Jatik.com
to Inspire. be Social.

Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan & Perawatan Rambut

0 91

Salah satu bumbu dapur yang sering kita jumpai sehari-hari ini, ternyata memiliki banyak khasiat. Beberapa diantara manfaat kemiri untuk kesehatan dan perawatan rambut ada di artikel berikut.

Manfaat kemiri untuk kesehatan dan perawatan rambut hanya diketahui oleh sebagian orang. Tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengoptimalkan khasiat kemiri ini selain hanya digunakan untuk bumbu dapur.

Disini akan dijabarkan bagaimana membuat ramuan ekstrak kemiri agar memperoleh beberapa khasiatnya.

Yuk simak manfaat kemiri untuk kesehatan dan cara membuat ramuan ekstraknya.

1. Berkhasiat sebagai penyubur rambut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari kemiri adalah sebagai perawatan dan penyubur rambut.

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam kemiri, mampu membuat rambut menjadi lebih subur dan tebal. Dan minyak kemiri untuk rambut ini telah digunakan dari sejak zaman dahulu.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat minyak kemiri untuk perawatan rambut kita? Ternyata mudah lho.

Kamu bisa siapkan 6-7 butir kemiri, lalu tumbuk kemiri tersebut sampai halus. Tambahkan air bersih ke dalam tumbukan kemiri yang halus.

Manfaat kemiri untuk kesehatan dan perawatan rambut
Manfaat kemiri untuk kesehatan dan perawatan rambut

Selanjutnya, rebus bubuk kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyak. Dan, kamu ambil ekstrak minyaknya.

Minyak kemiri ini lalu kamu gosok-gosok di kulit kepala secara merata. Lakukan perawatan ini secara rutin 3 kali seminggu. Niscaya, rambut akan lebih subur, indah, dan hitam berkilau.

2. Untuk mengobati sariawan

Salah satu manfaat kemiri untuk kesehatan adalah untuk mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah karena kekurangan vitamin C.

Cara membuat ramuan kemiri yang berkhasiat untuk mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah, sebagai berikut:

Kamu ambil kulit batang kemiri secukupnya, lalu pisahkan getahnya. Getah ini dicampurkan dengan santan kelapa secukupnya juga.

Kemudian, ramuan di atas ditempelkan / dioleskan pada bagian bibir atau mulut yang terkena sariawan. Niscaya, perlahan-lahan sariawan akan sembuh.

3. Pengobatan untuk sakit gigi

Sering nyeri ngilu karena sakit gigi? Selain minum obat pereda nyeri, kamu juga bisa mengkonsumsi ramuan herbal dari ekstrak kemiri untuk menyembuhkan nyeri karena sakit gigi.

Mau tahu cara membuat ramuannya? Mudah kok.

Yang dibutuhkan adalah getah dari kulit batang kemiri. Kamu ambil beberapa tetes dari getah tersebut.

Berikutnya, kamu tinggal mengoleskan getah kulit batang kemiri pada bagian giga yang sedang sakit sehari sekali. Niscaya dalam beberapa hari ke depan, nyeri sakit gigi akan reda dan sembuh.

4. Pengobatan untuk BAB yang berdarah

Pernah mengalami BAB (Buang Air Besar) mengeluarkan darah? Jika suatu saat nanti kamu mengalaminya, kamu bisa membuat obat alternatif dari ekstrak kemiri.

Caranya adalah dengan menyiapkan kulit batang kemiri sekitar 20 gram. Lalu, rebus kulit batang kemiri ini dalam air takaran 400 cc. Masak hingga air berkurang setengahnya sekitar 200 cc.

Kemudian, air tersebut disaring dan diambil airnya. Minumlah air ini selagi masih hangat secara rutin, 2 kali dalam sehari.

5. Pengobatan diare

Salah satu manfaat kemiri untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk pengobatan penyakit diare. Penyakit diare bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi beberapa obat yang beredar di pasaran.

Tetapi, jika kamu ingin mencoba pengobatan herbal sebagai alternatif, bisa juga dengan menggunakan kemiri.

Caranya yaitu kamu siapkan kulit batang kemiri segar sekitar 20 gram. Kulit ini ditumbuk sampai halus. Lalu, bubuk hasil tumbukan tersebut direbus dalam air takaran 600 cc, dan masak hingga air berkurang setengahnya, 300 cc.

Air rebusan ini kemudian disaring dan diambil airnya. Konsumsi ramuan herbal ekstrak kemiri tersebut 2 kali sehari, dengan takaran kira-kira 150 cc. Penyakit diare yang kamu derita perlahan-lahan akan sembuh.

Beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan dan perawatan rambut di atas, bisa langsung kamu praktekkan di rumah lho. Walaupun kamu saat ini masih belum terkena penyakit di atas, kamu bisa membuatnya untuk cadangan obat alternatif. Selamat mencoba!

Referensi Tambahan:

ManfaatDaun

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.