minuman, bisa membantu melancarkan sisa-sisa makanan yang susah untuk terbuang.

Saripati jahe dapat membantu menyerap makanan dan sebagai pencegahan sakit perut, karena salah satu sifat jahe yaitu mengurangi terjadinya peradangan.

4. Sebagai Penghangat Tubuh

Ini adalah salah satu manfaat jahe bagi kesehatan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Banyak warga, terutama yang tinggal di daerah pegunungan, menyediakan wedang jahe sebagai minuman wajib.

Ini karena peran jahe yang dapat meningkatkan suhu tubuh manusia. Selain berfungsi sebagai penghangat, ternyata jahe juga memiliki kandungan anti toksin yang bisa memicu keluarnya keringat sehingga membantu untuk meredakan gejala masuk angin dan batuk.

5. Mencegah Munculnya Kanker

Salah satu khasiat tanaman herbal jahe juga dapat mencegah tumbuh kembangnya beberapa sel kanker.

Ekstrak jahe dapat mencegah tersebarnya kanker ginjal, kanker kulit, pankreas, dan kanker paru-paru.

Dan tentunya, untuk mencegah tumbuh kembangnya sel kanker, direkomendasikan untuk mengkonsumsi ekstrak jaeh secara rutin. Memang tak instan, karena pengobatan herbal berfungsi sebagai pendamping (pengobatan alternatif).

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, ternyata jahe juga memiliki khasiat lainnya terutama untuk kecantikan kaum hawa.

Berikut beberapa manfaat jahe untuk kecantikan yang bisa kamu coba sendiri:

6. Menghilangkan Ketombe pada Rambut

Buat kamu yang memiliki masalah ketombe yang membandel pada rambut, mungkin bisa mencoba alternatif shampo herbal alami dengan sari jahe.

Ini salah satu manfaat jahe untuk kecantikan yang bisa dicoba di rumah. Sari jahe dapat berperan membantu mengurangi ketombe yang sering muncul pada rambut.

Beberapa manfaat jahe bagi kesehatan dan kecantikan
Beberapa manfaat jahe bagi kesehatan dan kecantikan

Selain bermanfaat untuk mengurangi ketombe, jahe juga bermanfaat untuk kesehatan rambut yaitu mengatasi masalah kerontokan rambut, dan menjadikan rambut lebih sehat alami.

7. Sebagai Alternatif Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi kamu yang memiliki masalah pada kulit yaitu berminyak yang berlebihan, coba saja jahe sebagai alternatif perawatan kecantikan secara alami.

Kandungan mineral alami yang terdapat pada jahe dipercaya mampu mengatasi kulit yang berminyak, caranya adalah sebagai berikut:

Siapkan bahan-bahan seperti jahe yang telah diparut, bubuk kayu manis, garam laut, dan pala bubuk. Campurkan semua bahan tersebut, dan haluskan. Tambahkan air.

Campuran tersebut diaduk-aduk hingga tampak seperti pasta. Lalu, oleskan perawatan kecantikan herbal ini ke beberapa titik wajah yang memiliki masalah dengan minyak berlebihan.

Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Dan terakhir, kulit wajah dibilas dengan air dingin. Niscaya masalah kulit berminyak akan segera teratasi dengan pemakaian rutin.

Beberapa manfaat jahe bagi kesehatan maupun kecantikan di atas, bisa kamu praktekkan langsung di rumah. Lakukan secara rutin untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba!

Loading...