Manfaat Serai Untuk Kesehatan & Kecantikan. Kamu Harus Tahu!

0 93

Tidak banyak yang tahu ternyata bumbu dapur yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa. Apa saja manfaat serai untuk kesehatan tubuh?

Serai yang sering digunakan sebagai salah satu penyedap makanan ini, memang salah satu idola ibu-ibu saat memasak. Bagaimana tidak, masakan akan jauh lebih gurih jika ditambahkan daun serai.

Banyak orang yang telah menggunakan bumbu dapur satu ini sebagai pengobatan alternatif mencegah penyakit.

Manfaat serai untuk kesehatan bisa dijelaskan dalam beberapa poin berikut ini.

1. Pengobatan gangguan pencernaan

Manfaat serai untuk kesehatan pencernaan tubuh kita adalah salah satunya. Serai bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, diare, mengurangi gas di lambung, dan masuk angin.

2. Pencegahan terhadap kanker

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa di dalam 100 gram serai terkandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat dalam pencegahan kanker.

Penelitian lain dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Gurion di Israel, menunjukkan bahwa ternyata di serai terdapat senyawa yang sanggun mematikan sel kanker tanpa harus merusak sel sehat.

3. Berfungsi sebagai detoksifikasi

Manfaat serai untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh, atau pembuangan racun-racun dalam tubuh.

Proses detoksifikasi yang dilakukan oleh senyawa serai adalah dengan meningkatkan jumlah buang air kecil kita. Ini tentu membantu organ pencernaan sebut saja ginjal, hati, kandung kemih, pankreas, jauh lebih sehat dan bersih dari racun.

4. Penurun tekanan darah

Bagi Anda penderita hipertensi, maka tak ada salahnya jika mengkonsumsi serai. Ini karena serai dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga perangsang sirkulasi darah.

Dengan mengkonsumsi serai secara rutin, akan sangat terbantu mengurangi gejala penyakit hipertensi tersebut.

5. Bermanfaat dalam sistem saraf

Di dalam serai juga terkandung minyak esensial yang memiliki manfaat dalam meningkatkan dan memperkuat sistem saraf tubuh.

Itulah alasannya kenapa dengan mengkonsumsi serai akan membantu meredakan kejang-kejang, memberikan efek hangat, dan melemaskan otot.

6. Memiliki fungsi analgesik

Manfaat serai untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengurangi iritabilitas dan berbagai jenis peradangan.

Jika Anda menderita rasa nyeri, seperti nyeri otot, sendi, gigi, dan lainnya, serai bisa membantu mengurangi itu semua.

8 manfaat serai untuk kesehatan dan kecantikan
8 manfaat serai untuk kesehatan dan kecantikan

7. Membuat kulit jadi lebih indah

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata serai juga bisa membuat kulit Anda jauh lebih indah. Dalam proses produksi kosmetik, salah satu bahan yang digunakan adalah serai.

Jika Anda menggunakan bahan kecantikan yang mengandung serai, maka dapat membantu menyegarkan kulit dan menghilangkan jerawat membandel.

8. Bermanfaat bagi kesehatan wanita

Terkhusus bagi kaum hawa, serai dapat digunakan juga untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan tiba, dan juga dapat membantu mengurangi rasa mual.

Itulah beberapa manfaat serai untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Adakah manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari serai? Yuk berbagi disini.

Oh ya, kamu sudah tahu apa manfaat lengkuas untuk kesehatan?

Loading...